Pengaruh Model Pembelajaran (AIR)Berorientasi Tri Pramana Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24583Abstract
Rata-rata hasil belajar IPA di kelas IV tergolong rendah. Hal ini dikarenakan kurangnya peran aktif siswa dalam proses pembelajaran dan kurangnya dorongan motivasi dari guru untuk memacu semangat belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) berorientasi Tri Prama terhadap motivasi belajar dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi exsperiment dengan desain penelitian non equivalent post-test only control group. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV gugus X Kematan Buleleng Berjumlah 139 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 42 orang siswa dengan dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Tes berupa lembar kuisioner digunakan untuk mengumpulkan data motivasi belajar siswa dan tes pilihan ganda untuk mengumpulkan data hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan statistic deskriptif, Uji-t, dan Uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) berorientasi Tri Prama terhadap motivasi belajar siswa (nilai signifikansi 0,00<0,05), terdapat pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) berorientasi Tri Prama terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa (0,000<0,05), dan secara simultan terdapat pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) berorientasi Tri Prama terhadap motivasi belajar dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa (F=0,00<0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) berorientasi Tri Prama berpengaruh terhadap motivasi belajar dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)