Kualitas Lembar Kerja Praktikum Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Menggunakan Diagram Vee
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.40277Keywords:
LKP, Diagram Vee, Struktur dan Fungsi Jaringan TumbuhanAbstract
Rendahnya kelengkapan komponen LKP yang digunakan dalam kegiatan praktikum mnyulitkan siswa dalam membentuk pengetahuannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk Metode praktikum merupakan metode yang tepat untuk pembelajaran biologi.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan dan kualitas LKP berdasarkan komponen diagram Vee. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah 2 LKP materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Sampel penelitian ini adalah 2 LKP yaitu 1 LKP pada buku cetak dan 1 LKP buatan guru. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen keberadaan komponen diagram Vee dan instrumen kualitas komponen Diagram Vee yang berupa rubrik dan tabel. Hasil uji coba dan analisis data diketahui persentase keberadaan komponen pertanyaan fokus, objek/peristiwa, pencacatan/transformasi dan klaim pengetahuan yaitu 100% dengan kategori sangat lengkap sedangkan persentase komponen teori/prinsip/konsep yaitu 50% dengan kategori cukup lengkap. Sedangkan persentase kualitas komponen diagram yaitu pertanyaan fokus yaitu 50% dengan cukup baik, objek/peristiwa yaitu 75% dengan kategori baik sedangkan komponen teori/prinsip/konsep yaitu 0% dengan kategori sangat kurang, catatan/transformasi yaitu 62,5% dengan kategori baik. Sehingga perlu dilakukan rekontruksi dan uji coba LKP agar kegiatan praktikum lebih bermakna bagi peserta didik sehingga konsep yang harus dikuasai siswa tercapai.
References
Amique, I. N., Jumaeri, J., Sumarni, W., & Susilaningsih, E. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Inovatif Pada Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains. Chemistry in Education, 9(2), 77–83.
Angreani, A., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2020). Analisis, Uji Coba dan Rekontruksi Kegiatan Praktikum Melalui Lembar Kerja Peserta Didik Struktur dan Fungsi Sel. BIODIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(3). https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9467. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9467
Bago, A. S. (2018). Pengembangan Penuntun Praktikum Biologi disertai Gambar pada materi Jaringan Tumbuhan Berbasis Guided Discovery untuk Siswa SMA Se Kecamatan Teluk Dalam. Jurnal Education and Development, 5(2), 85–90. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1027.
Capah, J., & Fuadiyah, S. (2021). Analisis Kualitas Lembar Kerja Praktikum pada Materi Sel Menggunakan Diagram Vee. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 238–245. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.38271. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.38271
Devi Deratama, Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis Komponen Penyusun Lembar Kerja Siswa Biologi SMA Pada Praktikum Uji Enzim Katalase. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(3). https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9513. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9513
Dewi, R., Budiarti, R. S., & Aina, M. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Bermuatan Pendidikan Karakter dengan Model Pembelajaran Guided Inquiry pada Materi Bakteri bagi Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas. BIODIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 3(1), 17-26. https://doi.org/10.22437/bio.v3i1.4878. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v3i1.4878
Gurung, R. A. R. (2020). Call It Out: Recognizing Good Teaching and Learning. Journal of Applied Research in Memory and Cognition, 9(2), 161–164. https://doi.org/10.1016/j.jarmac.2020.02.003. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jarmac.2020.02.003
Handayanie, Y., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis Lembar Kerja Siswa Praktikum Struktur Darah berbasis Diagram Vee ( Analysis of Blood Structure Student ’ s Practical Worksheet based on Diagram Vee ). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(03), 361–371. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9408. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9408
Hapsari, I. S., Karyanto, P., & Sunarno, W. (2019). Penggunaan Diagram Vee untuk Menganalisis Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. In Seminar Nasional Pendidikan Sains: Universitas Sebelas Maret, Surakarta (pp. 50–54).
Hindriana, A. F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Berbasis Diagram Vee Guna Memfasilitasi Kegiatan Laboratorium Secara Bermakna. Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(1), 62–68. https://doi.org/10.25134/quagga.v12il.2331. DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v12i1.2331
Idris, I., Sida, S. C., & Idawati, I. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Indonesian Journal Of Primary Education, 3(2), 58–63. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.21849. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.21849
Istawa, R., Supriatno, B., & Anggraini, S. (2020). An Analysis of the Quality of Bone Structure Student Worksheets Bassed on the Vee Diagram. . Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(4), 434–441. https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9500. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9500
Kudisiah. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Gaya Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN Bedus Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 4(2), 195–202. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36312/jime.v4i2.475. DOI: https://doi.org/10.36312/jime.v4i2.475
Laila, N., & Lufri. (2019). The Influence of Guided Inquiry Learning Model with LKPD Assistance on Attitude Competencies of Class XI Students of SMAN 1 Sungayang. International Journal of Progres Sive Sciences and Technologies (IJPSAT), 15(2), 171–175. https://doi.org/10.52155/ijpsat.v15.2.1121.
Lepiyanto, A. (2017). Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Berbasis Praktikum. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(6), 156. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v5i2.795. DOI: https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v5i2.795
Maulina, A., Melati, H. A., & Sartika, R. P. (2018). Penerapan Metode Praktikum Berbantuan Diagram Vee terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa pada Materi Termokimia. JPPK: Journal of Equatorial Education and Learning, 7(7). https://doi.org/10.26418/jppk.v7i7.26398.
Nirwana, A., & Wilujeng, I. (2021). Pengaruh Pembelajaran Ipa Model Problem Based Learning Berbantuan Diagram Vee Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Smp. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1(1), 9–15. DOI: https://doi.org/10.30631/psej.v1i1.708
Novita, L., & Sundari, F. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Game Ular Tangga Digital. Jurnal Basicedu, 4(3), 716–724. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.428. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.428
Nurlia, Hala, Muchtar, Jumadi, & Taiyeb. (2017). Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpb.v6i2.6552. DOI: https://doi.org/10.24114/jpb.v6i2.6552
Rahmania, S., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2021). Desain Kegiatan Laboratorium: Pendekatan Diagram Vee pada Materi Struktur Darah (Laboratory. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(02), 179–195. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.12997. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.12997
Rahmatika, F., Alimah, S., Biologi, J., & Artikel, S. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Search, Solve, Create, And Share Pada Praktikum Mandiri Materi Mollusca Dan Arthropoda. Unnes Journal of Biology Education, 3(3), 330–337. https://doi.org/10.15294/jbe.v3i3.4533.
Ramadayanti, Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis dan Rekonstruksi Lembar kerja Peserta Didik Indra Pengecap Berbasis Diagram Vee. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 200–213. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9441.
Ramadhayanti, R., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis dan Rekonstruksi Lembar Kerja Peserta Didik Indra Pengecap Berbasis Diagram Vee. Biodik, 6(2), 95–108. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9441. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9441
Setiawan, A. R. (2019). Efektivitas Pembelajaran Biologi Berorientasi Literasi Saintifik. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 2(2), 83–94. https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5345. DOI: https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5345
Wahidah, N. S., Supriatno, B., & Kusumastuti, M. N. (2018). Analisis Struktur dan Kemunculan Tingkat Kognitif pada Desain Kegiatan Laboratorium Materi Fotosintesis. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 1(2), 70–76. https://doi.org/10.17509/aijbe.v1i2.13050. DOI: https://doi.org/10.17509/aijbe.v1i2.13050
Widayanti, W., Yuberti, Y., Irwandani, I., & Hamid, A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Percobaan Melde Berbasis Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(1), 24–31. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10908. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10908
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dyah Nurul Qodri, Sa'diatul Fuadiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)