Analisis Kesulitan Belajar Biologi Melalui Pembelajaran Daring dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Sindi Suryani Universitas Negeri Padang
  • Lufri Lufri Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38566

Keywords:

Analysis, Difficulty Learning, Learning Outocome

Abstract

Masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran online adalah rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah kesulitan belajar. Kesulitan belajar adalah hambatan atau gangguan pada individu yang mengakibatkan individu tersebut tidak dapat belajar dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persentase dan kategori kesulitan belajar biologi siswa melalui pembelajaran online dan untuk mengetahui hubungan antara kesulitan belajar biologi melalui pembelajaran online dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa. Sampel penelitian berjumlah 94 siswa yang terdiri dari 5 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah teknik proportional stratified random sampling dengan proporsi sampel 50%. Data penelitian dianalisis menggunakan korelasi rank spearman kemudian dilakukan uji t untuk mengetahui korelasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kesulitan pembelajaran biologi melalui pembelajaran online berada pada kategori tinggi yaitu 67%. Dan hubungan antara kesulitan belajar biologi melalui pembelajaran online dengan hasil belajar siswa dengan nilai r = 0,254; Koefisien nilai thitung sebesar 2,604 lebih besar dari ttabel yaitu 1,986, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kesulitan belajar biologi melalui pembelajaran online dengan hasil belajar siswa.

Author Biographies

Sindi Suryani, Universitas Negeri Padang

Jurusan Biologi, FMIPA

Lufri Lufri, Universitas Negeri Padang

Staf Pengajar Jurusan Biologi, FMIPA

References

Abbas, & Hidayat, M. Y. (2018). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Fisika Pada Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 45–49. https://core.ac.uk/download/pdf/234746950.pdf. DOI: https://doi.org/10.24252/jpf.v6i1a8

Aditya, D. (2009). Penelitian Deskriptif. Politeknik Kesehatan Surakarta.

Ahmadi, A., & Widodo, S. (2011). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Andiarna, F., & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 16(2), 139. https://doi.org/10.24014/jp.v16i2.10395. DOI: https://doi.org/10.24014/jp.v16i2.10395

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112. DOI: https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Fikriyah, F., Rohaeti, T., & Solihati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 94. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.43937. DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.43937

Gusviani, E. (2017). Analisis Kemunculan Sikap Spiritual Dan Sikap Sosial Dalam Kegiatan Pembelajaran IPA Kelas IV SD Yang Menggunakan KTSP Dan Kurikulum 2013. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 96. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5127. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5127

Handayani, T., Khasanah, H. N., & Yoshinta, R. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 107. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3209. DOI: https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3209

Hariyanti, D., Mun’im, A. H., & Hidayat, N. (2020). Identifikasi Hambatan Mahasiswa dalam Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Secara Daring Selama Pandemi Covid-19 di Kabupaten Jember. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi. https://alveoli.iain-jember.ac.id/index.php/alv/article/view/4. DOI: https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.4

He, F., Deng, Y., & Li, W. (2020). Coronavirus desease 2019 : What we know? Journal of Medical Virology, 92(7). https://doi.org/10.1002/jmv.25766. DOI: https://doi.org/10.1002/jmv.25766

Iswatiningsih, D., Fauzan, Dluhayati, & Lestari, Y. K. (2020). Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Daring di Masa Pandemi COVID-19 Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa SMP. Jurnal Pendidikan, Kebahasaan Dan Kesustraan Indonesia, 5, 141–156. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/dl/article/view/2853.

Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya (1st ed.). Ghalia Indonesia.

Kristina, M., Sari, R. N., & Nagara, E. S. (2020). Model Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Provinsi Lampung. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 200. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.16945. DOI: https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.16945

Lubis, N. F., & Simatupang, Z. (2014). Peningkatan Daya Retensi Siswa Terhadap Konsep- Konsep Biologi Melalui Pemanfaatan Media Adobe Flash pada Model Pembelajaran Langsung. Prosiding SEMNAS Biologi Dan Pembelajarannya, 654–664. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4831.

Mukti, I. N. C., & Nurcahyo, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbantuan Komputer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 137–149. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/7644. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.7644

Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405. DOI: https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405

Putri, R. S., Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Wijayanti, L. M., & Hyun, C. C. (2020). Impact of the COVID-19 pandemic on online home learning: An explorative study of primary schools in Indonesia. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 4809–4818. https://search.bvsalud.org/global-literature-on-novel-coronavirus-2019-ncov/resource/en/covidwho-830197.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Basicedu, 4(4), 861–872. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Shelly, M., Joshi, M. B., & Singh, A. (2021). COVID Pandemic and Connecting Nursing Students with E-Learning : Challenges for Nursing Educators – A Way Forward ? Annals of the Romanian Society for Cell Biology, 25(6), 247–255. https://annalsofrscb.ro/index.php/journal/article/view/5297.

Subudi, I. K. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Sebagai Dampak Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Journal of Education Action Research, 5(1), 17–25. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32131. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32131

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Tarsito.

Sugiman, A. M. R. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme dan Patriotisme melalui Materi Sikap Semangat Kebangsaan dan Patriotisme dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara pada Pembelajaran PKn di SMAN 1 Pundong. Academy of Education Journal, 8(2), 174–199. https://doi.org/10.47200/aoej.v8i2.370. DOI: https://doi.org/10.47200/aoej.v8i2.370

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Utama, C., Kentjananingsih, S., & Rahayu, Y. S. (2014). Penerapan Media Pembelajaran Biologi SMA Dengan Menggunakan Model Direct Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pena Sains, 1(1), 29–40. https://www.academia.edu/download/54597174/4._Candra_Edit_Fix.pdf.

Wijayanengtias, M., & Claretta, D. (2020). Student Perceptions of Online Learning During the Covid-19 Pandemic. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 16–21. https://doi.org/10.21070/kanal.v9i1.685. DOI: https://doi.org/10.21070/kanal.v9i1.685

Yuzulia, I. (2021). The Challenges Of Online Learning During Pandemic : Students ’ V oice. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 13(1), 8–12. https://doi.org/10.31294/w.v13i1.9759. DOI: https://doi.org/10.31294/w.v13i1.9759

Zainudin. (2011). Pentingnya adversity Quotient Dalam Meraih Prestasi belajar. Guru Membangun, 26(2), 1–10. https://media.neliti.com/media/publications/218112-pentingnya-adversity-quotient-dalam-mera.pdf.

Downloads

Published

2021-12-04

How to Cite

Suryani, S., & Lufri, L. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Biologi Melalui Pembelajaran Daring dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Siswa. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 364–369. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38566

Issue

Section

Articles