Pengaruh Active Debate Bermuatan Masalah Dilematis Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn

Authors

  • Luh Putu Indah Witari undiksha
  • Made Putra undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27290

Keywords:

Active Debate, Masalah Dilematis, PPKn

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa yang disebabkan karena siswa masih bergantung pada penjelasan yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran Active Debate bermuatan masalah dilematis terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas V SD. Jenis penelitian quasi eksperiment dengan desain Non Equivalen Control Group Design. Populasi penelitian ini berjumlah 265 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes objektif pilihan ganda biasa. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial, dengan uji-t. Pada analisis statistik deskriptif diperoleh rata-rata kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelompok eksperimen X̅ = 15,22 > X̅= 14,54 rata-rata kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelompok kontrol. Pada analisis statistik inferensial dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians.  Hasil analisis menggunakan uji-t diperoleh thitung = 3,133, pada taraf signifikansi 5% dan dk = 67 diperoleh ttabel = 1,996. Berdasarkan hasil analisis maka, H0 ditolak. Hal ini berarti terdapat perbedaan kompetensi pengetahuan PPKn antara siswa yang di belajarkan dengan active debate bermuatan masalah dilematis dan siswa yang dibelajarkan secara konvensional. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Active Debate bermuatan masalah dilematis terhadap kompetensi pengetahuan PPKn Kelas V SD Gugus Yos Sudarso Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Disarankan kepada peneliti lain untuk menjadikan penelitian ini sebagai rujukan.

Author Biographies

Luh Putu Indah Witari, undiksha

pgsd

Made Putra, undiksha

pgsd

References

Adiyani, & Susilaningsih. (2018). Hubungan Lingkugan Keluarga Dan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V. Joyful Learning Journal, 7(3). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj

Ardaya, D. A. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, I(I), 72–83. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i1.20527

Handini, O., & Soekirno, S. (2019). Intensitas Pembelajaran Tematik Integratif Melalui Pendekatan Saintifik Di Sd Kestalan Surakarta. Widya Wacana, 14(1). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Jaedun, & Nuryadin. (2017). Dampak Pengiring Pembelajaran Pendekatan Saintifik untuk Pengembangan Sikap Spiritual dan Sosial Siswa. Cakrawala Pendidikan, 5(1), 44–56. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/12792/pdf

Jalaludin, H. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Kebebasan Berganisasi dengan Metode Role Reversal Question pada SiswaKelas V SDN Sisik Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(1), 167–175.

Miskawati, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa’adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 45. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123

Ninoersy, & Akmal. (2020). Penerapan Pola Perkuliahan Muhadatsah Melalui Metode Debat Aktif Pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 20(2), 165 – 188. https://doi.org/https://doi.org/10.22373/jid.v20i2.5478.

Octaviyani, I., Kusumah, Y. S., & Hasanah, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Project-Based Learning Dengan Pendekatan Stem. Journal on Mathematics Education Research Universitas Pendidikan Indonesia, 1(1), 10–14. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/JMER/article/view/24569

Rediasih, Suwatra, & Putri. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Debate Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2). https://doi.org/https://ejournal.undiksha.ac.id

Shoimin. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Shoimin, A. (2018). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:AR-Ruzz Media.

Sihombing, L. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Pkn Siswa Kelas VII 4 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik Keliling Kelas Di SMP Negeri 21 Pekanbaru. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i1.1095

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Suryani, N. K., Renda, N. T., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berorientasi Tri Kaya Parisudha Terhadap Penguasaan Konsep Ipa Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Sd Di Gugus Vii Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal of Education Technology. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17962

Triana, Garminah, & Suartama. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Debat Aktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.6938

Widnyani, Dantes, & Tegeh. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap SikapSpiritual Siswa dengan Kovariabel Intensitas Hubungan Dalam Pola Asuh Keluarga. Mimbar PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5635

Wijayanto, Amirudin, & Utaya. (2017). Efektivitas Metode Debat Aktif Dan Strategi Penerapannya Dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i1.586

Wirasasmita, & Hendriawan. (2020). Analisis Efisiensi Kinerja Pendidik terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa Sekolah. Mimbar Pendidikan, 5(1), 75–90. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i1.24152

Wulandari, Sudatha, & Simamora. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459

Downloads

Published

2020-07-22

How to Cite

Witari, L. . P. I., & Putra, M. (2020). Pengaruh Active Debate Bermuatan Masalah Dilematis Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 302–308. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27290

Issue

Section

Articles