Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar PPKN Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24578Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)hubungan pola asuh orang tua dengan hasil belajar PPKn siswa, (2)hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn siswa, dan (3)hubungan pola asuh orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn siswa kelas IV di SD Gugus I Kecamatan Sawan. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda dengan bantuan aplikasi SPSS (IBM Statistic 23.0). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD Gugus I Kecamatan Sawan dengan besaran pengaruh yakni 80,1% dan nilai koefisien determinasinya 64,1%. Kedua, terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD Gugus I Kecamatan Sawan dengan besaran hubungan yakni 74,4% dan nilai koefisien determinasinya 55,3%. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan pola asuh orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn siswa kelas IV di SD Gugus I Kecamatan Sawan dengan besaran pengaruh 81,5% dan nilai determinasinya 65,5% berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan pola asuh orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn siswa kelas IV di SD Gugus I Kecamatan Sawan.Downloads
Published
2020-04-25
How to Cite
Dewi, K. O. R., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar PPKN Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(1), 50–60. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24578
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)