Efikasi Diri, Sikap dan Kecemasan Matematika Berpengaruh Secara Langsung dan Tidak Langsung Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.26812Keywords:
Efikasi diri, sikap, kecemasan, kompetensiAbstract
Kesulitan menguasai matematika disebabkan karena faktor intern seperti efikasi diri dan sikap. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis secara empiris mengenai arah dan jalur pengaruh efikasi diri, sikap pada matematika dan kecemasan matematika terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V SD. Populasi penelitian sebanyak 315 orang siswa dengan teknik cluster random sampling digunakan untuk memperoleh anggota sampel sebanyak 198 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan teknik analisis data menggunakan teknik analisis jalur. Pengumpulan data melalui kuesioner dan pencatatan dokumen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh efikasi diri dan sikap pada matematika berpengaruh secara langsung yang positif terhadap kompetensi pengetahuan matematika masing – masing sebesar 19,6% dan 18,6%, kecemasan matematika berpengaruh secara langsung yang negatif terhadap kompetensi pengetahuan matematika sebesar 18%, efikasi diri dan sikap pada matematika berpengaruh secara tidak langsung melalui kecemasan matematika terhadap kompetensi pengetahuan matematika masing – masing sebesar 7,1% dan 6,5%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara langsung maupun secara tidak langsung antara efikasi diri, sikap pada matematika dan kecemasan matematika terhadap kompetensi pengetahuan matematika yang berimplikasi pada peningkatan penguasaan kompetensi pengetahuan matematika melalui efikasi diri, sikap dan kecemasan matematika.
References
Akin, A., & Kurbanoglu, I. N. (2011). The Relationships Between Math Anxiety, Math Attitudes, and Self-Efficacy: A Structural Equation Model. Studia Psychologica, 53(3), 263–274.
Amelia, dan I. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Bumi Aksara.
Ardiansyah, A. (2018). Penguasaan Konsep Matematika Ditinjau Dari Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar. Alfarisi, 1(1), 1–8. Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/alfarisi/article/view/2886
Ariana, K. A., Gading, I K., & Tastra, I. D. K. (2018). Pengaruh Model Think Talk Write Dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Journal Mimbar Pgsd Undiksha, 6. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i1.13114
Ariana, K. A., & dkk. (2018). Pengaruh Think Talk Write dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD, 6(1), 73–84. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i1.13114
Aryani, T. D., & Hasyim, M. (2018). Pengaruh Kecemasan Matematis, Problem Stres Matematika dan Self-Regulated Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Aksioma, 7(2), 243–252. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1422
Chandra, T., & Royanto, L. R. M. (2019). Pengaruh Math Self-Efficacy dan Math Anxiety terhadap Performansi Matematika pada Siswa Kelas V SD. Analitika, 11(2), 126. https://doi.org/10.31289/analitika.v11i2.2878
Chityadewi, K. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Journal of Education Technology, 3(3), 196–202. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v3i3.21746
Datta, D. (2018). Transforming Math Anxiety to Math Agility. New York: Page Publishing, INC.
Fatqurohman. (2010). Pemahaman Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 127–133. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i2.847
Fitrianti, I., Handayani, & Suyitno. (2020). Keefektifan Media Magic Box Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Sederhana. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 323–329. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26677
Gazali, M. (2017). Pengaruh Efikasi Diri dan Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Penilaian Pendidikan, 2(2), 274–289. https://doi.org/10.22236/JPPP
Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2013). Efikasi Diri dan Hasil Belajar Matematika : Meta Analisis. Buletin Psikologi, 21(1), 20–30. https://doi.org/10.22146/bpsi.9843
Gufron, M. N., & Risnawati, R. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Guntara, I. W., Murda, I. N., & Rati, N. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SD Negeri Kalibukbuk. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.1950
Haciomeroglu, G. (2017). Reciprocal Relationships between Mathematics Anxiety and Attitude towards Mathematics in Elementary Students. Acta Didactica Napocensia, 10(11), 59–68. https://doi.org/10.24193/adn.10.3.6
Herdiman. (2017). Penerapan pendekaran open-ended untuk meningkatkan penalaran matematika siswa SMP. JES-MAT, 3(2), 195–204. https://doi.org/https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2Fdx.doi.org%2F10.25134%2Fjes-mat.v3i2.691
Hidayah, M. (2015). Pengaruh Konsep Diri dan Kecemasan Belajar terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri Di Jakarta Barat. Jurnal Formatif, 5(3), 268–278. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.652
Ibrahim, & Fachrurrozie. (2016). Pengaruh Efikasi Diri, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, Dan Bimbingan Karir Terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi. Economic Education Analysis Journal, 5(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/13571
Jaedun, & Nuryadin. (2017). Dampak Pengiring Pembelajaran Pendekatan Saintifik untuk Pengembangan Sikap Spiritual dan Sosial Siswa. Cakrawala Pendidikan, 5(1), 44–56. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/12792/pdf
Kusaeri. (2018). Penilaian Sikap dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.33474/jpm.v5i2.1588
Kusaeri. (2019). Penilaian Sikap dalam Pembelajaran Matematika. Pendidikan Matematika, 5(2), 61–70. https://doi.org/10.33474/jpm.v5i2.1588
Leonard, & U.S, S. (2010). Pengaruh Konsep Diri, Sikap Siswa pada Matematika, dan Kecemasan Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. Cakrawala Pendidikan, 29(3), 341–352. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.362
Lestari, & Yulianto. (2017). Pengaruh Efikasi Diri, Lingkungan Sosial, Akses Kepada Modal, Dan Kepemilikan Jaringan Sosial Terhadap Sikap Kewirausahaan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2013 Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 752–762. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/20285.
