Pengaruh Model Pembelajaran (VAK ) Berbasis Whole Brain Teaching Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24581Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran visual auditory kinestetik berbasis whole brain teaching terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SDN Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas V SDN Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur Tahun Ajaran 2018/2019 sebanyak 387 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 3 Kesiman sebagai kelompok eksperimen sebanyak 43 siswa dan kelas VB SDN 10 Kesiman sebagai kelompok kontrol sebanyak 40 siswa. Data kompetensi pengetahuan IPA siswa dikumpulkan dengan instrumen tes objektif. Selanjutnya data dianalisis menggunakan uji-t. berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa diperoleh thitung = 3,342. Pada taraf signifikasi 5% dan derajat kebebasan (dk) = 43+40 -2 = 81 maka diperoleh harga ttabel = 2,000. Berdasarkan hasil tersebut, diperoleh thitung = 3,342 > ttabel = 2,000. Karena thitung > thitung, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil rata-rata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok eksperimen Xi = 80,140 > Xi = 73,375 rata-rata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran visual auditory kinestetik berbasis whole brain teaching berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SDN Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur Tahun Ajaran 2018/2019.Downloads
Published
2020-04-25
How to Cite
Widya Adnyani, I. N., & Wiarta, I. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran (VAK ) Berbasis Whole Brain Teaching Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(1), 80–88. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24581
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)