Model Experiential Learning Berbantuan Video Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27314Keywords:
Experiential Learning, Video, Kompetensi Pengetahuan IPAAbstract
Masalah yang menjadi dasar dilaksanakannya penelitian ini adalah sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam mengkonstruksi pengetahuan awal, siswa juga mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran yang bersifat abstrak dan kompleks sehingga berdampak pada kompetensi pengetahuan IPA siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model experiential learning berbantuan video dan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu menggunakan posttest-only no-treatment control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 203 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling. Sampel yang diperoleh yaitu kelompok eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelompok kontrol sebanyak 32 siswa. Data hasil post test kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan menggunakan instrumen berupa tes objektif pilihan ganda biasa sebanyak 32 butir tes yang telah divalidasi. Analisis data kompetensi pengetahuan IPA menggunakan statistika inferensial. Rata-rata nilai post test kelompok eksperimen 80,067, dikategorikan baik pada PAP skala lima dan kelompok kontrol 72,375, dikategorikan cukup pada PAP skala lima. Rata-rata kelompok eksperimen lebih dari kelompok kontrol. Hasil analisis data menyatakan thitung = 9,675 > ttabel = 2,000 pada taraf signifikan 5% dengan dk=60 maka Ho ditolak, yang berarti bahwa terdapat perbedaan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model experiential learning berbantuan video dan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V. Implikasi penelitian ini secara umum yaitu model experiential learning berbantuan video ini dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan IPA siswa.
References
Ambara, M., Adiarta, A., & Indrawan, G. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik Kelas X Titl Di Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(1), 31–38. https://doi.org/10.23887/jjpte.v7i1.20218
Aprilia, S. (2015). Penerapan Pembelajaran Experiential Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Premiere Educandum, 5(1), 20–33. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/4463/4118
Ernawati, F., Hendracipta, N., & Nurhasanah, A. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Ipa Sekolah Dasar Melalui Penggunaan Pendekatan Guided Discovery Dan Pendekatan Ctl (Contextual Teaching and Learning). Jpsd, 2(2), 205–214. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/470726
Fatmawati, E., Karmin, & Sulistiyawati, R. S. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar SIswa. Jurnal Pendidikan, 12(1), 24–31. http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala/article/view/959
Hadinata, L. W., Utaya, S., & Setyosari, P. (2017). Pengaruh Pembelajaran Student Team Achievement Division Dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas Iv Sd. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 979–985. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9693
Hariri, C. A., & Yayuk, E. (2018). Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya Siswa Kelas 5 SD. Scholaria, 8(1), 1–15. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/1013
Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230
Nuriyah, R., Yuliati, L., & Supriana, E. (2018). Eksplorasi Penguasaan Konsep Menggunakan Experiential Learning pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan, 3(10), 1270–1277. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i10.11608
Purwandari, N. A., Suardika, I. W. R., & Putra, I. (2014). Model Experiential Learning Bernuansa VAK ( Visual , Auditori , Kinestetik ) Berpengaruh Terhadap Hasil. Mimbar PGSD, 2(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3007
Puspa, M. A., Gobel, C. Y., & Djafar, A. (2019). Aplikasi Pembelajaran Ipa Untuk Kelas Viii Di Sekolah Smp Negeri 1 Pulubala Kabupaten Gorontalo Berbasis Android. Jurnal Informatika Upgris, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.26877/jiu.v5i1.2624
Raharjo, W. T., & Kristin, F. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Make a Match Pada Kelas 4 Sd. Satya Widya, 35(2), 168–175. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p168-175
Rizwan. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Belajar IPA melalui Pembelajaran Konstektual. Jurnal Pendidikan, 2(1), 11–20. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29210/12016227
Sagitarini, N. M. D., Ardana, I. K., & Asri, I. G. A. A. S. (2020). Model Experiential Learning Berbantuan Media Konkret Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Jipp, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v4i2.26432
Sugianto, P. A. W. (2019). Penerapan Model pembelajaran VPS dengan Bantuan Modul Elektronik Terhadap Motivasi Belajar dan Kempuan Berpikir Kreatif di SMA Negeri 8 PekanBaru 2017. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Suryani, Rudyatmi, E., & Pribadi, T. A. (2016). Pengaruh Experiential Learning Kolb Melalui Kegiatan Praktikum Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Journal of Biology Education, 5(2), 198–206. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/4463/4118
Taung, R., & Tangkas, I. M. (2014). Penerapan Experiential Learning dalam Pembelajaran IPA pada Materi Ciri Khusus Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN Inpres Mandok. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2(2), 1–11. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2817
Viviantini, & Amram Rede, S. S. (2015). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas Vi SDN 6 Kayumalue Ngapa. Jurnal Sains Dan Teknologi Tadulako, 4(1), 66–71. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JSTT/article/download/6930/5569
Zuhryzal, A., & Fatimah, M. (2019). Keefektifan Model Experiential Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa. Indonesian Journal of Conservation, 3(1), 99–110. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijc/article/view/3085
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)