Model Pembelajaran Doll Speak Berbasis Kearifan Lokal Tat Twam Asi Terhadap Sikap Toleransi Siswa

Authors

  • Putu Ayu Shelia Apriliani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Yudiana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.25091

Abstract

Sikap toleransi siswa kelas III Sekolah Dasar tergolong rendah. Hal tersebut dapat dilihat dari keseharian siswa di dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran banyak siswa yang tidak mendengarkan guru saat berbicara, saling mengejek teman satu sama lain dan sering terjadi pertengkaran antar teman. Selain itu, model pembelajaran yang digunakan tidak mendukung usaha peningkatan sikap toleransi siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran doll speak berbasis kearifan lokal tat twam asi terhadap sikap toleransi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Post-Test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelompok siswa kelas III SD yang berjumlah 178 orang siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 65 orang siswa. Pengambilan sampel tersebut digunakan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data sikap toleransi siswa dilakukan dengan metode non-tes yaitu kuisioner. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t.  Hasil analisis data dengan statistik deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata kelompok kelas eksperimen adalah 13,11 dan rata-rata kelompok kelas kontrol adalah 11.29. Maka, rata-rata kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Selanjutnya, hasil analisis data dengan uji-t menunjukkan thitung= 3,26 sedangkan  ttabel = 1,99, sehingga thitung lebih besar dari ttabel (3,26 > 1,99). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran doll speak berbasis kearifan lokal tat twam asi terhadap sikap toleransi siswa kelas III SD. Penelitian ini memberikan implikasi yang positif dalam usaha peningkatan sikap toleransi siswa.

Author Biographies

Putu Ayu Shelia Apriliani, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Kadek Yudiana, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Downloads

Published

2020-07-24

How to Cite

Apriliani, P. A. S., & Yudiana, K. (2020). Model Pembelajaran Doll Speak Berbasis Kearifan Lokal Tat Twam Asi Terhadap Sikap Toleransi Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 284–293. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.25091

Issue

Section

Articles