Efektivitas Metode Tanya Jawab Multi Arah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24598Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang ditujukan untuk membenahi kelemahan-kelemahan proses pembelajaran yang telah dilakukan. Tujuan penelitain ini adalah untuk mengetahuai efektifitas penggunaan metode tanya jawab multi arah untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Penelitiaan ini mengambil subjek pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Tulamben pada semester II tahun pelajaran 2017/2018. Data hasil penelitian ini dikumpulkan menggunakan tes, dan untuk menganalisis data yang dihasilkan digunakan analisis deskriptif. Data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan penelitian ini terlihat jelas adanya peningkatan dari data awal yang ada rata-rata kelasnya baru mencapai 56,60, pada siklus I meningkat menjadi 70,00,dan pada siklus II meningkat menjadi 76,00. Keberhasilan tersebut menunjukkan bahwa penerapan metode tanya jawab multi arah dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar sehingga penelitian ini tidak diteruskan ke siklus berikutnya. Dengan adanya metode tanya jawab multi arah siswa akan mampu meningkatkan hasil belajar karena siswa merasa nyaman, percaya diri, serta memepunyai rasa ingin tahu yang tinggi serta metode ini mampu memebatu siswa untuk menyampaikan pendapatnya sehingga pembeajaran lebih aktif dan kondusif.Downloads
Published
2020-04-27
How to Cite
Manik, I. K. (2020). Efektivitas Metode Tanya Jawab Multi Arah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(1), 133–142. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24598
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)