Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar

Authors

  • Ganes Mahesti mahestiganes@gmail.com
  • Henny Dewi Koeswanti

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33586

Keywords:

game edukasi, android, hasil belajar

Abstract

Masih banyak guru yang menggunakan metode ceramah dan kurangnya media pembelajaran yang menarik sehingga pembelajaran menjadi monoton dan membosankan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis tingkat validasi dari ahli materi dan ahli media. Jenis penelitian dan pengembangan media pembelajaran menggunakan metode Research and Development atau (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu analysis,  design, development, implementation, evaluation. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner. Data untuk uji validasi ahli media dan validasi ahli materi dianalisis menggunakan teknik deskriptif presentase. Data hasil uji validasi ahli diperoleh sebagai berikut: (1) Penilaian  yang diberikan oleh validator ahli media mmperoleh presentase sebesar 83% yang menunjukkan penilaian dengan kriteria sangat baik. (2) Penilaian  yang diberikan oleh validator ahli materi mmperoleh presentase sebesar 78% yang mennjukkan penilaian dengan kriteria baik.  Berdasarkan nilai yang diperoleh media pembelajaran  Game Monopoli Asean untuk meningkatkan hasil belajar Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup pada Kelas 6 Sekolah Dasar dapat dikatakan sangat layak untuk digunakan. Implikasi penelitian ini yaitu media pembelajaran ini dapat diterapkan oleh guru untuk membantu siswa dalam belajar

References

Asnur, & Ambiyar. (2018). Penerapan Pembelajaran Menggunakan Media Video Pada Mata Kuliah Tata Boga II. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v23i3.16435

Aspini. (2020). Implementasi Pembelajaran PBL Berbantuan Media Kartu Soal Untuk Meningkatkan Kemampuan HOTS Pada Siswa Kelas VI SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 72–79. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU

Awaludin, Wibawa, & Winarsih. (2020). Integral Calculus Learning Using Problem Based Learning Model Assisted by Hypermedia-Based E-Book. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i2.23106

Azimi, Rusilowati, & Sulhadi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Literasi Sains untuk Siswa Sekolah Dasar. Pancasakti Science Education Journal, 2(2), 145–157. https://doi.org/http://doi.org/10.24905/psej.v2i2.754

Effendi, H., & Hendriyani, Y. (2020). The Conceptual and Hypothetical Model of Interactive Blended Problem Based Learning. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(2), 285. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i2.24162

Ependi, U., Panjaitan, F., & Hutrianto, H. (2017). System Usability Scale Antarmuka Palembang Guide Sebagai Media Pendukung Asian Games XVIII. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 3(2), 80. https://doi.org/10.20473/jisebi.3.2.80-86

Fathoni, Utomo, Hangga, & Pamungkas. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Al-Qur’an Berbasis Android di TPQ Al-Falah Semarang. Edu Komputika Journal, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/edukomputika.v5i2.27165.

Gunarta, I. G. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19338

Hartini, S., Misbah, Dewantara, D., Oktovian, R. A., & Aisyah, N. (2017). Developing learning media using online prezi into materials about optical equipments. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 313–317. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.10102

Harususilo, Y. E. (2019). Skor PISA 2018: Daftar Peringkat Kemampuan Matematika, Berapa Rapor Indonesia? Kompas.Com.

Karisma, I. K. E., Margunayasa, I. G., & Prasasti, P. A. T. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 121. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24458

Kurniawan, B. R., Reyza, M., & Taqwa, A. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(11), 1451–1457.

Lestari, Negara, & Ganing. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Lingkungan terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 9. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10731

Lubis, & Ikhsan. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Prestasi Kognitif Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7504.

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294

Mulyadin. (2016). Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Di SDN Kauman 1 Malang Dan Sd Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pendidikan Edutama, 3(2), 31 – 48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v3i2.35

Muskania, R. T., Badariah, S., & Mansur, M. (2019). Pembelajaran Tematik Menggunakan Media Video Scribe Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Elementary: Islamic Teacher Journal, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21043/elementary.v7i1.4927

Mustikaningrum, G., Pramusinta, L., Ayu, S., & Umar, M. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Terintegrasi Kurikulum Dan Metode Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 154–164. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a5.2020

Mustofa, R., & Syafi’ah, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Materi Kenampakan Permukaan Bumi Mata Pelajaran IPA Kelas III SD. ELSE (Elementary School Education Journal), 2, 30–41. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v2i2.1723

Muyaroah, & Fajartia. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology., 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19336.

Naharir, R. A., Dantes, N., & Kusmariyatni, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Semester Ii Sd Gugus Vi Kecamatan Sukasada. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i1.16975

Nida, Parmiti, & Sukmana. (2020). Pengembangan Media Kartu Bergambar Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Bahasa Bali. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha., 8(1), 16–31. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/25393/15846

Noviar, D. (2016). Pengembangan Ensiklopedi Biologi Mobile Berbasis Android Materi Pokok Pteridophyta Dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013. Cakrawala Pendidikan, 35(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v15i2.8255

Nugraha, R. (2017). Evaluasi Penerapan Standar Penilaian Kurikulum 2013 Pada Kelas 4 Sekolah Dasar di Kecamatan Jambu. Jurnal Sekolah (JS), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/js.v2i1.9925

Pramana, Jampel, & Pudjawan. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 18–32. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921

Purbasari, R. julia, Kahfi, M. S., & Yunus, M. (2013). Pengembangan Aplikasi Android sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Dimensi Tiga untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal Online Universitas Negeri Malang, 1–11. Retrieved from http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/matematika/article/view/25844

Putra, R. S., Wijayati, N., & Mahatmanti, F. W. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/10628

Qondias, Anu, & Niftalia. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Mind Mapping SD Kabupaten Ngada Flores. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 176--182. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8590

Qumillaila, Susanti, & Zulfiani. (2017). Pengembangan Augmented Reality Versi Android Sebagai Media Pembelajaran Sistem Ekskresi Manusia. Cakrawala Pendidikan, 34(1), 57–69. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/9786/pdf. %0A

Sartikaningrum, R. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Akuntansi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel. Universitas Negeri Semarang.

Siddiq, Sudarma, & Simamora. (2020). Pengembangan Animasi Dua Dimensi Pada Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 49–63. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28928

Sofyan. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260–271. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpv.v6i3.11275

Suryanda, Ernawati, & Maulana. (2016). Pengembangan Modul Multimedia Mobile Learning Dengan Android Studio 4.1 Materi Keanekaragaman Hayati Bagi Siswa Sma Kelas X. Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 55–64. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-1.9

Tegeh, Simamora, & Dwipayana. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 158–166. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262

Utami, S., Gede Agung, A. A., & Sudiana, I. W. (2013). Pengaruh Model Experiential Learning Berbantuan Media Benda Asli Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Gugus 1 Kecamatan Tabanan. Mimbar PGSD, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.920

Wiastuti, Suadnyana, & Kristiantari. (2014). Pengaruh Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Budi Utomo. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2147

Wulandari, Sudatha, & Simamora. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459

Downloads

Published

2021-04-14

How to Cite

Mahesti, G., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 30–39. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33586

Issue

Section

Articles