Efektivitas Metode Tanya Jawab Multi Arah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS

Authors

  • I Ketut Manik Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24598

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang ditujukan untuk membenahi kelemahan-kelemahan proses pembelajaran yang telah dilakukan. Tujuan penelitain ini adalah untuk mengetahuai efektifitas penggunaan metode tanya jawab multi arah untuk meningkatkan hasil belajar IPS.  Penelitiaan ini mengambil subjek pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Tulamben pada semester II tahun pelajaran 2017/2018. Data hasil penelitian ini dikumpulkan  menggunakan tes, dan untuk menganalisis data yang dihasilkan digunakan analisis deskriptif. Data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan penelitian ini terlihat jelas adanya peningkatan dari data awal yang ada rata-rata kelasnya baru mencapai 56,60, pada siklus I meningkat menjadi 70,00,dan pada siklus II meningkat menjadi 76,00. Keberhasilan tersebut menunjukkan bahwa penerapan metode tanya jawab multi arah dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar sehingga penelitian ini tidak diteruskan ke siklus berikutnya. Dengan adanya metode tanya jawab multi arah siswa akan mampu meningkatkan hasil belajar karena siswa merasa nyaman, percaya diri, serta memepunyai rasa ingin tahu yang tinggi serta metode ini mampu memebatu siswa untuk menyampaikan pendapatnya sehingga pembeajaran lebih aktif dan kondusif.

Downloads

Published

2020-04-27

How to Cite

Manik, I. K. (2020). Efektivitas Metode Tanya Jawab Multi Arah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(1), 133–142. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24598

Issue

Section

Articles