Instrumen Penilaian Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.33574Keywords:
Kemampuan Membaca permulaan, Instrumen, Validitas, Anak Usia DiniAbstract
Penggunaan instrumen penilaian yang belum teruji validitasnya dapat berdampak pada tingkat kemampuan membaca permulaan anak usia dini, sehingga diperlukan pengembangan instrumen yang yang teruji validitasnya dan mampu menstimulus kemampuan membaca permulaan anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas instrumen penilaian kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan RDR (Research, Development, Research. Subjek penelitian ini yaitu dua orang pakar sebagai responden, dan objek penelitian ini yaitu validitas instrumen penilaian kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode non-tes, dengan menggunakan instrumen berupa angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data statistik deskriptif kuantitatif. Penelitian ini memperoleh hasil pengembangan instrumen sebesar 0,88 dan berada pada kriteria validitas sangat tinggi. Simpulan penelitian ini adalah instrumen penilaian kemampuan membaca permulaan pada anak anak usia dini yang dikembangkan memiliki validitas yang sangat tinggi, sehingga layak untuk digunakan. Implikasi pelaksanaan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa instrumen penilaian kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini yang valid dan dapat digunakan didalam proses pembelajaran.
References
Adnan, Yamin, M., Aulia, M., & Kurniawati, R. (2019). Penggunaan Big Book Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 963–969. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i3.245.
Aisyah, S., Yarmi, G., Sumantri, M. S., & Iasha, V. (2020). Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pendekatan Whole Language di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 637–643. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.393.
Anggraeni, S. W., & Alpian, Y. (2019). Penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I sekolah dasar. Premiere Educandum, 9(2), 181–193. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5086.
Astuti, H. P., Nugroho, A. A. E., & Dewi, N. A. R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbasis Keanekaragaman Hayati Dalam Pembentukan Empati Anak Usia Dini. Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 12(1), 66–74. https://doi.org/10.15294/intuisi.v12i1.23573.
Aulina, C. N. (2012). Pengaruh Permainan Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 1(2), 131–144. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.36.
Dewi, A. C., Hapidin, H., & Akbar, Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Sains Fisik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 18–29. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136.
Fauziah, H. (2018). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan Siswa Kelas I MI. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 173–184. https://doi.org/10.32332/elementary.v4i2.1241.
Gaol, P. L., Khumaedi, M., & Masrukan, M. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Percaya Diri pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Journal of Educational Research and Evaluation, 6(1), 63–70. https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16209.
Gustiawati, R., Arief, D., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan dengan Menggunakan Cerita Fabel pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 355–360. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.339.
Hasanudin, C., & Asror, A. G. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Learning dengan Media Aplikasi Bamboomedia Bmgames Apps Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I MI Se-Kecamatan Kedungadem. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 6(2), 150–159. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.907.
Juniarta, A. T., & Winarno, M. . (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas XI Semester Gasal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(8), 1659–1664. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i8.6704.
Khairunnisak. (2015). Efektifitas Media Kartu Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 15(2), 136–155. https://doi.org/10.22373/jid.v15i2.577.
Kharisma, G. I., & Arvianto, F. (2019). Pengembangan Aplikasi Android Berbentuk Education Games Berbasis Budaya Lokal untuk Keterampilan Membaca Permulaan Bagi Siswa Kelas 1 SD/MI. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 203–213. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5234.
Komarudin, & Widyana, R. (2016). Efektivitas Metode Analisis Glass Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Berkesulitan Membaca Kelas III Sekolah Dasar. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 18(2), 178–190. https://doi.org/10.26486/psikologi.v18i2.381.
Kurniawan, A., Rusdi, M., & Marzal, J. (2018). Pengembangan Modul Pedoman Guru Dalam Mendesain Instrumen Penilaian Matematika Berbasis Pemecahan Masalah Matematika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3). https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1558.
Maharwati, N. K. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Paud Berbantuan Media Gambar Melalui Metode Bercerita. Journal of Education Technology, 2(1), 6. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13800.
Mudanta, K. A., Astawan, I. G., & Jayanta, I. N. L. (2020). Instrumen Penilaian Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 25(2), 101–109. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26611.
Nahadi, N., Firman, H., & Khilda, K. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Diri Dan Penilaian Teman-Sejawat Untuk Menilai Kinerja Siswa SMK Pada Praktikum Kimia. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia : Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 4(2). https://doi.org/10.36706/jppk.v4i2.8410.
Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2020). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah: Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 434–441. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372.
Pratiwi, C. P. (2020). Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.558.
Rachmawaty, M. (2017). Penigkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Dinding Kata (Word Wall). Jurnal Indria: Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal, 2(1). https://doi.org/10.24269/jin.v2n1.2017.pp28-44.
Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I Sdn Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650.
Ramadoni, W., Kusmintardjo, & Arifin, I. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Guru (Studi Multi Kasus Di Paud Islam Sabilillah Dan SDN Tanjungsari 1 Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, DanPengembangan, 1(8), 1500–1504. https://doi.org/10.17977/jp.v1i8.6620.
Rohaeni, E. (2014). Penerapan Metode Bermain Balok dalam Mengembagkan Nilai Kognitif Anak Usia Dini pada PAUD Nuansa Kota Bandung. EMPOWERMENT : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 3(2), 181–197. https://doi.org/10.22460/empowerment.v3i2p181-197.584.
Santosa, S. H., Dantes, N., Rasna, W., Antara, I. G. P., & Lama, K. (2016). Studi Eksperimentasi dan Penelusuran Keefektifan dan Efisiensi Metoda dalam Proses Belajar Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(4). https://doi.org/10.17977/jip.v2i4.2303.
Sukmasari, V. P., & Rosana, D. (2017). Pengembangan penilaian proyek pembelajaran IPA berbasis discovery learning untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 101–110. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.10468.
Utami, N. A., & Wangid, M. N. (2019). Investigasi Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II SD Di Kecamatan Sekarbela. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(1), 157–165. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n1i13.
Wulandari, N. Y. (2018). Uji Validasi Isi Modul Psikoedukasi Tutorial Membaca Permulaan Untuk Guru Sekolah Dasar. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 20(1), 42–50. https://doi.org/10.26486/psikologi.v20i1.632.
Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)