Upaya Peningkatan Komitmen Kerja Guru SD Melalui Implementasi Supervisi Klinis
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24599Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan komitmen kerja guru di SD N 1 Silangjana Semester II Tahun Pelajaran 2019/2020 setelah mengikuti supervisi klinis. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Subjek penelitian adalah guru di SD N 1 Silangjana Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng yang berjumlah 8 orang. Data komitmen kerja guru pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah: apabila rata-rata komitmen kerja guru minimal pada kategori tinggi, dan ketuntasan klasikal sebesar 90%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa implementasi supervisi klinis secara efektif dapat meningkatkan komitmen kerja guru di SD N 1 Silangjana Semester II tahun pelajaran 2019/2020. Pada siklus I rerata komitmen kerja guru adalah 144,75 berada pada kategori tinggi dengan persentase ketuntasan klasikalnya adalah 85,71%. Sedangkan pada siklus II meningkat dengan rerata sebesar 166 berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase ketuntasan klasikalnya adalah 100%.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)