Think Pair Share Meningkatkan Hasil Belajar IPS

Authors

  • Gede Prassetya Aryadiputra Prodi PGSD, Jurusan Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Undiksha
  • Adrianus I Wayan Ilia Yuda Sukmana Prodi Teknologi Pendidikan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.24694

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari temuan permasalahan belajar yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar IPS siswa, di antaranya: rendahnya antusiasme dan partisipasi aktif siswa, penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi, dan rendahnya keterampilan interaksi sosial serta kerja sama siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan guna memahami dan mendeskripsikan pengaruh hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan denganmodel pembelajaran Think Pair Share dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan saintifik pada siswa SD kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment), dengan desain penelitian post-test only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD yang berjumlah 102 siswa. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik random sampling, random dilakukan pada kelas sebagai intact group sehingga diperoleh kelas V SD yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SD berjumlah 37 siswa sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar IPS dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Teknik analisis yang digunakan analisis deskriptif dan statistik t-test dengan rumus polled varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung (42,65) > ttabel (2,00) dan nilai rata - rata kelompok eksperimen 75,45 dan rata - rata kelompok kontrol 51,14 yang berarti terdapat pengaruh hasil belajar antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan konvensional pada siswa kelas V.

Downloads

Published

2020-07-24

How to Cite

Aryadiputra, G. P., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Think Pair Share Meningkatkan Hasil Belajar IPS. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 274–283. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.24694

Issue

Section

Articles