Analisis Kualitas Lembar Kerja Praktikum pada Materi Sel Menggunakan Diagram Vee
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.38271Keywords:
Vee Diagram, LKP, Cell MaterialAbstract
Kegiatan praktikum yang dilakukan sering kali menjadi tidak bermakna disebabkan Lembar Kerja Praktikum (LKP) yang digunakan hanya menuntun peserta didik untuk melaksankan verifikasi atau hanya sebagai confirmatory pengetahuan peserta didik. Tujuan penelitian menganalisis kualitas lembar kerja praktikum pada materi sel menggunakan diagram vee. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah 4 LKP materi sel yang digunakan. Sampel penelitian ini adalah 4 LKP yaitu 1 LKP pada buku cetak, 1 LKP MGMP, dan 2 LKP buatan guru. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen keberadaan dan instrumen kualitas komponen diagram Vee yang berupa rubrik serta tabel. Berdasarkan hasil uji coba dan analisis data menggunakan diagram Vee diketahui bahwa LKP Biologi pada materi sel sudah memiliki komponen diagram Vee. Akan tetapi, masih ditemukan beberapa permasalahan yaitu masih ada LKP yang belum memiliki semua komponen diagram Vee serta skor kualitas LKP belum maksimal yaitu hanya 2 dari 5 komponen diagram Vee yang memperoleh persentase dengan kategori baik. Ketidaklengkapan dari komponen diagram Vee pada suatu LKP maka dapat mengganggu pembentukan dari pengetahuan baru bagi peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKP yang dianalisis sudah memiliki persentase keberadaan komponen diagram Vee tinggi akan tetapi memiliki persentase kualitas yang rendah.
References
Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 6(1), 45–53. http://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369 DOI: https://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369
Bahari, N. K. I., Darsana, I. W., & Putra, D. K. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Alam Sekitar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 103. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15488 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15488
Boleng, D. T. (2014). Pengaruh model pembelajaran Cooperative Script dan Think- Pair-Share terhadap keterampilan berpikir kritis, sikap sosial, dan hasil belajar kognitif Biologi siswa SMA multietnis. Jurnal Pendi Dikan Sains, 2(2), 76–84.
Darmawati, W. T., Supriatno, B., & Anggraini, S. (2021). Analisis Dan Rekonstruksi Desain Kegiatan Laboratorium (Dkl) Materi Spermatophyta Melalui Petunjuk Praktikum. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika, Dan Sains, 6(1), 163–174. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i1.3002 DOI: https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i1.3002
Erniwati, E., Eso, R., & Rahmia, S. (2014). Penggunaan Media Praktikum Berbasis Video dalam Pembelajaran IPA-Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Perubahannya. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 10(3), 269–273. https://doi.org/10.35580/jspf.v10i3.964
Gita Cemara, G. A., & Sudana, D. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Bermuatan Peta Pikiran Terhadap Kreativitas dan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 359. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.18895 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.18895
Handayanie, Y., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis Lembar Kerja Siswa Praktikum Struktur Darah berbasis Diagram Vee ( Analysis of Blood Structure Student ’ s Practical Worksheet based on Diagram Vee ). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(03), 361–371. https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9408 DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9408
Huda, I. Z. N., Anggraeni, S. , & Supriatno, B. (2020). Analisis Kesesuaian Lembar Kerja Menggunakan Metode Ancor pada Praktikum Plasmolisis pada Sel Tumbuhan ( The Comformity Analysis of Worksheets using an Ancor Method in The Practical Work of Plasmolysis mampu membantu peserta didik memahami konsep-konsep y. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(4), 550–561. https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9438 DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9438
Istawa, R., & Supriatno, B. S. A. (2020). Analisis Kualitas Struktur Lembar Kerja Peserta Didik pada Materi Struktur Tulang Berbasis Diagram Vee. Biodik, 6(4), 434–441. https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9500 DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9500
Jamaluddin, J., Kade, A., & Nurjannah, N. (2015). Analisis Pelaksanaan Praktikum Menggunakan Kit Ipa Fisika Di Smp Se-Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 3(1). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/2368 DOI: https://doi.org/10.22487/j25805924.2015.v3.i1.2368
Muldayanti, N. D. (2013). Pembelajaran biologi model stad dan TGT ditinjau dari keingintahuan dan minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 12–17. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2504
Rahmania, S., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2021). Desain Kegiatan Laboratorium: Pendekatan Diagram Vee pada Materi Struktur Darah (Laboratory. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(02), 179–195. https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.12997 DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.12997
Rahmatika, F., Alimah, S., Biologi, J., & Artikel, S. (2014). Unnes Journal of Biology Education Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Search, Solve, Create, And Share Pada Praktikum Mandiri Materi Mollusca Dan Arthropoda. Unnes Journal of Biology Education, 3(3), 330–337. https://doi.org/10.15294/jbe.v3i3.4533
Ramadhayanti, R., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis dan Rekonstruksi Lembar Kerja Peserta Didik Indra Pengecap Berbasis Diagram Vee. Biodik, 6(2), 95–108. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9441 DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9441
Rosyidah, N. D., Asim, A., & Winarto, W. (2019). Dampak Penerapan REACT-Strategi Diagram Vee terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA Materi Hukum Newton tentang Gravitasi. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 4(2), 74–78. http://dx.doi.org/10.17977/um058v4i2p74-78
Sanova, A. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Diagram Vee Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Termokimia Berbasis Virtual Lab. Jurnal Ilmiah Universitas Batang, 14(2), 85–88. http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v14i2.291
Setiawan, A. R. (2019). Efektivitas Pembelajaran Biologi Berorientasi Literasi Saintifik. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 2(2), 83–94. https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5345 DOI: https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5345
Soesilawaty, S. A., Saefudin, S., Wulan, A. R., & Adianto, A. (2018). Hubungan Kemampuan Metakognitif Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Fisiologi Hewan Berbasis Diagram Vee. Biodidaktika, Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 13(2), 31–36. https://doi.org/10.30870/biodidaktika.v13i2.3674 DOI: https://doi.org/10.30870/biodidaktika.v13i2.3674
Subamia, I. D. P., Wahyuni, I. G. A. . S., & Widiasih, N. N. (2015). Pengembangan Perangkat Praktikum Berorientasi Lingkungan Penunjang Pembelajaran Ipa Smp Sesuai Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 4(2), 675–685. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v4i2.6064 DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v4i2.6064
Surata, I. K., Sudiana, I. M., & Sudirgayasa, I. G. (2020). Meta-Analisis Media Pembelajaran pada Pembelajaran Biologi I Ketut Surata I Made Sudiana I Gede Sudirgayasa. Journal of Education Technology, 4(1), 22–27. http://dx.doi.org/10.23887/jet.v4i1.24079 DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24079
Widayanti, W., Yuberti, Y., Irwandani, I., & Hamid, A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Percobaan Melde Berbasis Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(1), 24–31. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10908 DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10908
Wiranti, N. P. D., Suniasih, N. W., & Darsana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Berbantuan Peta Konsep Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa. Journal of Education Technology, 1(3), 204. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12506 DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12506
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)