Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.23361Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika realistik yang valid, praktis, efektif, dan menganalisis peningkatan kemampuan komunikasi dalam perangkat pembelajaran matematika realistik. Penelitian menggunakan model 4-D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas produk RPP total skor 4,1 berada dalam kategori “valid”. Buku guru dan buku siswa total skor 4,2 berada dalam kategori “valid”. LKS total skor 4,1 berada dalam kategori “valid”. Kepraktisan perangkat pembelajaran berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran mencapai rata-rata 3,5 dengan kategori tinggi. keefektifan perangkat pembelajaran berdasarkan ketuntasan belajar siswa mencapai 85% dengan kriteria tuntas dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, yaitu meningkat dari 35% menjadi 72%.
References
Frudental H. 1991. Revisting Mathematics Education. Dordrecht: reidel publishing
Gede Putu I. 2018. Penerapan Pendidikan Matematika Realistik dengan penugasan Berbantuan Aplikasi Whatshapp untuk Meningkatkan Peran Partisipatif Orang Tua dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV-B SDN 3 Mengwi. Indonesia Digital Journal Of Mathematics and EducationI. Vol 5 No. 9
Hadi, S. 2017. Pendidikan Matematika Realistik (Teori, Pengembangan, dan Implementasinya). Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit Raja Grafindo Persada
Hasratuddin. 2015. Mengapa Harus Belajar Matematika?. Medan: Perdana Publishing
Heryan, U. 2018. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. Vol. 3 No. 2
Kamarullah. 2017. Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran matematika. Vol.1 No. 1
Nofrianto, A, dkk. 2017. Komunikasi Matematis Siswa Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Gantang. Vol. II No. 2
Sahara, N. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dan Self Efficacy Siswa. Jurnal Penelitian MIPA. Vol 2 No. 1
Putra, F. G. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dengan Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Keislaman terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 7 No. 2
Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabheta
Thiagarajan, S.Semmel, D.S & Semmel, MI. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana University Bloomington.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)