Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis

Penulis

  • Nuraini Nuraini Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Firmansyah Firmansyah Pendidikan Matematika, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Herman Mawengkang Pendidikan Matematika, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.23361

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika realistik yang valid, praktis, efektif, dan menganalisis peningkatan kemampuan komunikasi dalam perangkat pembelajaran matematika realistik. Penelitian menggunakan model 4-D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas produk RPP total skor 4,1 berada dalam kategori “valid”. Buku guru dan buku siswa total skor 4,2 berada dalam kategori “valid”. LKS total skor 4,1 berada dalam kategori “valid”. Kepraktisan perangkat pembelajaran berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran mencapai rata-rata 3,5 dengan kategori tinggi. keefektifan perangkat pembelajaran berdasarkan ketuntasan belajar siswa mencapai 85% dengan kriteria tuntas dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, yaitu meningkat dari 35% menjadi 72%. 

Referensi

Frudental H. 1991. Revisting Mathematics Education. Dordrecht: reidel publishing

Gede Putu I. 2018. Penerapan Pendidikan Matematika Realistik dengan penugasan Berbantuan Aplikasi Whatshapp untuk Meningkatkan Peran Partisipatif Orang Tua dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV-B SDN 3 Mengwi. Indonesia Digital Journal Of Mathematics and EducationI. Vol 5 No. 9

Hadi, S. 2017. Pendidikan Matematika Realistik (Teori, Pengembangan, dan Implementasinya). Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit Raja Grafindo Persada

Hasratuddin. 2015. Mengapa Harus Belajar Matematika?. Medan: Perdana Publishing

Heryan, U. 2018. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. Vol. 3 No. 2

Kamarullah. 2017. Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran matematika. Vol.1 No. 1

Nofrianto, A, dkk. 2017. Komunikasi Matematis Siswa Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Gantang. Vol. II No. 2

Sahara, N. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dan Self Efficacy Siswa. Jurnal Penelitian MIPA. Vol 2 No. 1

Putra, F. G. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dengan Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Keislaman terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 7 No. 2

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabheta

Thiagarajan, S.Semmel, D.S & Semmel, MI. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana University Bloomington.

Diterbitkan

2020-03-30

Cara Mengutip

Nuraini, N., Firmansyah, F., & Mawengkang, H. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 58–65. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.23361

Terbitan

Bagian

Articles