Kontribusi Sikap Mandiri dan Hubungan Sosial Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24576Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara (1) sikap mandiri terhadap kompetensi pengetahuan IPS (2) hubungan sosial terhadap kompetensi pengetahuan IPS (3) sikap mandiri dan hubungan sosial terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus Srikandi Kecamatan Denpasar Timur Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan desain penelitian korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus Srikandi Kecamatan Denpasar Timur yang berjumlah 324. Dari populasi tersebut ditentukan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling sehingga mendapatkan jumlah sampel sebanyak 172 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket tentang sikap mandiri dan hubungan sosial, sedangkan data tentang kompetensi pengetahuan IPS diperoleh melalui pencatatan dokumen. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap mandiri terhadap kompetensi pengetahuan IPS dengan kontribusi sebesar 47,9% (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara hubungan sosial terhadap kompetensi pengetahuan IPS dengan kontribusi sebesar 44% (3) terdapat pengaruh yang signifikan sikap mandiri dan hubungan sosial terhadap kompetensi pengetahuan IPS dengan kontribusi sebesar 53,4%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sikap mandiri dan hubungan sosial berkontribusi terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus Srikandi Kecamatan Denpasar Timur Tahun Ajaran 2018/2019.Downloads
Published
2020-04-25
How to Cite
Suryadewi, N. K. A., Wiyasa, I. K. N., & Sujana, I. W. (2020). Kontribusi Sikap Mandiri dan Hubungan Sosial Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(1), 29–39. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24576
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)