KEEFEKTIFAN MODEL SNOWBALL THROWING BERBANTU MEDIA WAYANG KERTAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN

Authors

  • Dwy Afita Sari PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang
  • Sri Suneki PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang
  • Veryliana Purnamasari PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19496

Abstract

Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui keefektifan model Snowball Throwing brebantu media Wayang Kertas terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Kuwu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk pre-eksperimental design dengan bentuk One-Group-Pretest-Posttest Design yaitu hanya satu kelas yang digunakan sebagai subyek penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini nilai rata-rata pretest sebesar 66,4 sedangkan rata-rata nilai posttest sebesar 75,4. Teknik analisis data terdiri dari uji normalitas, uji ketuntasan belajar dan uji t. Analisis data menggunakan uji t diperoleh hasil 14,466 lebih besar dari ttabel yaitu 2,026 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima artinya hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Snowball Throwing berbantu media Wayang Kertas efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Kuwu Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku.

Kata kunci: Snowball Throwing, Wayang Kertas, Hasil Belajar

References

Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group

A.H Hujair Sanaky. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safira Insania Press.

Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Erlangga

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran Perannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yoyjakarta: Gava Media.

Hamdaya, Jumanta. 2015. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia

Parwati Ni Nyoman, I Putu Pasek Suryawan, Ratih Ayu Apsari. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta. Diva Press

Schunk, D.H. 2012. Teori-teori Pembelajaran Perspektif Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Shoimin, Aris. 2014. Enam Puluh Delapan Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Afabeta, CV.

Trianto. 2013. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini, TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana.

Oktavianti, Rizki. Wijayanto, Agus. 2014. “Pengembangan Media Gayanghetum (Gambar Wayang Hewan Dan Tumbuhan) Dalam Pembelajaran Tematik Terintregasi Kelas IV SD. Mimbar Sekolah Dasar, Vol.1, No.1, hlm.65. Program Studi PGSD IKIP PGRI Semarang.

Ramlah. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas Xii Sman 9 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau Volume 1 Nomor 1 Juli 2017

Siti, Irsanti. 2018. “Keefektifan Metode Bercerita berbantuan Media Wayang Kertas Terhadap Hasil Belajar Dalam pembelajaran Tematik Peserta Didik Kelas III SD N Peterongan Semarang”. Skripsi. Univeristas PGRI Semarang.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendiidkan Nasional.2004.Jakarta: bab 4, pasal 5

Yuliati.2015. Efektifitas Penggunaan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pertidaksamaan Linear di Kelas XI-IS-2 Sma Negeri 7 Banda Aceh. Jurnal Peluang, Volume 3, Nomor 2, April 2015, ISSN: 2302-5158

Downloads

Published

2019-08-30

How to Cite

Afita Sari, D., Suneki, S., & Purnamasari, V. (2019). KEEFEKTIFAN MODEL SNOWBALL THROWING BERBANTU MEDIA WAYANG KERTAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 301–310. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19496

Issue

Section

Articles