KEEFEKTIFAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTU MEDIA TABEL PERKALIAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Risha Ardhanty Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas PGRI Semarang
  • Mila Karmila Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas PGRI Semarang
  • Suyitno Suyitno Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19510

Abstract

Motivasi adalah sesuatu yang mendorong seseorang belajar atau melakukan suatu kegiatan. Mc. Donald dalam Djamarah (2011: 148) mengatakan bahwa motivasi adalah suatu perubahan energi di dalam pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya afektif (perasaan) dan reaksi untuk mencapai tujuan. Rendahnya motivasi belajar mengakibatkan siswa kurang antusias dan tidak percaya diri maka keinginan atau kemauan untuk melakukan sesuatu juga menjadi berkurang. Dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match  berbantu media tabel perkalian diharapkan lebih efektif terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif tidaknya model Make A Match berbantu media tabel perkalian terhadap motivasi belajar matematika kelas II SD Negeri 1 Wates. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dengan model One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dokumentasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri 1 Wates. Berdasarkan olah data menggunakan uji t-test motivasi belajar siswa kelas II SD Negeri 1 Wates diperoleh ttabel = 2,063 dan thitung = 2,1919 sehingga diperoleh 2,063 <2,1919 maka hipotesis ditolak, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Make A Match berbantu media tabel perkalian efektif terhadaap motivasi belajar matematika kelas II SD Negeri 01 Wates Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan.

References

Arikunto, Suharmini. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press

Ayu, Nanda. 2017. Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa . Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017 Vol. 1 No. 1 2017, Hal. 348-352

Djamarah, Syaiful Bahri, 2011. Psikologi Belajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Hadiningsih, Azmi Indarti. 2018. Pengaruh Model Make A Match Berbantu Media POHICA Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas III SDNegeri Pandean Lamper 04 Semarang. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang.

Megawanti, Priarti. 2012. Meretas Permasalahan Pendidikan Di Indonesia . Jurnal Formatif 2(3): 227-234 ISSN: 2088-351X

Uno, Hamzah B. 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Saefuddin, H. Asis. 2016. Pembelajaran Efektif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktror-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sadirman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali PersS

Sudjana, Nana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Trasito.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Suhana, Cucu . 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Suparjono, Agus. 2016. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Pernada Media Group.

Wahab, Rohmalina. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

How to Cite

Ardhanty, R., Karmila, M., & Suyitno, S. (2019). KEEFEKTIFAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTU MEDIA TABEL PERKALIAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 361–369. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19510

Issue

Section

Articles