Pendekatan PAIKEM Berbantuan Brain Gym Berpengaruh terhadap Konsentrasi Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26479Abstract
Konsentrasi belajar siswa kurang optimal diakibatkan oleh kurang bervariasinya penggunaan pendekatan, metode, model, dan teknik pembelajaran yang diterapkan dalam proses pembelajaran IPA, hal ini berdampak pada minat siswa untuk berpartisipasti dalam proses pembelajaran menjadi berkurang dan bermuara pada rendahnya pencapaian tujuan pembelajaran dan hasil belajar IPA siswa. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan PAIKEM berbantuan Brain Gym terhadap konsentrasi belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD sebanyak 211siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 27 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 25 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode non-test berupa angket konsentrasi belajar IPA. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial berupa uji-t dengan rumus polled varians. Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan PAIKEM berbantuan Brain Gym dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional yang dapat dibuktikan dengan nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan PAIKEM berbantuan Brain Gym berpengaruh terhadap konsentrasi belajar IPA. Pendekatan PAIKEM berbantuan Brain Gym dapat diterapkan pada pembelajaran IPA di sekolah dasar sebagai upaya untuk mengoptimalkan konsentrasi belajar IPA siswa.Downloads
Published
2020-07-24
How to Cite
Rianti, N. M. E., & Dibia, I. K. (2020). Pendekatan PAIKEM Berbantuan Brain Gym Berpengaruh terhadap Konsentrasi Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 225–237. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26479
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)