Pembelajaran IPA Dengan Model Stad Berbantuan Media Mind Mapping Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.26807Keywords:
STAD, Mind Mapping, IPAAbstract
Rendahnya kompetensi pengetahuan IPA siswa yang disebabkan oleh kurang optimalnya penggunaan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif serta kurangnya penggunanan media pembelajaran. Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran student team achievement division berbantuan media mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi-eksperimental design atau eksperimen semu dengan rancangan penelitian non-equivalent pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD sebanyak 259 siswa. Menggunakan teknik cluster random sampling dalam menentukan sampel, sampel yang terpilih terdiri dari kelompok eksperimen yaitu kelas VC SD Negeri 5 yang diterapkan dengan model pembelajaran student team achievment division berbantuan media mind mapping dan kelompok kontrol kelas V SD Negeri 10 dibelajarkan secara konvensional. Data dikumpulkan dengan tes pilihan ganda biasa kemudian dianalisis dengan uji t polled varians. Berdasarkan analisis uji t diperoleh thitung = 4,377 dan pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 34+36-2 = 68 diperoleh ttabel = 1,995. Berdasarkan kriteria pengujian thitung = 4,377 > ttabel = 1,995. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran student team achievment division berbantuan media mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD.
References
Adiyatmaningsih, N. P. H. (2014). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Mind Mapping Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus III Gianyar. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).
Agung, A. . G. (2014). Buku Ajar Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Anton, S. (2018). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Bengkel Listrik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 03(02).
Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Aryana, K. D. T. (2016). Penerapan Model Pembelajaran STAD Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1).
Astuti, N. kadek S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbasis Concept Song Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Budi Utomo Denpasar Timur Tahun Ajaran 2016/2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10835
Awang, I. S. (2015). Vox Edukasi Vol 6, No 2 Nopember 2015 Nelly Wedyawati , Deskripsi Analisis... 143. 6(2).
Buzan. (2011). Buku Pintar Mind Mapping. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Devitasari. (2019). Keefektifan Model SAVI Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA SDN Lawatan 01 Kabupaten Tegal. Indonesian Journal of Conservation, 8(1).
Dewi, E. R. (2018). Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5442
Dewi, N. P. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar PKn. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 72–81. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.726
Esminarto. (2016). Implementasi Model Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siwa. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 1(1).
Hadinata, L. W., Utaya, S., & Setyosari, P. (2017). Pengaruh Pembelajaran Student Team Achievement Division Dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas Iv Sd. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 979–985. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9693
Idayani, N. P. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model STAD Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Kelas VII SMP. Journal of Education Action Research, 2(1). https://doi.org/10.23887/jear.v2i1.13728
Ika, W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Avogadro SMA Negeri 2 Pangkajene (Studi pada Materi Asam Basa). Jurnal Chemica, 18(1).
Karma, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran STAD Berbantuan LKS Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2).
Karnasiyani, R. D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions ( STAD ) Dengan Media Lks Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Jurnal Pendidikan Kimia, 6(2).
Kesuma, P. M. H. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Bebantuan Mind Mapping Terhadap hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2).
Kosasih. (2018). Strategi Belajar Dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Yrama Widya.
Kusumawardani, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2). https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15487
Laa, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2). https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8115
Marheni, N. L. G. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS kelas V SD no. 8 Padangsambian Denpasar. MIMBAR PGSD Ejournal Undiksha, 1(1).
Natalia, D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Viii Smpn 1 Karangploso. CENDEKIA: Journal of Education and Teaching, 11(1). https://doi.org/10.30957/cendekia.v11i1.254
Navisha, R. I. (2017). Pengaruh Model Stad Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Sd Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10935
Olinan, R. M. (2017). Dari Motivasi Belajar Siswa (Effect of Student Teams Achievement Division on Learning Results Reviewed From Student Learning Motivation ). Natural : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 4(2).
Putri, G. F. (2018). Pengaruh Media Pop-Up Card terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Penggolongan Hewan berdasarkan Jenis Makanannya. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1).
Putri, P. E. C. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas Iv Sd Gugus Letda Made Putra. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10653
Rusman. (2016). Model – Model Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.
Sari, M., & T. (2017). Improving Student Learning Outcomes In Subject IPS Using Model Numbered Heads Together On Grade IV In Elementary School. International Conference on Global Education V “Global Education, Common Wealth, and Cultural Diversity, 10(11).
Sari, N. P. I. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Stad Berbantuan Mind Map Terhadap Hasil Belajar Ipa Dan Self Efficacy Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 229–236. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.15607
Savitri, I. A. P. G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas V Sd Gugus I Gusti Ngurah Rai Tahun Pelajaran 2016/2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10620
Suarbawa, I. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division untuk meningkatkan Hasil Belajar. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 1(1). https://doi.org/10.30596/liabilities.v1i1.2027
Sudana, I. P. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Sulthon. (2016). Pembelajaran Ipa Yang Efektif Dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (Mi). Elementary, 4(1).
Sumarta, I. G. B. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Mind Map Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Smk. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran PPs, 1(1).
Swadarma. (2013). Penerapan Mind Mapping Dalam Kurikulum Pembelajaran. PT Gramedia.
Syahrun dan Salim. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Citapustaka Media.
Tohari, E. R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division) Melalui Permainan Tulis Kata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jenis-Jenis Usaha Ekonomi. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division) Melalui Permainan Tulis Kata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jenis-Jenis Usaha Ekonomi, 1(1), 271–280. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3023
Wulandari, A. S., Suardana, I. N., & Devi, N. L. P. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Siswa Smp Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(1), 47. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i1.17222
Yanti, N. L. M. S. M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis Educative Games Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Ipa Kelas IV Di Gugus IV Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 90–99. https://doi.org/10.23887/JIPP.V1I2.11967
Yudiasa, I. K. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Stad Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i3.8646
Yuniarti, D. (2018). Pengaruh Model Student Teams Achievement Divisions ( STAD ) Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus III Kuta Utara Badung Tahun Ajaran 2017 / 2018. Mimbar PGSD Undiksha, 6(1).
Yupriyanti, N. L. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus 1 Manggis Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem Tahun Ajaran 2014/2015. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.4825
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)