PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MACAM-MACAM GAYA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17322Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar pada materi macam-macam gaya. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakan desain penelitian Pre-Experimental Design dengan bentuk One Group Prettest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Tanjungmojo Kendal tahun pelajaran 2018/2019. Sampel yang diambil adalah 30 siswa kelas V dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan ada pengaruh pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar. Berdasarkan rata-rata nilai Pretest hasil belajar IPA adalah 46,4 dan rata-rata nilai posttest hasil belajar adalah 82,133 dengan KKM mata pelajaran IPA 70. Hal ini terbukti pada analisis akhir dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 24,913 dan ttabel= 1,699. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi ada pengaruh model pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi macam-macam gaya kelas V SDN 1 Tanjungmojo Kendal.
Kata kunci: Inkuiri terbimbing, hasil belajar, IPA
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Hani Nur’Azizah, Asep Kurnia Jayadinata, Diah Gusrayani. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Energi Bunyi. Jurnal Pena Ilmiah UPI. Vol. 1, No. 1.
Hosnan.M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Irham Falahudin, Indah Wigati, Ayu Pujiastuti. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Materi Pengelolaan Lingkungan Di Smp Negeri 2 Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin. Jurnal Bioilmi UIN. Vol. 2 No. 2.
Iswatun Iswatun, Mosik Mosik, Bambang Subali. 2017. Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan KPS dan hasil belajar siswa SMP kelas VIII. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA UNY. 3 (2), 2017-151
Septi Munatri, Agus Suyatna, Dwi Yulianti. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan Unila. Vol 4, No 1.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandng: Alfabeta.
Sundayana, Rostina. 2015. Media dan Alat Peraga Dalam Pemelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep,Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar.Surakarta: Cakrawala Media..
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)