Think Pair Share Meningkatkan Hasil Belajar IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.24694Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari temuan permasalahan belajar yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar IPS siswa, di antaranya: rendahnya antusiasme dan partisipasi aktif siswa, penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi, dan rendahnya keterampilan interaksi sosial serta kerja sama siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan guna memahami dan mendeskripsikan pengaruh hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan denganmodel pembelajaran Think Pair Share dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan saintifik pada siswa SD kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment), dengan desain penelitian post-test only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD yang berjumlah 102 siswa. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik random sampling, random dilakukan pada kelas sebagai intact group sehingga diperoleh kelas V SD yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SD berjumlah 37 siswa sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar IPS dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Teknik analisis yang digunakan analisis deskriptif dan statistik t-test dengan rumus polled varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung (42,65) > ttabel (2,00) dan nilai rata - rata kelompok eksperimen 75,45 dan rata - rata kelompok kontrol 51,14 yang berarti terdapat pengaruh hasil belajar antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan konvensional pada siswa kelas V.Downloads
Published
2020-07-24
How to Cite
Aryadiputra, G. P., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Think Pair Share Meningkatkan Hasil Belajar IPS. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 274–283. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.24694
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)