Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS

Authors

  • Luh Arya Kurnia Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.B. Gede Surya Abadi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27272

Keywords:

Inkuiri, Mind Mapping, Kompetensi Pengetahuan

Abstract

Rendahnya kompetensi pengetahuan IPS siswa yang disebabkan oleh kurangnya motivasi siswa dalam proses pembelajaran, penggunaan media sebagai pendukung pembelajaran masih kurang diterapkan, kurangnya partisipasi siswa untuk berdiskusi dalam kelompok sehingga menyebabkan timbulnya rasa bosan dalam menerima pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Inkuiri berbantuan Mind Mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain “none equivalent post test only control group design”. Populasi pada penelitian ini adalah kelas IV SD sebanyak 104 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan IPS dilakukan dengan menggunakan instrument tes objektif atau tes pilihan ganda biasa. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan analisis statistic uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t yang diperoleh, T-hitung = 1.053 > T-tabel 0.679. selain itu, nilai rata-rata kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri berbantuan mind mapping  = 82,77 >  = 72,89 kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri berbantuan mind mapping berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPS kelas IV SD yang disebabkan karena pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantuan mind mapping memiliki timbal balik yang positif terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa melalui berbagai tahapan dalam proses pembelajaran untuk melatih peserta didik untuk mempermudah pemahaman peserta didik. 

Author Biographies

Luh Arya Kurnia Dewi, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Made Putra, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I.B. Gede Surya Abadi, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Agung, A.A. Gede 2013. Buku Ajar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Undiksha.

Agung, A.A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (2nd ed). Jakarta: Bumi Aksara

Cahyono, Tri. 2015. Statistik Uji Normalitas. Purwoketo: Yayasan Sanitarian Banyumas (Yasamas).

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Dantes, Nyoman. 2014. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Yogyakarta: ANDI

Daryanto, D. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Ekayanti, N.L.P 2016. Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa KelasIV Gugus Letda Made Putra Tahun Pelajaran 2016/2017.

Huda, M. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman, M. P. 2017. Belajar dan Pembelajaran (1st ed.). Jakarta: Kencana.

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan (4th ed.). Jakarta: Kencana.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. (R. KR, Ed.) (1st ed.). Depok, Sleman, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudaryono, D. 2017. Metodologi Penelitian (1st ed.). Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Sukardi, P. . 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Administrasi. Jakarta: Alfabeta: Bandung

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Winarni, Endang Setyo dan Sri Harmini. 2016. Matematika untuk PGSD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2020-07-22

How to Cite

Dewi, L. A. K., Putra, M., & Abadi, I. G. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 238–245. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27272

Issue

Section

Articles