Efektivitas Model Pembelajaran (CIRC) Berbantuan Scramble Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • Ni Luh Mega Ambarawati
  • I Ketut Ardana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24579

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan Scramble terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Gugus III Mengwi tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V sebanyak 298 siswa. Sampel penelitian diperoleh dengan cara random sampling dan diperoleh kelas V SD No. 1 Sempidi sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan kelas V SD No. 2 Sempidi sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 30 siswa. Metode dalam pengumpulan data yaitu metode tes, dan instrument berupa tes pilihan ganda biasa. Data yang dikumpulkan adalah data kompetensi pengetahuan IPA dan dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan nilai rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen lebih tinggi dari rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok kontrol (eksperimen = 82,19 > kontrol = 75,62). Pengujian hipotesis dianalisis menggunakan uji-t rumus polled varians. Kriteria pengujian pada taraf signifikansi 5% dan dk = 58, diperoleh harga thitung = 3,38 > harga ttabel = 2,00. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan Scramble dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus III Mengwi Tahun Ajaran 2018/2019. Dengan demikian model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan Scramble berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus III Mengwi Tahun Ajaran 2018/2019

Downloads

Published

2020-04-25

How to Cite

Ambarawati, N. L. M., & Ardana, I. K. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran (CIRC) Berbantuan Scramble Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(1), 61–69. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24579

Issue

Section

Articles