Lestariningsih, & Sholichah, B. (2017). Pengaruh Sikap Siswa pada Matematika terhadap Hasil Belajar Materi Persamaan Kuadrat. Pendidikan Matematika RAFA, 3(2), 207–213. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i2.1742
Mahmudi, M. H., & Suroso. (2014). Efikasi Diri , Dukungan Sosial Dan Penyesuaian Diri Dalam Belajar. Persona, 3(02), 183–194. https://doi.org/10.30996/persona.v3i02.382
Mammarella, I. C., & dkk. (2019). Mathematics Anxiety:What is Know and What is Still Missing. New York: Routledge.
Mawardi. (2019). Rambu-rambu Penyusunan Skala Sikap Model Likert untuk Mengukur Sikap Siswa. Scholaria, 9(3), 292–304. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p292-304
Mega, Pudjawan, & Margunayasa. (2015). Analisis sikap sosial siswa kelas V pada pembelajaran dengan kurikulum 2013. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5631
Misyanto, M. (2016). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika. Anterior Jurnal, 15(2), 144–150. https://doi.org/10.33084/anterior.v15i2.49
Moma. (2017). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Melalui Metode Diskusi. Cakrawala Pendidikan, 36(1), 130–139. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/10402/pdf
Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2017). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada Siswa Kelas Ix Di Mts Al Hikmah Brebes. Hisbah, 13(2), 51–68. https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-04
Purnomo, Y. (2016). Pengaruh Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 2(1), 93–105. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1897
Rahma, A. N. (2011). Hubungan Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja di Panti Asuhan. Psikoislamika, 8(2), 231–246. https://doi.org/10.18860/psi.v0i0.1551
Retnawati, H. (2016). Validitas Rehabilitas dan Karakteristik Butir. Yogyakarta: Parama Publishing.
Roebianto, A. (2020). The Effects of Student’s Attitudes and Self-Efficacy on Science Achievement Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.15408/jp3i.v9i1.14490
Rustika, I. M. (2016). Efikasi Diri: Tinjauan Teori Albert Bandura. Buletin Psikologi, 20(1–2), 18–25. https://doi.org/10.22146/bpsi.11945
Saleh, F., & Dkk. (2018). Hubungan Tingkat Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ujian Akhir Semester dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 2 Kendari. Pendidikan Matematika, 6(1), 29–42. https://doi.org/10.36709/jppm.v6i1.7392
Santoso, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1).
Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168
Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Skagerlund, K., Ostergen, R., Vastfjall, D., & Traff, U. (2019). How does mathematics anxiety impair mathematical abilities ? Investigating the link between math anxiety , working memory , and number processing. PLoS ONE, 14(1), 1–17. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0211283
Sukendra, I. K. (2018). Hubungan Antara Tingkat Kecemasan dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Emasains:Jurnal Edukasi MAtematika Dan Sains, VII(1), 91–98. https://doi.org/10.5281/zenodo.1407749
Sumaryati, A. S., & Hasanah, D. U. (2015). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 11 Yogyakarta. Derivat, 2(2), 56–64.
Supardi. (2010). Pegaruh Konsep Diri, Sikap Siswa Pada Matematika Dan Kecemasan Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Cakrawala Pendidikan, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.362
Suryani, & Bantas. (2020). Hubungan Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Berbasis E-Learning pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores. Jurnal Kependidikan, 6(2), 275–283. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2609
Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Vivin. (2019). Kecemasan dan motivasi belajar. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.30996/persona.v8i2.2276.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)