Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS

Authors

  • ni luh pebri dianayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Sumantri Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.24974

Abstract

Rendahnya kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V disebabkan karena kurangnya pembelajaran yang efektif dalam mengoptimalkan pemahaman siswa terhadap materi IPS sehingga siswa mengalami kebosanan dan kurang bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran yang mengakibatkan kompetensi pengetahuan IPS siswa masih cenderung rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain non-equivalen post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Vyang berjumlah 163 orang siswa. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik random sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 43 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan metode tes dengan instrument tes objektif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung 38,21 lebih besar dari ttabel 1,68, dengan demikian disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Make a Match berbantuan media audiovisual terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD gugus I Kecamatan Selat tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini secara keseluruhan memberikan dampak positif terhadap siswa. Siswa menjadi lebih aktif, memiliki rasa percaya diri yang tinggi, dan mampu menjalin interaksi yang baik antar sesama siswa sehingga kompetensi pengetahuan IPS siswa dapat ditingkakan.

Author Biographies

ni luh pebri dianayanti, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Made Sumantri, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Downloads

Published

2020-07-24

How to Cite

dianayanti, ni luh pebri, & Sumantri, M. (2020). Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 170–180. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.24974

Issue

Section

Articles