Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.25458Abstract
Penelitian eksperimental mengenai pengaruh model pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar IPA sudah banyak dilakukan, namun belum terdapat kajian lebih lanjut mengenai hasil-hasil penelitian tersebut untuk dirangkum dan dinilai kembali sehingga dapat menguatkan hasil penelitian yang telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besar efektivitas pengaruh model pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian library research dengan teknik analisis data yang digunakan adalah meta-analisis. Subjek penelitian ini adalah dua artikel yang berasal dari jurnal yang terakreditasi Sinta pada tahun 2017-2020. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka. Hasil analisis kedua data artikel diperoleh besar effect size setiap artikel yaitu 1,91 dan 1,80 yang berarti termasuk ke dalam kategori tinggi. Perbedaan besar effect size dari artikel yang dianalisis disebabkan karena dua faktor yaitu faktor internal meliputi kesehatan dan psikologis, serta faktor eksternal yang meliputi lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Hasil analisis tersebut menguatkan hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa model kolaboratif dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Berdasarkan hal tersebut, disimpulkan model pembelajaran kolaboratif memberikan pengaruh yang efektif terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar.Downloads
Published
2020-07-24
How to Cite
Dewi, N. K. N. S., Astawan, I. G., & Margunayasa, I. G. (2020). Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 294–302. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.25458
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)