Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Media Cerita Bergambar Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD

Authors

  • Dewa Ayu Kesumadewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Anak Agung Gede Agung Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Rati Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.25524

Abstract

Permasalahan rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia yang ditemukan pada siswa kelas V SD menjadi alasan uatama dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC berbantuan media cerita bergambar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain non-equivalent post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V yang berjumlah 116 siswa. Sampel penelitian ini menggunakan teknik kluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Rata-rata hasil belajar bahasa Indonesia pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol (23,60 > 22,21). Berdasarkan analisis data menggunakan uji-t, menunjukkan bahwa nilai thitung = 2,32, dan nilai ttabel = 2,00. Sehingga thitung (2,32) > ttabel (2,00) dengan taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan media cerita bergambar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD.

Author Biographies

Dewa Ayu Kesumadewi, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Anak Agung Gede Agung, Universitas Pendidikan Ganesha

TP

Ni Wayan Rati, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Downloads

Published

2020-07-24

How to Cite

Kesumadewi, D. A., Gede Agung, A. A., & Rati, N. W. (2020). Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Media Cerita Bergambar Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 303–314. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.25524

Issue

Section

Articles