Kontribusi Kecerdasan Interpersonal dan Sikap Ingin Tahu Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24582Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kecerdasan interpersonal dan sikap ingin tahu terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SDN Gugus Letda Kajeng Kecamatan Denpasar Utara Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang ada di SDN Gugus Letda Kajeng Kecamatan Denpasar Utara sebanyak 322 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik proportional random sampling sebanyak 167 siswa. Data mengenai kecerdasan interpersonal dan sikap ingin tahu diperoleh melalui metode non tes yaitu angket kecerdasan interpersonal dan sikap ingin tahu, sedangkan data kompetensi pengetahuan IPS melalui pencatatan dokumen. Setelah data diperoleh dilakukan uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Setelah memenuhi uji prasyarat, data diuji menggunakan analisis statistik inferensial menggunakan teknik analisis regresi ganda. Hasil yang didapat terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan interpersonal dan sikap ingin tahu terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SDN Gugus Letda Kajeng Kecamatan Denpasar Utara Tahun Ajaran 2018/2019 berdasarkan hasil Fhitung = 5,383 > Ftabel = 3,06 dengan kontribusi sebesar 6,2%. Maka disimpulkan bahwa kecerdasan interpersonal dan sikap ingin tahu memberikan kontribusi sebesar 6,2% terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SDN Gugus Letda Kajeng Kecamatan Denpasar Utara Tahun Ajaran 2018/2019. Sehingga 93,8% lainnya dipengaruhi oleh faktor belajar lain baik faktor dalam diri dan dari luar diri siswa. Adapun saran ditunjukan untuk guru agar mengoptimalkan kecerdasan interpersonal dan sikap ingin tahu dalam pembelajaran agar mencapai kompetensi pengetahuan IPS.Downloads
Published
2020-04-26
How to Cite
Saraswati, P. I., & Putra, M. (2020). Kontribusi Kecerdasan Interpersonal dan Sikap Ingin Tahu Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(1), 89–99. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24582
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)