Model Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa Muatan IPA di Sekolah Dasar

Authors

  • Evry Lia Dwi Putri Universitas Dharmas Indonesia
  • Antik Estika Hader Universitas Dharmas Indonesia
  • Andiyanto Andiyanto Universitas Dharmas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.38651

Keywords:

Quantum Teaching, Hasil Belajar, IPA

Abstract

Permasalahan  penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa Muatan IPA  di Sekolah Dasar. Metode penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design. Rancangan  berbentuk quasi experimental design yang digunakan  yaitu Non-equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V  Sekolah Dasar. Sampel yang terdiri dari 30 siswa kelas V.B (kelas eksperimen) dan 31 siswa kelas V.A (Kelas Kontrol). Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data menggunakan  uji normalitas, uji homogenitas uji hipotesis dan uji independent samples t-tes untuk mengukur perbedaan nilai antara Post-test dikelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik penelitian dalam pengumpulan data menggunakan teknik tertulis berupa  soal objektif sebanyak 20 soal. Teknik analisis  data menggunakan uji hipotesis melalui uji t dengan taraf nyata 0,05. Hasil uji coba menunjukan bahwa diperoleh signifikansi 0,049. Karena hasil signifikan 0,049 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model quantum teaching terhadap hasil belajar tematik terpadu siswa muatan IPA kelas V. implikasi penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa selama mengikuti proses pembelajaran. penelitian ini memberikan kontribusi bagi guru dalam mencapai tujuan pembelajaran.

References

Anshory, I. (2020). Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kurikulum 2013 di Kelas Rendah SD Muhammadiyah 07 Wajak. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(1), 3546. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.4936

Ardianto, D., & Rubini, Bi. (2016). Literasi Sains Dan Aktivitas Siswa Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Tipe Shared. USEJ - Unnes Science Education Journal, 5(1), 1167–1174. https://doi.org/10.15294/usej.v5i1.9650

Azura, A. R., Kamariyah, N., & Taufiq, M. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V Di Sd Al-Islah Surabaya. Journal of Natural Science Education Research, 1(2), 171–180. https://doi.org/http://journal.trunojoyo.ac.id/nser/article/view/5187/3505

Badrus Zaman. (2020). Quantum Teaching dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 180–196.

Budiarnawan, A. (2014). Hubungan Antara Konsep Diri dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Desa Selat. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2224

Deporter, B., Reardon, M., & Sarah Singer-Naurie. (2017). Quantum Teaching Mempraktikan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Kaifa.

Elisabet, E., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Journal of Education Action Research, 3(3), 285. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.19451

Fitri, R. A, Adnan, F., & Irdamurni, I. (2021). Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 88–101. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.570.

Fitri, Ridha Ahsanul, Adnan, F., & Irdamurni. (2021). Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 88–101. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.570.

Kaveh, A., Kamalinejad, M., Hamedani, K. B., & Arzani, H. (2021). Quantum Teaching-Learning-Based Optimization algorithm for sizing optimization of skeletal structures with discrete variables. Structures, 32, 1798–1819. https://doi.org/10.1016/j.istruc.2021.03.046.

Ma’ruf, M. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 2(1), 306–312. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.7.

Mitchell, S. L., Mor, V., Harrison, J., & McCarthy, E. P. (2020). Embedded Pragmatic Trials in Dementia Care: Realizing the Vision of the NIA IMPACT Collaboratory. Journal of the American Geriatrics Society, 68(S2), S1–S7. https://doi.org/10.1111/jgs.16621

Mulyadin. (2016). Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 di SDN Kauman 1 Malang dan SD Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pendidikan Edutama, 3(2), 31–48. https://doi.org/10.30734/jpe.v3i2.35.

Muskania, R. T., Badariah, S., & Mansur, M. (2019). Pembelajaran Tematik Menggunakan Media Video Scribe Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Elementary: Islamic Teacher Journal, 7(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v7i1.4927

Najib, D. A. dan E. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) Pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. Jurnal PGMI, 2(1), 19–28. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/1063

Novika Auliyana, S., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796

Nursalam, M., HS, E. F., & Jusmawati, J. (2021). Efektifitas Model Quantum Teaching Terhadap Pembelajaran Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 506–516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.724.

Pebriana, P. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD N 009 Bangkinang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 64–73. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.21.

Purnama Dewi, L. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching berbantuan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 2(1), 23. https://doi.org/10.23887/jear.v2i1.13727

putra, seno himala. (2019). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning Di Kelas III SD. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, VIII(1), 32–40. https://doi.org/10.31227/osf.io/8qmrp

Qondias, Anu, & Niftalia. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Mind Mapping SD Kabupaten Ngada Flores. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 176--182. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8590

Rachmawati, R. (2012). The Implementaton Quantum Teaching Method of Graduate Through Up-Grade Hard Skill and Soft Skill: (Case study on Management Accounting Class). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 57, 477–485. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.1214.

Roebianto, A. (2020). The Effects of Student’s Attitudes and Self-Efficacy on Science Achievement. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 9(1), 1–10. https://doi.org/10.15408/jp3i.v9i1.14490

Santhi, N. L. K. W., Sri Asri, I. G. A. A., & Manuaba, I. B. S. (2020). Social Studies Learning With Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) Learning Model Assisted by Diorama Media Increases Student Knowledge Competence. International Journal of Elementary Education, 4(3), 281. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i3.25853

Setyowati, N., & Mawardi, M. (2018). Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermakna untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 253–263. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p253-263

Siahaan, K. W. A. (2020). Pengaruh Metode Quantum Teaching Dalam Menciptakan Pembelajaran Yang Aktif Dan Menyenangkan Pada Anak SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2), 175–182.

Supramono, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran quantum (quantum teaching) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD YPS Lawewu kecamatan Nuha kabupaten Luwu Timur. Jurnal Nalar Pendidikan, 4, 367–375.

Susilawati, S., & Supriyatno, T. (2020). Online Learning Through WhatsApp Group in Improving Learning Motivation in the Era and Post Pandemic COVID -19. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6), 852–859. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/vi.

Tupamahu Kevin H., & Aipassa S Frely. (2015). Penerapan Model Pembelajaran KUANTUM (QUANTUM TEACHING) untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Progresif, 5(1), 83–102.

Turmuzi, M., & Hikmah, N. (2021). Hubungan Pembelajaran Daring Google Classroom Pada Masa COVID-19 dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1512–1523. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.667.

Wote, A. Y. V, Sasingan, M., & Kitong, O. E. (2020). Efektivitas penggunaan model quantum teaching dalam meningkatkan hasil belajar IPA. Journal of Education Technology, 4(2), 96–102. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.24369.

Yahya, H. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sms Islam Terpadu Al-Fityan Gowa. Jurnal Biotek, 5(1), 155–166.

Yenni, R. F. (2016). Penggunaan metode numbered head Together ( NHT ) dalam pembelajaran matematika. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 9(2), 263–267. https://doi.org/10.30870/jppm.v9i2.1006

Downloads

Published

2021-09-05

How to Cite

Putri, E. L. D., Hader, A. E., & Andiyanto, A. (2021). Model Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa Muatan IPA di Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 255–263. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.38651

Issue

Section

Articles