Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27272Keywords:
Inkuiri, Mind Mapping, Kompetensi PengetahuanAbstract
Rendahnya kompetensi pengetahuan IPS siswa yang disebabkan oleh kurangnya motivasi siswa dalam proses pembelajaran, penggunaan media sebagai pendukung pembelajaran masih kurang diterapkan, kurangnya partisipasi siswa untuk berdiskusi dalam kelompok sehingga menyebabkan timbulnya rasa bosan dalam menerima pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Inkuiri berbantuan Mind Mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain “none equivalent post test only control group design”. Populasi pada penelitian ini adalah kelas IV SD sebanyak 104 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan IPS dilakukan dengan menggunakan instrument tes objektif atau tes pilihan ganda biasa. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan analisis statistic uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t yang diperoleh, T-hitung = 1.053 > T-tabel 0.679. selain itu, nilai rata-rata kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri berbantuan mind mapping = 82,77 > = 72,89 kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri berbantuan mind mapping berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPS kelas IV SD yang disebabkan karena pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantuan mind mapping memiliki timbal balik yang positif terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa melalui berbagai tahapan dalam proses pembelajaran untuk melatih peserta didik untuk mempermudah pemahaman peserta didik.
References
Agung, A.A. Gede 2013. Buku Ajar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Undiksha.
Agung, A.A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (2nd ed). Jakarta: Bumi Aksara
Cahyono, Tri. 2015. Statistik Uji Normalitas. Purwoketo: Yayasan Sanitarian Banyumas (Yasamas).
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Dantes, Nyoman. 2014. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Yogyakarta: ANDI
Daryanto, D. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Ekayanti, N.L.P 2016. Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa KelasIV Gugus Letda Made Putra Tahun Pelajaran 2016/2017.
Huda, M. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman, M. P. 2017. Belajar dan Pembelajaran (1st ed.). Jakarta: Kencana.
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan (4th ed.). Jakarta: Kencana.
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. (R. KR, Ed.) (1st ed.). Depok, Sleman, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sudaryono, D. 2017. Metodologi Penelitian (1st ed.). Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Sukardi, P. . 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: PT. Bumi Aksara.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Administrasi. Jakarta: Alfabeta: Bandung
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Winarni, Endang Setyo dan Sri Harmini. 2016. Matematika untuk PGSD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)