Pembelajaran IPA dengan Model Make A Match Berbantuan Media Permainan Ular Tangga Meningkatkan Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.25039Abstract
Hasil belajar IPA yang tergolong rendah menyebabkan perlu adanya proses pembelajaran yang lebih inovatif. Pembelajaran ini dapat diwujudkan dengan model Make a Macth berbantuan media permainan Ular Tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make a Match berbantuan media permainan Ular Tangga terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan menggunakan rancangan Non-equivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Gugus II Kecamatan Tembuku Kabupaten Bangli yang berjumlah 137 orang. Sampel diambil dengan cara random sampling sebanyak 2 kelas, sehingga diperoleh sampel siswa kelas IV SD Negeri 1 Tembuku yang berjumlah 22 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SD Negeri 3 Yangapi yang berjumlah 23 orang sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes dan hasil penelitian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan, didapatkan rata-rata hasil belajar IPA kelompok eksperimen sebesar 20,27 dan kelompok kontrol sebesar 18,57. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t menunjukan (t = 2,356 sig = 0,023). Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok eksperimen dan kontrol. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran Make a Match berbantuan media permainan ular tangga memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD.Downloads
Published
2020-07-24
How to Cite
Artawati, N. N. D., & Yudiana, K. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Make A Match Berbantuan Media Permainan Ular Tangga Meningkatkan Hasil Belajar. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 192–201. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.25039
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)