Pendekatan PAIKEM Berbantuan Brain Gym Berpengaruh terhadap Konsentrasi Belajar IPA

Authors

  • Ni Made Elpina Rianti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Dibia Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26479

Abstract

Konsentrasi belajar siswa kurang optimal diakibatkan oleh kurang bervariasinya penggunaan pendekatan, metode, model, dan teknik pembelajaran yang diterapkan dalam proses pembelajaran IPA, hal ini berdampak pada minat siswa untuk berpartisipasti dalam proses pembelajaran menjadi berkurang dan bermuara pada rendahnya pencapaian tujuan pembelajaran dan hasil belajar IPA siswa. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan PAIKEM berbantuan Brain Gym terhadap konsentrasi belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD sebanyak 211siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 27 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 25 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode non-test berupa angket konsentrasi belajar IPA. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial berupa uji-t dengan rumus polled varians. Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan PAIKEM berbantuan Brain Gym dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional yang dapat dibuktikan dengan nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan PAIKEM berbantuan Brain Gym berpengaruh terhadap konsentrasi belajar IPA. Pendekatan PAIKEM berbantuan Brain Gym dapat diterapkan pada pembelajaran IPA di sekolah dasar sebagai upaya untuk mengoptimalkan konsentrasi belajar IPA siswa.

Author Biographies

Ni Made Elpina Rianti, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Ketut Dibia, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Downloads

Published

2020-07-24

How to Cite

Rianti, N. M. E., & Dibia, I. K. (2020). Pendekatan PAIKEM Berbantuan Brain Gym Berpengaruh terhadap Konsentrasi Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 225–237. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26479

Issue

Section

Articles