Model Pembelajaran Doll Speak Berbasis Kearifan Lokal Tat Twam Asi Terhadap Sikap Toleransi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.25091Abstract
Sikap toleransi siswa kelas III Sekolah Dasar tergolong rendah. Hal tersebut dapat dilihat dari keseharian siswa di dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran banyak siswa yang tidak mendengarkan guru saat berbicara, saling mengejek teman satu sama lain dan sering terjadi pertengkaran antar teman. Selain itu, model pembelajaran yang digunakan tidak mendukung usaha peningkatan sikap toleransi siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran doll speak berbasis kearifan lokal tat twam asi terhadap sikap toleransi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Post-Test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelompok siswa kelas III SD yang berjumlah 178 orang siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 65 orang siswa. Pengambilan sampel tersebut digunakan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data sikap toleransi siswa dilakukan dengan metode non-tes yaitu kuisioner. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil analisis data dengan statistik deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata kelompok kelas eksperimen adalah 13,11 dan rata-rata kelompok kelas kontrol adalah 11.29. Maka, rata-rata kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Selanjutnya, hasil analisis data dengan uji-t menunjukkan thitung= 3,26 sedangkan ttabel = 1,99, sehingga thitung lebih besar dari ttabel (3,26 > 1,99). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran doll speak berbasis kearifan lokal tat twam asi terhadap sikap toleransi siswa kelas III SD. Penelitian ini memberikan implikasi yang positif dalam usaha peningkatan sikap toleransi siswa.Downloads
Published
2020-07-24
How to Cite
Apriliani, P. A. S., & Yudiana, K. (2020). Model Pembelajaran Doll Speak Berbasis Kearifan Lokal Tat Twam Asi Terhadap Sikap Toleransi Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 284–293. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.25091
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)