Penerapan Pembelajaran Daring Berbasis Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.35320Keywords:
Pembelajaran Daring, Model, Discovery LearningAbstract
Rendahnya hasil belajar siswa diakibatkan dengan penggunaan model pembelajaran konvensional yang menyebabkan rasa bosan dan serta siswa tidak aktif dalam kegiatan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran daring berbasis model Discovery learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindak kelas. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas III sebanyak 17 siswa. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini yaitu data mengenai hasil belajar IPA siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu teknik tes. Tenik tes ini dilakukan dengan pemberian soal berbentuk pilihan ganda untuk mengukur kemampuan siswa setelah diberi perlakuan. Data hasil penelitian menunjukkan pada pra siklus hasil belajar siswa 41% dengan nilai rata-rata 68,12. Pada siklus I hasil belajar siswa mencapai 59% dengan nilai rata-rata 72,65. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 88% dengan nilai rata-rata 80,41. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery learning dalam pembelajaran daring dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SD.
References
Amyani, E. S., Ansori, I., & Irawati, S. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 15–20. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.15-20.
Anwar, H., Jamaluddin, J., & A.W., J. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Model 5E Di SMP. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 142–151. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8385.
Barus, I. W. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Bantuan Media Film Pendek Pada Siswa Kelas Ix.13 Smp Negeri 2 Singaraja. Journal of Education Action Research, 2(2), 142. https://doi.org/10.23887/jear.v2i2.12322.
Darsana, D. (2019). Menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Penjaskes Kelas V Semester Satu Tahun Pelajaran 2018/2019 Di Sd Negeri 22 Ampenan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(2), 47. https://doi.org/10.36312/jime.v5i2.793.
Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367–375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.
Fauzyah, G. A. H., Maula, L. H., & Nurasiah, I. (2020). Pengaruh pendampingan orang tua pada pembelajaran daring terhadap kecerdasan emosional. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 197–206. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081.
Fitrianingtyas, A., & Radia, A. H. (2017). Peningkatan hasil belajar IPA melalui model discovery learning siswa kelas iv SDN Gedanganak 02. Mitra Peeendidikan, 1(6), 708–720. https://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/141/65.
Hamdani, A. R., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, VI(1), 1–9. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120.
Hazmiwati, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359.
Irdam Idrus, & Sri Irawati. (2019). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa-Biologi. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.532.
Istiyono, E., Brams Dwandaru, W., & Dan Rahayu, F. (2018). The developing of creative thinking skills test based on modern test theory in physics of senior high schools. Cakrawala Pendidikan, 37(2), 190–200. https://doi.org/10.21831/cp.v37i2.19233.
Krismayoni, P. A. W., & Suarni, N. K. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 138. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25258.
Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 389. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4520.
Larasanty, N. K. P. I. (2020). Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Predict Observe Explain Berbasis Berpikir Kreatif. Mimbar Ilmu, 25(Vol 25, No 3 (2020)), 391–400. http://dx.doi.org/10.23887/mi.v25i3.25598.
Mahmudah, U. (2020). Meta Analisis Pengaruh Model Discovery Learning dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas V SD. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(2), 69–78. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/TSCJ/article/view/29721.
Marlina, R., Puspaningrum, H., & Hamdani. (2017). Differentiation of test items between the high school biology olimpiad in north kayong and the national science olimpiad. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 245–251. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.10679.
Mayub, A., Suryani, E., & Farid, M. (2020). Implementation of discovery learning model based on calor characteristic bricks mixed by (Durio zibethinus) and coconut (cocos nucifera) skin to improve students’ cognitive learning outcomes. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 287–293. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.23803.
Mujazi. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 1(5), 448–457. https://doi.org/10.36418/jiss.v1i5.76.
Paramita, A. A. E. P., Rati, N. W., & Sudatha, I. G. W. (2020). Model Discovery Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 175. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25353.
Pasaribu, S. E., Helendra, H., Ristiono, R., & ... (2020). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Yang Diajar Dengan Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Di SMP. Mimbar Ilmu, 25(3), 460–469. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/28918.
Pertiwi, N. K. R., Murda, I. N., & Rati, N. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3(1), 73–83. https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2878.
Rahma, F. M., Tika, I. N., & Karyasa, I. W. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Dengan Model Discovery Learning Pada Pokok Bahasan Titrasi Asam Basa. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 3(2), 77. https://doi.org/10.23887/jjpk.v3i2.21145.
Sma, D. I. (2015). Penerrapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Discovery Learnning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 1. http://dx.doi.org/10.23887/jjps.v6i2.6303.
Solviana, M. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 : Penggunaan Fitur Gamifikasi Daring di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(1), 1–14. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/Al-Jahiz/article/view/2082.
Sriharyanti, R. C. (2019). Mengoptimalkan penerapan Model discovery learning di SD Negeri 19 Cakranegara Untuk Meningkatkan Motivasi dan hasil belajar Agama Katolik Dan Budi Pekerti Peserta Didik kelas V Semester Dua tahun pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(1), 125. https://doi.org/10.36312/jime.v5i1.668.
Suandika, I. K. A., Nugraha, I. N. P., & Dewi, L. J. E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Otomotif Siswa Kelas X TKRO SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 8(2), 69. https://doi.org/10.23887/jptm.v8i2.27599.
Subudi, I. K. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Sebagai Dampak Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Journal of Education Action Research, 5(1), 17–25. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32131.
Sulfemi, W B. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. … Pancasila Dan Kewarganegaraan. https://doi.org/10.29100/jr.v5i1.1021.
Sulfemi, Wahyu Bagja, & Mayasari, N. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53–68. https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.235.2019.
Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 228–238. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.348.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)