Keefektifan Media Magic Box Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Sederhana
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26677Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik yang dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain, guru belum menggunakan model pembelajaran, dan media pembelajaran yang digunakan hanya papan tulis sebagaipenyampaian materi. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis keefektifan media magic box berbantu model numbered heads together terhadap hasil belajar matematika kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk desain atau rancangan penelitian yang digunakan adalah pre Eksperimental dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Dari hasil perhitungan uji t dengan jumlah dk=19 dan taraf nyata 5% maka diperoleh nilai ttabel = 2,093, hasil perhitungan uji t diperoleh nilai thitung = 30,485. Karena nilai thitung>ttabel yaitu 30,485 > 2,093. Maka dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil uji ketuntasan rata-rata pretest 53,5 dan posttest 72,25. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media magic box berbantu model numbered heads together efektif terhadap hasil belajar matematika materi jaring-jaring bangun ruang sederhana kelas V. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat disampaikan adalah pembelajaran dengan menggunakan media magic box berbantu model numbered heads together dapat dijadikan inovatif pembelajaran yang menyenangkan, aktif serta kondusif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)