Metode Pembelajaran Drill Berbasis Masalah Kontekstual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika

Authors

  • Ni Putu Juwita Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Wiarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.25453

Abstract

Rendahnya kompetensi pengetahuan matematika dikarenakan kurang optimalnya penyelesaian soal dan permasalahan yang dihadapi oleh siswa dalam pelajaran matematika. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan metode pembelajaran drill berbasis masalah kontekstual terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas IV SD. Quasi experiment merupakan jenis dari penelitian ini, serta dipilih nonequivalent control group design sebagai rancangan penelitian.  Seluruh kelas IV SD Gugus Moh.Hatta Denpasar Selatan digunakan sebagai populasi penelitian sebanyak 352 siswa. Kelas IV SDN 1 Panjer terpilih sebagai kelompok eksperimen sebanyak 40 siswa dan SDN 3 Panjer terpilih sebagai kelompok kontrol sebanyak 39 siswa yang ditentukan dengan mempergunakan teknik cluster random sampling. Dalam proses pengumpulan data, tes dipilih sebagai instrumen dengan jenis tes objektif pilihan ganda biasa sehingga didapatkan data berupa nilai kompetensi pengetahuan matematika kuantitatif yang kemudian dianalisis dengan uji-t.  Berdasarkan hasil analisis diperoleh   dan   pada taraf signifikansi 5% dan  sehingga  . Sehingga terjadi penolakan H0 dan penerimaan Ha. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran drill berbasis masalah kontekstual terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas IV SD.  Berdasarkan hasil penelitian, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai hasil kajian yang relevan dan memperdalam mengenai model pembelajaran drill berbasis masalah kontekstual. Hal yang dapat dilakukan guru adalah dengan membenahi dan meningkatkan kemampuan diri sehubung dengan pembelajaran yang telah dilakukan dan kompetensi pengetahuan yang sudah dicapai dengan memperhatikan metode pembelajaran yang sesuai dengan memvariasikan beberapa metode pembelajaran agar bisa meningkatkan kompetensi pengetahuan matematika siswa menjadi lebih baik.

Author Biographies

Ni Putu Juwita Dewi, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Wayan Wiarta, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Gusti Ngurah Sastra Agustika, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Downloads

Published

2020-07-24

How to Cite

Dewi, N. P. J., Wiarta, I. W., & Agustika, G. N. S. (2020). Metode Pembelajaran Drill Berbasis Masalah Kontekstual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 214–224. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.25453

Issue

Section

Articles