Metode Pembelajaran Drill Berbasis Masalah Kontekstual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.25453Abstract
Rendahnya kompetensi pengetahuan matematika dikarenakan kurang optimalnya penyelesaian soal dan permasalahan yang dihadapi oleh siswa dalam pelajaran matematika. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan metode pembelajaran drill berbasis masalah kontekstual terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas IV SD. Quasi experiment merupakan jenis dari penelitian ini, serta dipilih nonequivalent control group design sebagai rancangan penelitian. Seluruh kelas IV SD Gugus Moh.Hatta Denpasar Selatan digunakan sebagai populasi penelitian sebanyak 352 siswa. Kelas IV SDN 1 Panjer terpilih sebagai kelompok eksperimen sebanyak 40 siswa dan SDN 3 Panjer terpilih sebagai kelompok kontrol sebanyak 39 siswa yang ditentukan dengan mempergunakan teknik cluster random sampling. Dalam proses pengumpulan data, tes dipilih sebagai instrumen dengan jenis tes objektif pilihan ganda biasa sehingga didapatkan data berupa nilai kompetensi pengetahuan matematika kuantitatif yang kemudian dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis diperoleh dan pada taraf signifikansi 5% dan sehingga . Sehingga terjadi penolakan H0 dan penerimaan Ha. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran drill berbasis masalah kontekstual terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas IV SD. Berdasarkan hasil penelitian, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai hasil kajian yang relevan dan memperdalam mengenai model pembelajaran drill berbasis masalah kontekstual. Hal yang dapat dilakukan guru adalah dengan membenahi dan meningkatkan kemampuan diri sehubung dengan pembelajaran yang telah dilakukan dan kompetensi pengetahuan yang sudah dicapai dengan memperhatikan metode pembelajaran yang sesuai dengan memvariasikan beberapa metode pembelajaran agar bisa meningkatkan kompetensi pengetahuan matematika siswa menjadi lebih baik.Downloads
Published
2020-07-24
How to Cite
Dewi, N. P. J., Wiarta, I. W., & Agustika, G. N. S. (2020). Metode Pembelajaran Drill Berbasis Masalah Kontekstual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 214–224. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.25453
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)