PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MACAM-MACAM GAYA

Authors

  • Liza Purnawati Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang
  • Aries Tika Damayani Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang
  • Kiswoyo . Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17322

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar pada materi macam-macam gaya. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakan desain penelitian Pre-Experimental Design dengan bentuk One Group Prettest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Tanjungmojo Kendal tahun pelajaran 2018/2019. Sampel yang diambil adalah 30 siswa kelas V dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan ada pengaruh pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar. Berdasarkan rata-rata nilai Pretest hasil belajar IPA adalah 46,4 dan rata-rata nilai posttest hasil belajar adalah 82,133 dengan KKM mata pelajaran IPA 70. Hal ini terbukti pada analisis akhir dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 24,913 dan ttabel= 1,699. Karena thitung  > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi ada pengaruh model pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi macam-macam gaya kelas V SDN 1 Tanjungmojo Kendal.

 

Kata kunci: Inkuiri terbimbing, hasil belajar, IPA

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Hani Nur’Azizah, Asep Kurnia Jayadinata, Diah Gusrayani. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Energi Bunyi. Jurnal Pena Ilmiah UPI. Vol. 1, No. 1.

Hosnan.M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Irham Falahudin, Indah Wigati, Ayu Pujiastuti. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Materi Pengelolaan Lingkungan Di Smp Negeri 2 Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin. Jurnal Bioilmi UIN. Vol. 2 No. 2.

Iswatun Iswatun, Mosik Mosik, Bambang Subali. 2017. Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan KPS dan hasil belajar siswa SMP kelas VIII. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA UNY. 3 (2), 2017-151

Septi Munatri, Agus Suyatna, Dwi Yulianti. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan Unila. Vol 4, No 1.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandng: Alfabeta.

Sundayana, Rostina. 2015. Media dan Alat Peraga Dalam Pemelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep,Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar.Surakarta: Cakrawala Media..

Downloads

Published

2019-04-15

How to Cite

Purnawati, L., Damayani, A. T., & ., K. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MACAM-MACAM GAYA. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 64–72. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17322

Issue

Section

Articles