Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar PPKN Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)hubungan pola asuh orang tua dengan hasil belajar PPKn siswa, (2)hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn siswa, dan (3)hubungan pola asuh orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn siswa kelas IV di SD Gugus I Kecamatan Sawan. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda dengan bantuan aplikasi SPSS (IBM Statistic 23.0). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD Gugus I Kecamatan Sawan dengan besaran pengaruh yakni 80,1% dan nilai koefisien determinasinya 64,1%. Kedua, terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD Gugus I Kecamatan Sawan dengan besaran hubungan yakni 74,4% dan nilai koefisien determinasinya 55,3%. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan pola asuh orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn siswa kelas IV di SD Gugus I Kecamatan Sawan dengan besaran pengaruh 81,5% dan nilai determinasinya 65,5% berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan pola asuh orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn siswa kelas IV di SD Gugus I Kecamatan Sawan.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24578
Article Metrics
Abstract view : 553 timesPDF file view : 518 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.