Student Interest in Becoming A Biology Teacher During The Pandemic Era
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v6i2.58689Keywords:
Interest, Teacher, Student, Teacher CompetenceAbstract
Mahasiswa jurusan pendidikan biologi pada fakultas keguruan dan ilmu pendidikan akan menghasilkan calon guru biologi. Namun tidak semua siswa memiliki minat untuk memilih dan memulai profesi menjadi guru. Berdasarkan hasil wawancara dengan siswa pendidikan biologi, beberapa siswa tidak berminat menjadi guru. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis minat siswa menjadi guru di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Biologi. Sample penelitian ini berjumlah 91 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan survey. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket skala Likert. Data yang diperoleh dari responden dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa masih memiliki minat menjadi guru dengan kategori baik dan sangat baik pada faktor motivasi intrinsik dan ekstrinsik, pemahaman tentang profesi guru, citra profesi guru, dan pendidikan. latar belakang. Namun pengaruh lingkungan dan kesejahteraan keluarga dan guru memiliki kategori persentase yang cukup baik. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian siswa menganggap kedua faktor tersebut tidak menarik bagi siswa untuk menjadi guru.
References
Ahmad. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Pendampingan Sistem Daring, Luring, atau Kombinasi pada Masa New Normal Covid-19. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 258–264. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2803.
Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(1), 28. https://doi.org/10.32507/attadib.v5i1.926.
Ardyani, A., & Latifah, L. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Guru Akuntansi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010 Universitas Negerti Semarang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 232–240.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Asari, A., Kurniawan, T., Ansor, S., & Putra, A. B. N. R. (2019). Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar Di Lingkungan Sekolah Kabupaten Malang. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 3(2). https://doi.org/10.17977/um008v3i22019p98-104.
Astuti, M. O., Syamwil, S., & Susanti, D. (2019). Analisis Faktor Minat Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Untuk Menjadi Guru Melalui Program Pendidikan Profesi Guru. Jurnal Ecogen, 1(4), 766. https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i4.5655.
Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sd. Journal of Education Technology, 1(4), 231. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859.
Aziz, A., Saddhono, K., & Setyawan, B. W. (2022). A parental guidance patterns in the online learning process during the COVID-19 pandemic: case study in Indonesian school. Heliyon, 8(12), 1–8. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e12158.
Baharun, H. (2016). Pendidikan Anak dalam Keluarga: Telaah Epistemologis. Jurnal Pedidikan, 3(2), 96–107.
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112.
Bertus, H. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Silabus Dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Berkelanjutan. JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(1), 51–63. https://doi.org/10.31932/jpk.v4i1.375.
Bhakti, C. P., & Maryani, I. (2017). Peran LPTK dalam Pengembangan Kompetensi Pedagogik Calon Guru. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), 1(2), 98. https://doi.org/10.26740/jp.v1n2.p98-106.
Coman, C., Țîru, L. G., Meseșan-Schmitz, L., Stanciu, C., & Bularca, M. C. (2020). Online teaching and learning in higher education during the coronavirus pandemic: Students’ perspective. Sustainability (Switzerland), 12(24), 1–22. https://doi.org/10.3390/su122410367.
Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran,Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi. https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.113.
Deng, L., Zhu, G., Li, G., Xu, Z., Rutter, A., & Rivera, H. (2018). Student Teachers’ Emotions, Dilemmas, and Professional Identity Formation Amid the Teaching Practicums. Asia-Pacific Education Researcher, 27(6), 441–453. https://doi.org/10.1007/s40299-018-0404-3.
Đurišić, M., & Bunijevac, M. (2017). Parental Involvement as a Important Factor for Successful Education. Center for Educational Policy Studies Journal, 7(3), 137–153. https://doi.org/10.26529/cepsj.291.
Edwards, O. W. (2018). School perceptions of children raised by grandparents. Journal of Applied School Psychology, 34(1), 86–100. https://doi.org/10.1080/15377903.2017.1403401.
