Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Pecahan Kelas V Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Naila Labibah PGSD FIP Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
  • Aries Tika Damayani PGSD FIP Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
  • Ryky Mandar Sary PGSD FIP Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.33265

Keywords:

Kesalahan, Newman, Pecahan, Soal Cerita

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita dan penyebab terjadinya kesalahan pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah berdasarkan teori Newan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian meliputi sol tes uraian, lembar wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat lima kesalahan dalam mengerjakan soal cerita materi pecahan yang dilakukan oleh siswa Madrasah Ibtidaiyah. Lima kesalahan tersebut yaitu, yang pertama kesalahan membaca soal, kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Adapun penyebab yang dilakukan siswa meliputi masih  kemampuan membaca simbol matematika siswa rendah, ketidaktelitian siswa, tidak dapat menggunakan logaritma dengan benar, tidak menguasai konsep pecahan, tidak paham dalam menentukan sistematika penyelesaian soal dan tidak terbisa menuliskan jawaban akhir. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat lima kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan teori Newman.

References

Agnesti, Y., & Amelia, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Kesalahan VIII SMP Di Kabupaten Bandung Barat Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Perbandingan Ditinjau Dari Gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 151–162. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.186 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.186

Dewi, S. K., Suarjana, M., & Sumantri, M. (2014). Penerapan Model Polya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Memecahkan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2057

Fatahillah, A., Wati, Y. F., & Susanto. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding yang Diberikan. Jurnal Kadikma, 8(1), 40–51. https://doi.org/10.19184/kdma.v8i1.5229

Gunawan, A. (2017). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V Sdn 59 Kota BengkulU. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.1.1-10 DOI: https://doi.org/10.33369/pgsd.10.1.1-10

Hadi, F. R. (2021). Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Hots Matematika Berdasarkan Teori Newman. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 43–56. http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v6i2.4358 DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v6i2.4358

Ikhsan, M., Munzir, S., & Fitria, L. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis dan Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika melalui Pendekatan Problem Solving. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 234. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.991 DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.991

Indaryati, I., & Jailani, J. (2015). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 84–96. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4067 DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4067

Jamal, F. (2018). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pertidaksamaan Kuadrat Berdasarkan Prosedur Newman. Maju (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(2), 41–51. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/198

Jumiati, Y., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(1), 11–18. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p11-18

Juniarti, N. K. R., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Konsep Diri dengan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 17. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24273 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24273

Layn, M. R., & Kahar, M. S. (2017). Jurnal Math Educator Nusantara ( JMEN ) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 03(02). https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.855 DOI: https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.855

Magfirah, M., Maidiyah, E., & Suryawati, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.9707 DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.9707

Maulana, F., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMADalam Menjawab Soal Dimensi Tiga Berdasarkan Teori Newman. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 182–190. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/514

Novferma, N. (2016). Analisis Kesulitan Dan Self-Efficacy Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 76. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.10403 DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.10403

Oktaviana, D. (2018). Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(2), 22. https://doi.org/10.23971/eds.v5i2.719 DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v5i2.719

Putra, P. E., Garminah, N. N., & Japa, I. G. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv Sd Di Gugus 4 Kecamatan Busungbiu. MIimbar PGSD Undiksha, 2(3). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2037

Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379 DOI: https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379

Sari, A. M., Susanti, N., & Rahayu, C. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Aritmatika Sosial Kelas VII. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 61–68. https://doi.org/10.37058/jp3m.v4i2.542 DOI: https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i2.2934

Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Barisan Dan Deret. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.5964 DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.5964

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 545. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22311 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22311

Yunia, N., & Zanthy, L. S. (2020). Kesalahan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Aritmatika Sosial. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 105. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3206 DOI: https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3206

Zairisma, Z., Apriliani, V., & Yunus, J. (2020). Mathematical Representation Ability of Middle School Students through Model Eliciting Activities with STAD Type. Desimal: Jurnal Matematika, 3(2), 109–116. https://doi.org/10.24042/djm.v3i2.5751 DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v3i2.5751

Downloads

Published

2021-08-15

How to Cite

Labibah, N., Damayani, A. T., & Sary, R. M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Pecahan Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 208–216. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.33265

Issue

Section

Articles