PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NHT BERBANTUAN MEDIA GAMBAR MENINGKATKAN PENGUASAAN KOMPETENSI IPS

Authors

  • Ni Made Dwicahyani Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Wiarta Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Ketut Ardana Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17326

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan penguasaan kompetensi pengetahuan  IPS melalui  penerapan model pembelajaran NHT berbantuan media gambar pada siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SDN 2 Pedungan yang berjumlah 46 siswa, terdiri dari 21 orang putra dan 25 orang putri. Data penguasaan kompetensi pengetahuan IPS dikumpulkan dengan metode tes. Data dianalisis dengan metode analisis statistik deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif. Untuk penguasaan kompetensi pengetahuan IPS maka diberikan tindakan dengan menggunakan penerapan model pembelajaran NHT berbantuan media gambar. Pada siklus I didapatkan persentase rata-rata penguasaan kompetensi pengetahuan IPS sebesar 75,65% dengan kategori B dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 43,47% dengan kategori C. Pada siklus II persentase rata-rata penguasaan kompetensi pengetahuan IPS mengalami peningkatan yaitu 85,80% dengan kategori B dan ketuntasan klasikal sebesar 84,78% dengan kategori B. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran NHT berbantuan media gambar dapat meningkatkan penguasaan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SDN 2 Pedungan.

 

            Kata Kunci : NHT, media gambar,  Pembelajaran Saintifik, Kompetensi Pengetahuan IPS

References

Agung, A. A Gede. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Astrawan, I Gede Budi.2012.”Penerapan Model Kooperatif Tipe NHT Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD N 3 Tonggolobibi. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 4ISSN 2354-614X

Asyhar. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta : Komplek Megamall

Monawati, M. Yamin. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Lesson Study Pada Penjumlahan Pecahan Di Kelas IV Sdn Lamsayeun. JURNAL PESONA DASAR Universitas Syiah Kuala. Vol. 3 No.4, Oktober.

Mutia Agisni Mulyana, Nurdinah Hanifah, Asep Kurnia Jayadinata. 2016. Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Sosial Budaya. Jurnal Pena Ilmiah UPI. Vol 1 No 1.

Nursyamsi SY, Aloysius Duran Corebima, Herawati Susilo. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Muara Badak. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol 1 No 10 Edisi Oktober.

Pukjiwati. 2017. Upaya Meningkatkan Aktivitas Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Kelas IV SDN Sumur 03. JURNAL REFLEKSI EDUKATIKA Universitas Muria Kudus. Volume 7 (2).

Rika Fima Yenni. 2016. Penggunaan Metode Numbered Head Together (NHT) Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. Vol 9 No 2.

Sanjaya,Wina.2013. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Prenada Media Group.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Siti Nuryanti. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas IV Sd Negeri 3 Tondo. Jurnal Diknas. Volume 2 No 2.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryanto. (2009). Evaluasi Pembelajaran Di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Widodo, Lusi Widayanti. 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Viia Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo. Jurnal Fisika Indonesia No: 49, Vol XVII, Edisi April.

Downloads

Published

2019-04-15

How to Cite

Dwicahyani, N. M., Wiarta, I. W., & Ardana, I. K. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NHT BERBANTUAN MEDIA GAMBAR MENINGKATKAN PENGUASAAN KOMPETENSI IPS. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 102–110. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17326

Issue

Section

Articles