Model Pembelajaran Self Regulated Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • Ni Nyoman Yudastri Putri Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewa Nyoman Sudana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.25061

Abstract

Rendahnya nilai kompetensi pengetahuan IPA yang ditemukan pada siswa kelas IV SD Gugus V di Kecamatan Karangasem menjadi alasan utama dilakukannya penelitian ini. Nilai kompetensi pengetahuan IPA setelah dikonversikan ke kriteria PAP yaitu tergolong sangat rendah. Maka, penelitian ini bertujuan untuk menemukan perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA pada siswa kelas IV di SD antara yang dibelajarkan dengan model pembelajaran self regulated learning berbantuan media audio visual dan tanpa dibelajarkan dengan model pembelajaran self regulated learning berbantuan media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain nonequivalent post tes only control group. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 168 orang. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 34 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode tes pilihan ganda yang berjumlah 22 butir.  Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis infrensial yaitu uji t dengan rumus polled varians. Harga thitung berdasarkan rumus polled varians didapatkan sebesar 59,562 sementara ttabel sebesar 2,042 sehingga thitung > ttabel. Salah satu implikasi secara umum yaitu melalui model ini, dapat menjadikan pembelajaran lebih bermakna. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA pada siswa kelas IV yang dibelajarkan dengan yang tidak dibelajarkan model pembelajaran self regulated learning berbantuan media audio visual.

Author Biographies

Ni Nyoman Yudastri Putri, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Dewa Nyoman Sudana, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Downloads

Published

2020-07-24

How to Cite

Putri, N. N. Y., & Sudana, D. N. (2020). Model Pembelajaran Self Regulated Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 202–213. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.25061

Issue

Section

Articles