Model Experiential Learning Berbantuan Video Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • Ni Luh Intan Suryantini Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Ardana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27314

Keywords:

Experiential Learning, Video, Kompetensi Pengetahuan IPA

Abstract

Masalah yang menjadi dasar dilaksanakannya penelitian ini adalah sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam mengkonstruksi pengetahuan awal, siswa juga mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran yang bersifat abstrak dan kompleks sehingga berdampak pada kompetensi pengetahuan IPA siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model experiential learning berbantuan video dan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu menggunakan posttest-only no-treatment control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 203 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling. Sampel yang diperoleh yaitu kelompok eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelompok kontrol sebanyak 32 siswa. Data hasil post test kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan menggunakan instrumen berupa tes objektif pilihan ganda biasa sebanyak 32 butir tes yang telah divalidasi. Analisis data kompetensi pengetahuan IPA menggunakan statistika inferensial. Rata-rata nilai post test kelompok eksperimen 80,067, dikategorikan baik pada PAP skala lima dan kelompok kontrol 72,375, dikategorikan cukup pada PAP skala lima. Rata-rata kelompok eksperimen lebih dari kelompok kontrol. Hasil analisis data menyatakan thitung = 9,675 > ttabel = 2,000 pada taraf signifikan 5% dengan dk=60 maka Ho ditolak, yang berarti bahwa terdapat perbedaan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model experiential learning berbantuan video dan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V. Implikasi penelitian ini secara umum yaitu model experiential learning berbantuan video ini dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan IPA siswa.

Author Biographies

Ni Luh Intan Suryantini, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Ketut Ardana, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Ambara, M., Adiarta, A., & Indrawan, G. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik Kelas X Titl Di Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(1), 31–38. https://doi.org/10.23887/jjpte.v7i1.20218

Aprilia, S. (2015). Penerapan Pembelajaran Experiential Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Premiere Educandum, 5(1), 20–33. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/4463/4118

Ernawati, F., Hendracipta, N., & Nurhasanah, A. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Ipa Sekolah Dasar Melalui Penggunaan Pendekatan Guided Discovery Dan Pendekatan Ctl (Contextual Teaching and Learning). Jpsd, 2(2), 205–214. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/470726

Fatmawati, E., Karmin, & Sulistiyawati, R. S. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar SIswa. Jurnal Pendidikan, 12(1), 24–31. http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala/article/view/959

Hadinata, L. W., Utaya, S., & Setyosari, P. (2017). Pengaruh Pembelajaran Student Team Achievement Division Dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas Iv Sd. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 979–985. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9693

Hariri, C. A., & Yayuk, E. (2018). Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya Siswa Kelas 5 SD. Scholaria, 8(1), 1–15. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/1013

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230

Nuriyah, R., Yuliati, L., & Supriana, E. (2018). Eksplorasi Penguasaan Konsep Menggunakan Experiential Learning pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan, 3(10), 1270–1277. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i10.11608

Purwandari, N. A., Suardika, I. W. R., & Putra, I. (2014). Model Experiential Learning Bernuansa VAK ( Visual , Auditori , Kinestetik ) Berpengaruh Terhadap Hasil. Mimbar PGSD, 2(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3007

Puspa, M. A., Gobel, C. Y., & Djafar, A. (2019). Aplikasi Pembelajaran Ipa Untuk Kelas Viii Di Sekolah Smp Negeri 1 Pulubala Kabupaten Gorontalo Berbasis Android. Jurnal Informatika Upgris, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.26877/jiu.v5i1.2624

Raharjo, W. T., & Kristin, F. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Make a Match Pada Kelas 4 Sd. Satya Widya, 35(2), 168–175. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p168-175

Rizwan. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Belajar IPA melalui Pembelajaran Konstektual. Jurnal Pendidikan, 2(1), 11–20. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29210/12016227

Sagitarini, N. M. D., Ardana, I. K., & Asri, I. G. A. A. S. (2020). Model Experiential Learning Berbantuan Media Konkret Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Jipp, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v4i2.26432

Sugianto, P. A. W. (2019). Penerapan Model pembelajaran VPS dengan Bantuan Modul Elektronik Terhadap Motivasi Belajar dan Kempuan Berpikir Kreatif di SMA Negeri 8 PekanBaru 2017. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Suryani, Rudyatmi, E., & Pribadi, T. A. (2016). Pengaruh Experiential Learning Kolb Melalui Kegiatan Praktikum Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Journal of Biology Education, 5(2), 198–206. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/4463/4118

Taung, R., & Tangkas, I. M. (2014). Penerapan Experiential Learning dalam Pembelajaran IPA pada Materi Ciri Khusus Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN Inpres Mandok. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2(2), 1–11. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2817

Viviantini, & Amram Rede, S. S. (2015). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas Vi SDN 6 Kayumalue Ngapa. Jurnal Sains Dan Teknologi Tadulako, 4(1), 66–71. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JSTT/article/download/6930/5569

Zuhryzal, A., & Fatimah, M. (2019). Keefektifan Model Experiential Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa. Indonesian Journal of Conservation, 3(1), 99–110. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijc/article/view/3085

Downloads

Published

2020-07-23

How to Cite

Suryantini, N. L. I., & Ardana, I. K. (2020). Model Experiential Learning Berbantuan Video Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 329–337. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27314

Issue

Section

Articles