Metode Genius Learning dan Penemuan Terbimbing Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa SMK

Authors

  • Rosiana Lahiri SMK Negeri 5 Kota Ternate

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.38195

Keywords:

Hasil Belajar, Metode Genius Learning, Penemuan Terbimbing

Abstract

Hasil belajar PKn siswa tergolong rendah dikarenakan guru kurang mampu memberikan pembelajran PKn yang menyenangkan. Pembelajaran PKn dilakukan monoton dengan terpusat pada guru sehingga siswa merasa bosan dan jenuh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode genius learning dan penemuan terbimbing terhadap hasil belajar Pkn siswa kelas XI SMK. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jumlah 3 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI berjumlah 26 orang. Data dikumpulkan dengan tes pilihan ganda dan lembar observasi aktivitas siswa. Data hasil belajar dan observasi aktivitas siswa dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif yaitu dengan mencari persentase observasi aktivitas siswa dan persentase ketuntasan belajar siswa. Data diambil dari tiga kegiatan yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III. Hasil penelitian ini menunjukkan pada siklus I persentase aktivitas siswa 23,08 % dan persentase ketuntasan klasikal 15,38%. Pada siklus II persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 26,92 % dan persentase ketuntasan klasikal meningkat menjadi 15,38%. Pada siklus III persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 38,46 % dan persentase ketuntasan klasikal tetap pada 15,38%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran genius learnig dan penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas XI.

References

Alam, Z. I., & Razak, F. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Metode Penemuan Terbimbing Untuk Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas Xii Sma Negeri 1 Segeri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.336. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.336

Annajmi, A., & Afri, L. E. (2019). Pengaruh Penggunaan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Metode Penemuan Terbimbing terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 95–106. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.410. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.410

Asmara, A. S., Hardi, H., & Ardiyanti, Y. (2019). Contextual learning on Mathematical subjects to enhance student motivation for Learning in vocational high school. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(2), 228. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i2.13499. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i2.13499

Fajriah, S. A. N. (2014). Pengaruh Genius Learning Method Terhadap Pemahaman Konsep Geografi Peserta Didik Kelas X Di Sman 1 Kasokandel Majalengka. Jurnal Gea, 14(1), 28–39. https://doi.org/10.17509/gea.v14i1.3360.g2355.

Handayani, R. D., & Yanti, Y. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Di Kelas Iv Mi Terpadu Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 107–123. https://doi.org/10.24042/terampil.v4i2.2220. DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p741-751

Hidayat, T., Mulyati, S., & Qohar, A. (2017). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(8), 1116–1122. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i8.9882.

Juliani, R., & Meliana, F. (2014). Pengaruh Strategi Genius Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fisika Topik Listrik Dinamis Kelas Ix Smp Swasta Raksana Medan. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.22611/jpf.v3i1.3274 DOI: https://doi.org/10.22611/jpf.v3i1.3274

Kasmini, L., & Munthe, I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning di Sekolah Dasar Kota Banda Aceh. 5(2), 145–154. https://doi.org/10.21067/jbpd.v5i1.5384. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.766

Khaulani, F., Noviana, E., & Witri, G. (2019). Penerapan Metode Brainstorming Dengan Bantuan Media Gambar Grafis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V Sd Negeri 009 Pulau Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1), 18. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6305. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6305

Kurniawan, A. D. (2013). Metode inkuiri terbimbing dalam pembuatan media pembelajaran biologi untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 8–11. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2503.

