PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN FLASH CARD TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19507Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Concept Sentence berbantuan Flash Card dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri Gugus Budi Utomo Denpasar Timur tahun ajaran 2017/2018. Desain penelitian ini menggunakan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus Budi Utomo Denpasar Timur yang berjumlah 337 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 8 Kesiman dengan jumlah 40 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VB SD N 1 Kesiman dengan jumlah 36 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa. Data dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung= 4,132 dan ttabel (pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 74) nilai ttabel = 2,000 sehingga thitung = 4,132> ttabel = 2,000. Berdasarkan kriteria pengujian,terdapat perbedan yang signifikan Model Pembelajaran Concept Sentence berbantuan Flash Card terhadap kompetensi pengetahuain IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus Budi Utomo Denpasar Timur, jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Concept Sentenceberbantuan Flash Card memberikan pengaruh terhadap kompetensi Pengetahuan IPA.
References
Agung, A.A. Gede. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Anwar, Muhamad. 2015. Filsafat Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Fadlillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/Mts & SMA/MA.
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kosasih, E. 2015. Strategi Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.
Mulyorini. 2014. “Penggunaan Media Flashcard Dalam Model Pembelajaran Langsung UntukMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas V SdnNgagel Rejo I/ 396 Surabaya”. E-Jorurnal, FKIP Universitas Negeri Surabaya, Vol 2, Nomor 2.
Prayogo, Dona. 2015. “Pengaruh Penggunaan Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa kelas V SD Negeri 3 Labuhan Ratu Kota Bandar Lampung Tahun Ajaran 204/2015”. E-Journal, FKIP Universitas Lampung, Vol 3, Nomor 6.
Said, Alamsyah dan Andi Budimanjaya. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences. Jakartta: Prenadamedia Group.
Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.Jakarta: PT Indeks.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sumerti, Ni Luh. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Sentence Berbantuan Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas V SDN 22 Dauh Puri”. E-Journal, Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 2, Nomor 1.
Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar & Pembelajaraan Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurtekpend FIP UPI.
Wisudawati, Asih dan Eka Sulistyowati . 2015. Metodelogi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)