Ena, Z., & Djami, S. H. (2021). Peranan Motivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Minat Personel Bhabinkamtibmas Polres Kupang Kota. Among Makarti, 13(2), 68–77. https://doi.org/10.52353/ama.v13i2.198.
Fauziah, A., Kim, M., Aye, M., Hakizimana, V., & Hur, J. (2021). Impact of the society’s perception on teachers’ professionalism. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(4), 545–551. https://doi.org/10.11591/edulearn.v15i4.20292.
Gilpin, G. A. (2011). Reevaluating the effect of non-teaching wages on teacher attrition. In Economics of Education Review (Vol 30, Number 4). https://doi.org/10.1016/j.econedurev.2011.03.003.
Gorard, S., Maria Ventista, O., Morris, R., & See, B. H. (2021). Who wants to be a teacher? Findings from a survey of undergraduates in England. Educational Studies, 1–23. https://doi.org/10.1080/03055698.2021.1915751.
Haryawan, S., Muchtar, B., & Syofyan, R. (2019). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru dan Lingkungan Keluarga Terhadap Miinat Menjadi Guru. Jurnal Ecogen, 2(3), 218. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i3.7328.
Hibana, H., & Surahman, S. (2021). Kompetensi Digital Guru Dalam Upaya Meningkatkan Capaian Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(3). https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1392.
Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13–20. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180.
Kanji, H., Nursalam, N., Nawir, M., & Suardi, S. (2020). Integration of Social Care Characters and Moral Integratif on Social Science Lessons in Elementary School. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 12(2), 413–427. https://doi.org/10.35445/alishlah.v12i2.260.
Lin, S. H., & Huang, Y. C. (2016). Examining Charisma in Relation to Students’ Interest in Learning. Active Learning in Higher Education, 17(2), 139–151. https://doi.org/10.1177/1469787416637481.
Mahmudi, A., Sulianto, J., & Listyarini, I. (2020). Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(1), 122. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24435.
Makovec, D. (2018). The Teacher’s Role and Professional Development. International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering and Education, 6(2), 33–45. https://doi.org/10.5937/ijcrsee1802033M.
Marnita, & Ernawati. (2017). The Use of Interactive Multimedia (Macromedia Flash) to Increase Creative Thinking Ability of Students in Basic Physics Subject. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 13(2), 71–78. https://doi.org/10.15294/jpfi.v13i2.10152.
Mattar, M. Y. (2021). Combating Academic Corruption and Enhancing Academic Integrity through International Accreditation Standards: The Model of Qatar University. Journal of Academic Ethics, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s10805-021-09392-7.
Melesse, S., & Mekonnen, D. (2020). The Contribution of Placement School Experiences to Prospective Teachers’ Multicultural Competence Development: Ethiopian Secondary Schools in Focus. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(1), 15–27. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i1.14272.
Nugraha, B., Dimyati, A., & Gustiawati, R. (2021). Minat Belajar Siswa Dalam Mempraktekkan Pembelajaran Penjas di Rumah Pada Masa Covid-19. Journal Coaching Education Sports, 2(1). https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.446.
Nugroho, W. S., Khosmas, F. ., & Okiana. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(10), 1–11. https://doi.org/10.26418/jppk.v5i10.17289.
Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(24). https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530.
Poom-Valickis, K., Oder, T., & Lepik, M. (2012). Teachers’ Beliefs Regarding their Professional Role: A Gardener, Lighthouse or Circus Director? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 69(December), 233–241. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.404.
Radovan, M. (2011). The Relation Between Distance Students’ Motivation, Their Use of Learning Strategies, and Academic Success. Turkish Online Journal of Educational Technology, 10(1), 216–222.
Rhamayanti, Y. (2018). Pentingnya Keterampilan Dasar Mengajar Bagi Mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (Ppl) Prodi Pendidikan Matematika. Jurnal Penelitian dan Pengajaran MIPA, 3(1), 2598–2400. https://doi.org/10.31604/eksakta.v3i1.65-72.
Ricardo, & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108.
Riduwan, & Akdon. (2015). Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika (6th ed). Alfabeta.