Kurniawati, M., Santanapurba, H., & Kusumawati, E. (2019). Penerapan Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematika SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 8–19. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i1.6827. DOI: https://doi.org/10.20527/edumat.v7i1.6827

Masrita, M. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Make A Match di SDN 15 Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera BaratMeningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV Melalui Pembelajaran Kooperatif Make A Match di SDN 15 B. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 179. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1526. DOI: https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1526

Mediatati, N., & Suryaningsih, I. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay Dengan Media Flipchart Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 113. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10146. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10146

Muchtadi, M., Hartono, H., & Oktaviana, D. (2017). Hubungan Aktivitas dan Respon terhadap Hasil Belajar Program Linier Setelah Diterapkan Pembelajaran Genius Learning pada Program Studi Pendidikan Matematika. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(1), 45. https://doi.org/10.23971/eds.v5i1.668. DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v5i1.668

Murdiono, M. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Wawasan Global Warga Negara Muda. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 349–357. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2379. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2379

Naimah, K., & Maryamah, M. (2017). Penerapan Metode Genius Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIN 1 Teladan Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3(1), 62–76. https://doi.org/10.19109/jip.v3i1.1378. DOI: https://doi.org/10.19109/jip.v3i1.1378

Padmi, I. A. N. (2018). Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Perlindungan dan Penegakan Hukum dengan Metode Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas XII IPS 2 di SMAN 3 Mataram. Jurnal Kependidikan, 4(2), 151–157. https://doi.org/10.33394/jk.v4i2.1123. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v4i2.1123

Prayoga, S. T., Suratno, & Apriliya, S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Genius Learning dengan Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Biologi. Jurnal Edukasi, 11(3), 1–4. https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i3.4321.

Purnomo, Y. W. (2011). Keefektifan Model Penemuan Terbimbing Dan Cooperative Learning Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 41(1), 131400. https://doi.org/10.21831/jk.v41i1.1916.

Puspitasari, D. R., Mustaji, & Rusmawati, R. D. (2019). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berpengaruh Terhadap Pemahaman dan Penemuan Konsep dalam. Jipp, 3(1), 96–107. http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17536.

Riyadi, A., Mulyono, D., & Purwasi, L. A. (2018). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika Siswa SMP. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 1(2). https://doi.org/10.31539/joeai.v1i1.240. DOI: https://doi.org/10.31539/joeai.v1i2.394

Samawati, S. (2014). Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Genius Learning dalam Meningkatkan Aktivitas Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(1). https://doi.org/10.24114/jupiis.v6i1.1476. DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v6i1.1476

Sofyan, F. S., & Sundawa, D. (2016). Hubungan Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Peningkatan Wawasan Kebangsaan Dan Semangat Nasionalisme Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(2), 185. https://doi.org/10.17509/jpis.v24i2.1455. DOI: https://doi.org/10.17509/jpis.v24i2.1455

Sumardjoko, B., & Musyiam, M. (2018). Model of civic education learning based on the local wisdom for revitalizing values of pancasila. Cakrawala Pendidikan, 37(2), 201–211. https://doi.org/10.21831/cp.v37i2.18037. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v37i2.18037

Tayibu, N. Q., & Faizah, A. N. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Penemuan Terbimbing Setting Kooperatif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 117–128. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.728. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.728

Thohir, M. A., Wasis, W., & WW, S. (2013). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Metode Penemuan Terbimbing Dalam Upaya Remediasi Miskonsepsi Materi Listrik Dinamis. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 1(2). http://dx.doi.org/10.26740/jpps.v1n2.p62-67. DOI: https://doi.org/10.26740/jpps.v1n2.p62-67

Wahyuni, E. T. (2017). Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Organisasi melalui Model Numbered Head Together di Kelas V. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(4), 494. https://doi.org/10.28926/briliant.v2i4.111. DOI: https://doi.org/10.28926/briliant.v2i4.111

Wijayanti, D. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Statistika Dan Peluang Dengan Metode Penemuan Terbimbing Berorientasi Kurikulum 2013 Untuk Siswa Kelas X. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 23. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.6449. DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.6449

Downloads

Published

2021-08-05

How to Cite

Lahiri, R. (2021). Metode Genius Learning dan Penemuan Terbimbing Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa SMK. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 195–202. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.38195

Issue

Section

Articles