Kelayakan Instrumen Penilaian Keaktifan Belajar PPKn

Authors

  • Ketut Ngurah Adi Sudarsana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Aditya Antara Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Dibia Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.24934

Abstract

Permasalahan yang dihadapi terkaitkualitas penilaian saat ini adalah adanya penggunaan instrumen penilaian keaktifan belajar siswa yang masih diragukan kelayakannya, sehingga dilakukan penelitian dengan tujuan untuk menguji kelayakan instrumen penilaian keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas IV SD dilihat dari validitas dan reliabilitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dilaksanakan menggunakan model RDR dengan tahapan-tahapan yaitu: tahap research (studi pendahuluan), tahap development (pengembangan), dan tahap research(uji efektivitas produk).Namun, uji coba instrumen pada tahap research (uji efektivitas produk) dalam penelitian ini tidak dilaksanakan karena kondisi dan waktu yang tidak memungkinkan.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah lembar angket validasi dengan melibatkan dua orang pakar untuk menguji kelayakan instrumen.Subjek penelitian ini adalah instrumen penilaian keaktifan belajar siswa yang terdiri atas kisi-kisi dan lembar kuesioner dengan pernyataan sebanyak 35 item.Teknik analisis data yang digunakan untuk uji validitas dengan rumus Gregory dan uji reliabilitas dengan rumus Kuder Richadson-20.Hasil relevansi instrumen menunjukkan pernyataan yang relevan sebanyak 31 item dan yang tidak relevan sebanyak 4 item. Hasil analisis validitas instrumen sebesar 0,88 dengan kriteria sangat tinggi dan analisis reliabilitas instrumen sebesar 0,90 dengan kriteria sangat tinggi.Keterbaruan penelitian ini terletak pada penggunaan mata pelajaran PPKn kelas IV SD dalam instrumen penilaian keaktifan belajar siswa yang menjadikannyaberbeda dengan penelitian sebelumnya.Implikasi penelitian ini yaitu adanya instrumen penilaian keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas IV SD yang menunjukkan valid dan reliabel sehingga layak digunakan dalam penilaian.

Author Biographies

Ketut Ngurah Adi Sudarsana, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Putu Aditya Antara, Universitas Pendidikan Ganesha

PGPAUD

I Ketut Dibia, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Downloads

Published

2020-07-24

How to Cite

Sudarsana, K. N. A., Antara, P. A., & Dibia, I. K. (2020). Kelayakan Instrumen Penilaian Keaktifan Belajar PPKn. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 150–158. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.24934

Issue

Section

Articles