Penerapan Pembelajaran Daring Berbasis Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA

I Gede Agus Suantara, Putu Indah Prabawati

Abstract


Rendahnya hasil belajar siswa diakibatkan dengan penggunaan model pembelajaran konvensional yang menyebabkan rasa bosan dan serta siswa tidak aktif dalam kegiatan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran daring berbasis model Discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindak kelas. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas III, sebanyak 17 siswa. Data hasil penelitian menunjukkan pada pra siklus hasil belajar siswa 41% dengan nilai rata-rata 68,12. Pada siklus I hasil belajar siswa mencapai 59% dengan nilai rata-rata 72,65. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 88% dengan nilai rata-rata 80,41. Berdasarkan hasil penelitian ini penerapan model Discovery learning dalam pembelajaran daring dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SD.

References


Amyani, E. S., Ansori, I., & Irawati, S. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 15–20. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.15-20

Anwar, H., Jamaluddin, J., & A.W., J. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Model 5E Di SMP. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 142–151. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8385

Barus, I. W. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Bantuan Media Film Pendek Pada Siswa Kelas Ix.13 Smp Negeri 2 Singaraja. Journal of Education Action Research, 2(2), 142. https://doi.org/10.23887/jear.v2i2.12322

Darsana, D. (2019). Menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Penjaskes Kelas V Semester Satu Tahun Pelajaran 2018/2019 Di Sd Negeri 22 Ampenan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(2), 47. https://doi.org/10.36312/jime.v5i2.793

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367–375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Fauzyah, G. A. H., Maula, L. H., & Nurasiah, I. (2020). Pengaruh pendampingan orang tua pada pembelajaran daring terhadap kecerdasan emosional. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 197–206. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081

Fitrianingtyas, A., & Radia, A. H. (2017). Peningkatan hasil belajar IPA melalui model discovery learning siswa kelas iv SDN Gedanganak 02. Mitra Peeendidikan, 1(6), 708–720. https://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/141/65

Hamdani, A. R., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, VI(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120

Hazmiwati, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359

Istiyono, E., Brams Dwandaru, W., & Dan Rahayu, F. (2018). The developing of creative thinking skills test based on modern test theory in physics of senior high schools. Cakrawala Pendidikan, 37(2), 190–200. https://doi.org/10.21831/cp.v37i2.19233

Krismayoni, P. A. W., & Suarni, N. K. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 138. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25258

Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 389. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4520

Larasanty, N. K. P. I. (2020). Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Predict Observe Explain Berbasis Berpikir Kreatif. Mimbar Ilmu, 25(Vol 25, No 3 (2020)), 391–400. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v25i3.25598

Mahmudah, U. (2020). Meta Analisis Pengaruh Model Discovery Learning dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas V SD. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(2), 69–78. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/TSCJ/article/view/29721

Marlina, R., Puspaningrum, H., & Hamdani. (2017). Differentiation of test items between the high school biology olimpiad in north kayong and the national science olimpiad. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 245–251. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.10679

Mayub, A., Suryani, E., & Farid, M. (2020). Implementation of discovery learning model based on calor characteristic bricks mixed by (Durio zibethinus) and coconut (cocos nucifera) skin to improve students’ cognitive learning outcomes. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 287–293. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.23803

Mujazi. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 1(5), 448–457. https://doi.org/10.36418/jiss.v1i5.76

Paramita, A. A. E. P., Rati, N. W., & Sudatha, I. G. W. (2020). Model Discovery Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 175. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25353

Pasaribu, S. E., Helendra, H., Ristiono, R., & ... (2020). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Yang Diajar Dengan Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Di SMP. Mimbar Ilmu, 25(3), 460–469. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/28918

Pertiwi, N. K. R., Murda, I. N., & Rati, N. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3(1), 73–83. https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2878

Rahma, F. M., Tika, I. N., & Karyasa, I. W. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Dengan Model Discovery Learning Pada Pokok Bahasan Titrasi Asam Basa. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 3(2), 77. https://doi.org/10.23887/jjpk.v3i2.21145

Sma, D. I. (2015). PENERRAPAN Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Discovery Learnning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjps.v6i2.6303

Solviana, M. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 : Penggunaan Fitur Gamifikasi Daring di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(1), 1–14. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/Al-Jahiz/article/view/2082

Sriharyanti, R. C. (2019). Mengoptimalkan penerapan Model discovery learning di SD Negeri 19 Cakranegara Untuk Meningkatkan Motivasi dan hasil belajar Agama Katolik Dan Budi Pekerti Peserta Didik kelas V Semester Dua tahun pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(1), 125. https://doi.org/10.36312/jime.v5i1.668

Suandika, I. K. A., Nugraha, I. N. P., & Dewi, L. J. E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Otomotif Siswa Kelas X TKRO SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 8(2), 69. https://doi.org/10.23887/jptm.v8i2.27599

Subudi, I. K. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Sebagai Dampak Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Journal of Education Action Research, 5(1), 17–25. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32131

Sulfemi, W. B., & Mayasari, N. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53–68. https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.235.2019

Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 228–238. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.348




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v4i2.35320

Article Metrics

Abstract view : 1024 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal for Lesson and Learning Studies is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: gede.sudirtha@undiksha.ac.id

 


Journal for lesson and learning studies indexed by:

 Crossref Akreditasi SINTA BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

Journal for Lesson and Learning Studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.