Rodrigues, L. de A. D., de Pietri, E., Sanchez, H. S., & Kuchah, K. (2018). The role of experienced teachers in the development of pre-service language teachers’ professional identity: Revisiting school memories and constructing future teacher selves. International Journal of Educational Research, 88, 146–155. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2018.02.002.
Rots, I., Aelterman, A., & Devos, G. (2014). Teacher education graduates’ choice (not) to enter the teaching profession: does teacher education matter? European Journal of Teacher Education, 37(3), 279–294. https://doi.org/10.1080/02619768.2013.845164.
Rukayah, R. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Perencanaan Pembelajaran Tematik Melalui Supervisi Kelompok Pendekatan Kolaboratif. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 37–46. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i1.p37-46.
Santos, M. H. Dos, Harliawan, & Ismail. (2021). Pengaruh Game Online Terhadap Minat Belajar Penjas Siswa SMP Frater Makassar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 9(1). https://doi.org/10.22487/tjsspe.v9i1.969.
Sartika, S. H., Dahlan, D., & Waspada, I. (2018). Kompetensi Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Melalui Kebiasaan Belajar Siswa. Manajerial: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi, 17(1), 39–51. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9760.
Sasmi, W. Y., Johan, R. S., & Hendripides. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII SMK Negeri 5 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa, 4(2), 1–13.
Sintema, E. J. (2020). Effect of COVID-19 on the performance of grade 12 students: Implications for STEM education. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(7), 1–6. https://doi.org/10.29333/EJMSTE/7893.
Sitaasih, D. K. (2020). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 241–247. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25461.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Suardana, I. P., Yudana, M., & Agung, A. A. G. (2018). Kontribusi Gaya Kepemimpinan, Kompetensi Profesional dan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja (Studi Tentang Persepsi Guru SMAN 1 Mengwi). Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 9(1), 55–66. https://doi.org/10.23887/japi.v9i1.2736.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. In ke-26.
Susiani, I. (2013). Pengaruh Persepsi Terhadap Kesejahteraan Guru Paud dengan Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pg Paud FIP Unnes. BELIA: Early Childhood Education Papers, 2(1), 31–35.
Tanang, H., & Abu, B. (2014). Teacher Professionalism and Professional Development Practices in South Sulawesi, Indonesia. Journal of Curriculum and Teaching, 3(2), 25–42. https://doi.org/10.5430/jct.v3n2p25.
Trisnowali MS., A. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi, Minat Belajar Matematika, Dan Sikap Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMAN 2 Watampone. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(2). https://doi.org/10.24252/mapan.%20v5n2a8.
Uyanne, Obiageli, E., Lasbat, O., Balogun, & Olatunji, A. (2020). Influence of motivation on teachers’ effectiveness in Ilorin West local government, Kwara State. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(3), 345–351. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i3.16214.
Valentin, C., Budiwibowo, S., & Sulistyowati, N. W. (2019). Determinan Minat Mahasiswa Menjadi Guru. Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 366–378. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.173.
Wang, Z., & Adesope, O. (2016). Exploring the Effects of Seductive Details With the 4-Phase Model of Interest. Learning and Motivation, 55, 65–77. https://doi.org/10.1016/j.lmot.2016.06.003.
Wardana. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Standar Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Kolegial Teknik Kunjungan Antar Kelas. Jurnal Tarbawi, 15(1). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v15i1.721.
Watuliu, J. (2015). Peranan komunikasi Keluarga dalam Meningkatkan Minal Belajar Siswa SMU di Desa Warukapas Kecamatan Dimembe kabupaten Minahasa Utara. Acta Diurna, 4(4), 1–14.
Wildan, M., Susilaningsih, & Ivada, E. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Guru Pada Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP UNS. Jurnal Tata Arta, 2(9), 12–25.
Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Kencana.
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi dalam Ilmu Komunikasi. Jurnal Diakom, 1(2), 83–90.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mia Aina, Aulia Sanova, Danial Musysd, Gusti Ayu Muthia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)