Efikasi Diri, Sikap dan Kecemasan Matematika Berpengaruh Secara Langsung dan Tidak Langsung Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika

Authors

  • Ni Nyoman Ayu Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.26812

Keywords:

Efikasi diri, sikap, kecemasan, kompetensi

Abstract

Kesulitan menguasai matematika disebabkan karena faktor intern seperti efikasi diri dan sikap. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis secara empiris mengenai arah dan jalur pengaruh efikasi diri, sikap pada matematika dan kecemasan matematika terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V SD. Populasi penelitian sebanyak 315 orang siswa dengan teknik cluster random sampling digunakan untuk memperoleh anggota sampel sebanyak 198 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan teknik analisis data menggunakan teknik analisis jalur. Pengumpulan data melalui kuesioner dan pencatatan dokumen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh efikasi diri dan sikap pada matematika berpengaruh secara langsung yang positif terhadap kompetensi pengetahuan matematika masing – masing sebesar 19,6% dan 18,6%, kecemasan matematika berpengaruh secara langsung yang negatif terhadap kompetensi pengetahuan matematika sebesar 18%, efikasi diri dan sikap pada matematika berpengaruh secara tidak langsung melalui kecemasan matematika terhadap kompetensi pengetahuan matematika masing – masing sebesar 7,1% dan 6,5%.  Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara langsung maupun secara tidak langsung antara efikasi diri, sikap pada matematika dan kecemasan matematika terhadap kompetensi pengetahuan matematika yang berimplikasi pada peningkatan penguasaan kompetensi pengetahuan matematika melalui efikasi diri, sikap dan kecemasan matematika.

Author Biographies

Ni Nyoman Ayu Wulandari, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Gusti Ngurah Sastra Agustika, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Akin, A., & Kurbanoglu, I. N. (2011). The Relationships Between Math Anxiety, Math Attitudes, and Self-Efficacy: A Structural Equation Model. Studia Psychologica, 53(3), 263–274.

Amelia, dan I. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Bumi Aksara.

Ardiansyah, A. (2018). Penguasaan Konsep Matematika Ditinjau Dari Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar. Alfarisi, 1(1), 1–8. Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/alfarisi/article/view/2886

Ariana, K. A., Gading, I K., & Tastra, I. D. K. (2018). Pengaruh Model Think Talk Write Dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Journal Mimbar Pgsd Undiksha, 6. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i1.13114

Ariana, K. A., & dkk. (2018). Pengaruh Think Talk Write dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD, 6(1), 73–84. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i1.13114

Aryani, T. D., & Hasyim, M. (2018). Pengaruh Kecemasan Matematis, Problem Stres Matematika dan Self-Regulated Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Aksioma, 7(2), 243–252. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1422

Chandra, T., & Royanto, L. R. M. (2019). Pengaruh Math Self-Efficacy dan Math Anxiety terhadap Performansi Matematika pada Siswa Kelas V SD. Analitika, 11(2), 126. https://doi.org/10.31289/analitika.v11i2.2878

Chityadewi, K. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Journal of Education Technology, 3(3), 196–202. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v3i3.21746

Datta, D. (2018). Transforming Math Anxiety to Math Agility. New York: Page Publishing, INC.

Fatqurohman. (2010). Pemahaman Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 127–133. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i2.847

Fitrianti, I., Handayani, & Suyitno. (2020). Keefektifan Media Magic Box Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Sederhana. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 323–329. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26677

Gazali, M. (2017). Pengaruh Efikasi Diri dan Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Penilaian Pendidikan, 2(2), 274–289. https://doi.org/10.22236/JPPP

Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2013). Efikasi Diri dan Hasil Belajar Matematika : Meta Analisis. Buletin Psikologi, 21(1), 20–30. https://doi.org/10.22146/bpsi.9843

Gufron, M. N., & Risnawati, R. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Guntara, I. W., Murda, I. N., & Rati, N. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SD Negeri Kalibukbuk. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.1950

Haciomeroglu, G. (2017). Reciprocal Relationships between Mathematics Anxiety and Attitude towards Mathematics in Elementary Students. Acta Didactica Napocensia, 10(11), 59–68. https://doi.org/10.24193/adn.10.3.6

Herdiman. (2017). Penerapan pendekaran open-ended untuk meningkatkan penalaran matematika siswa SMP. JES-MAT, 3(2), 195–204. https://doi.org/https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2Fdx.doi.org%2F10.25134%2Fjes-mat.v3i2.691

Hidayah, M. (2015). Pengaruh Konsep Diri dan Kecemasan Belajar terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri Di Jakarta Barat. Jurnal Formatif, 5(3), 268–278. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.652

Ibrahim, & Fachrurrozie. (2016). Pengaruh Efikasi Diri, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, Dan Bimbingan Karir Terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi. Economic Education Analysis Journal, 5(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/13571

