Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas IV

Authors

  • Riva Rahmawati universitas negri jambi
  • Moh. Fahmi Nugraha
  • Anggia Suci Pratiwi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26675

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Sukarapih pada muatan IPA. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini jenis eksperimen yang digunakan adalah true experimental design dengan bentuk pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara, tes, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri Sukarapih yang berjumlah 29 peserta didikterdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen berjumlah 15 peserta didik dan kelas kontrol berjumlah 14 peserta didik.Sampel penelitian ini menggunakan teknik yaitu sampling jenuh.Adapun pembagian kelas yang digunakan untuk membagi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu dengan menggunakan simple random sampling.Berdasarkan hasil perhitungan analisis data, diperoleh rata-rata nilai posttest kelas eskperimen sebesar 83 lebih besar dari rata-rata nilai posttest kelas kontrol sebesar 67,8. Dan untuk nilai thitung lebih kecil dari ttabel yaitu 0,000 < 0,05. Untuk taraf signifikansi ɑ=5% , dengan kriteria pengujiannya yaitu jika nilai Sig. (2-tailed) < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Sukarapih.

Downloads

Published

2020-07-24

How to Cite

Rahmawati, R., Nugraha, M. F., & Pratiwi, A. S. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 315–322. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26675

Issue

Section

Articles