Jaedun, & Nuryadin. (2017). Dampak Pengiring Pembelajaran Pendekatan Saintifik untuk Pengembangan Sikap Spiritual dan Sosial Siswa. Cakrawala Pendidikan, 5(1), 44–56. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/12792/pdf

Kusaeri. (2018). Penilaian Sikap dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.33474/jpm.v5i2.1588

Kusaeri. (2019). Penilaian Sikap dalam Pembelajaran Matematika. Pendidikan Matematika, 5(2), 61–70. https://doi.org/10.33474/jpm.v5i2.1588

Leonard, & U.S, S. (2010). Pengaruh Konsep Diri, Sikap Siswa pada Matematika, dan Kecemasan Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. Cakrawala Pendidikan, 29(3), 341–352. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.362

Lestari, & Yulianto. (2017). Pengaruh Efikasi Diri, Lingkungan Sosial, Akses Kepada Modal, Dan Kepemilikan Jaringan Sosial Terhadap Sikap Kewirausahaan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2013 Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 752–762. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/20285.

Lestariningsih, & Sholichah, B. (2017). Pengaruh Sikap Siswa pada Matematika terhadap Hasil Belajar Materi Persamaan Kuadrat. Pendidikan Matematika RAFA, 3(2), 207–213. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i2.1742

Mahmudi, M. H., & Suroso. (2014). Efikasi Diri , Dukungan Sosial Dan Penyesuaian Diri Dalam Belajar. Persona, 3(02), 183–194. https://doi.org/10.30996/persona.v3i02.382

Mammarella, I. C., & dkk. (2019). Mathematics Anxiety:What is Know and What is Still Missing. New York: Routledge.

Mawardi. (2019). Rambu-rambu Penyusunan Skala Sikap Model Likert untuk Mengukur Sikap Siswa. Scholaria, 9(3), 292–304. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p292-304

Mega, Pudjawan, & Margunayasa. (2015). Analisis sikap sosial siswa kelas V pada pembelajaran dengan kurikulum 2013. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5631

Misyanto, M. (2016). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika. Anterior Jurnal, 15(2), 144–150. https://doi.org/10.33084/anterior.v15i2.49

Moma. (2017). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Melalui Metode Diskusi. Cakrawala Pendidikan, 36(1), 130–139. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/10402/pdf

Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2017). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada Siswa Kelas Ix Di Mts Al Hikmah Brebes. Hisbah, 13(2), 51–68. https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-04

Purnomo, Y. (2016). Pengaruh Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 2(1), 93–105. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1897

Rahma, A. N. (2011). Hubungan Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja di Panti Asuhan. Psikoislamika, 8(2), 231–246. https://doi.org/10.18860/psi.v0i0.1551

Retnawati, H. (2016). Validitas Rehabilitas dan Karakteristik Butir. Yogyakarta: Parama Publishing.

Roebianto, A. (2020). The Effects of Student’s Attitudes and Self-Efficacy on Science Achievement Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.15408/jp3i.v9i1.14490

Rustika, I. M. (2016). Efikasi Diri: Tinjauan Teori Albert Bandura. Buletin Psikologi, 20(1–2), 18–25. https://doi.org/10.22146/bpsi.11945

Saleh, F., & Dkk. (2018). Hubungan Tingkat Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ujian Akhir Semester dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 2 Kendari. Pendidikan Matematika, 6(1), 29–42. https://doi.org/10.36709/jppm.v6i1.7392

Santoso, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1).

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Skagerlund, K., Ostergen, R., Vastfjall, D., & Traff, U. (2019). How does mathematics anxiety impair mathematical abilities ? Investigating the link between math anxiety , working memory , and number processing. PLoS ONE, 14(1), 1–17. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0211283

Sukendra, I. K. (2018). Hubungan Antara Tingkat Kecemasan dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Emasains:Jurnal Edukasi MAtematika Dan Sains, VII(1), 91–98. https://doi.org/10.5281/zenodo.1407749

Sumaryati, A. S., & Hasanah, D. U. (2015). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 11 Yogyakarta. Derivat, 2(2), 56–64.

Supardi. (2010). Pegaruh Konsep Diri, Sikap Siswa Pada Matematika Dan Kecemasan Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Cakrawala Pendidikan, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.362

Suryani, & Bantas. (2020). Hubungan Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Berbasis E-Learning pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores. Jurnal Kependidikan, 6(2), 275–283. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2609

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Vivin. (2019). Kecemasan dan motivasi belajar. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.30996/persona.v8i2.2276.

Downloads

Published

2020-07-15

How to Cite

Wulandari, N. N. A., & Agustika, G. N. S. (2020). Efikasi Diri, Sikap dan Kecemasan Matematika Berpengaruh Secara Langsung dan Tidak Langsung Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 290–301. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.26812

Issue

Section

Articles