Metode Genius Learning dan Penemuan Terbimbing Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.38195Keywords:
Hasil Belajar, Metode Genius Learning, Penemuan TerbimbingAbstract
Hasil belajar PKn siswa tergolong rendah dikarenakan guru kurang mampu memberikan pembelajran PKn yang menyenangkan. Pembelajaran PKn dilakukan monoton dengan terpusat pada guru sehingga siswa merasa bosan dan jenuh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode genius learning dan penemuan terbimbing terhadap hasil belajar Pkn siswa kelas XI SMK. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jumlah 3 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI berjumlah 26 orang. Data dikumpulkan dengan tes pilihan ganda dan lembar observasi aktivitas siswa. Data hasil belajar dan observasi aktivitas siswa dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif yaitu dengan mencari persentase observasi aktivitas siswa dan persentase ketuntasan belajar siswa. Data diambil dari tiga kegiatan yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III. Hasil penelitian ini menunjukkan pada siklus I persentase aktivitas siswa 23,08 % dan persentase ketuntasan klasikal 15,38%. Pada siklus II persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 26,92 % dan persentase ketuntasan klasikal meningkat menjadi 15,38%. Pada siklus III persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 38,46 % dan persentase ketuntasan klasikal tetap pada 15,38%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran genius learnig dan penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas XI.
References
Alam, Z. I., & Razak, F. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Metode Penemuan Terbimbing Untuk Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas Xii Sma Negeri 1 Segeri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.336. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.336
Annajmi, A., & Afri, L. E. (2019). Pengaruh Penggunaan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Metode Penemuan Terbimbing terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 95–106. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.410. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.410
Asmara, A. S., Hardi, H., & Ardiyanti, Y. (2019). Contextual learning on Mathematical subjects to enhance student motivation for Learning in vocational high school. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(2), 228. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i2.13499. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i2.13499
Fajriah, S. A. N. (2014). Pengaruh Genius Learning Method Terhadap Pemahaman Konsep Geografi Peserta Didik Kelas X Di Sman 1 Kasokandel Majalengka. Jurnal Gea, 14(1), 28–39. https://doi.org/10.17509/gea.v14i1.3360.g2355.
Handayani, R. D., & Yanti, Y. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Di Kelas Iv Mi Terpadu Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 107–123. https://doi.org/10.24042/terampil.v4i2.2220. DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p741-751
Hidayat, T., Mulyati, S., & Qohar, A. (2017). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(8), 1116–1122. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i8.9882.
Juliani, R., & Meliana, F. (2014). Pengaruh Strategi Genius Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fisika Topik Listrik Dinamis Kelas Ix Smp Swasta Raksana Medan. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.22611/jpf.v3i1.3274 DOI: https://doi.org/10.22611/jpf.v3i1.3274
Kasmini, L., & Munthe, I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning di Sekolah Dasar Kota Banda Aceh. 5(2), 145–154. https://doi.org/10.21067/jbpd.v5i1.5384. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.766
Khaulani, F., Noviana, E., & Witri, G. (2019). Penerapan Metode Brainstorming Dengan Bantuan Media Gambar Grafis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V Sd Negeri 009 Pulau Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1), 18. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6305. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6305
Kurniawan, A. D. (2013). Metode inkuiri terbimbing dalam pembuatan media pembelajaran biologi untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 8–11. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2503.
Kurniawati, M., Santanapurba, H., & Kusumawati, E. (2019). Penerapan Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematika SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 8–19. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i1.6827. DOI: https://doi.org/10.20527/edumat.v7i1.6827
Masrita, M. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Make A Match di SDN 15 Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera BaratMeningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV Melalui Pembelajaran Kooperatif Make A Match di SDN 15 B. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 179. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1526. DOI: https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1526
Mediatati, N., & Suryaningsih, I. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay Dengan Media Flipchart Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 113. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10146. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10146
Muchtadi, M., Hartono, H., & Oktaviana, D. (2017). Hubungan Aktivitas dan Respon terhadap Hasil Belajar Program Linier Setelah Diterapkan Pembelajaran Genius Learning pada Program Studi Pendidikan Matematika. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(1), 45. https://doi.org/10.23971/eds.v5i1.668. DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v5i1.668
Murdiono, M. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Wawasan Global Warga Negara Muda. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 349–357. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2379. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2379
Naimah, K., & Maryamah, M. (2017). Penerapan Metode Genius Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIN 1 Teladan Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3(1), 62–76. https://doi.org/10.19109/jip.v3i1.1378. DOI: https://doi.org/10.19109/jip.v3i1.1378
Padmi, I. A. N. (2018). Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Perlindungan dan Penegakan Hukum dengan Metode Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas XII IPS 2 di SMAN 3 Mataram. Jurnal Kependidikan, 4(2), 151–157. https://doi.org/10.33394/jk.v4i2.1123. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v4i2.1123
Prayoga, S. T., Suratno, & Apriliya, S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Genius Learning dengan Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Biologi. Jurnal Edukasi, 11(3), 1–4. https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i3.4321.
Purnomo, Y. W. (2011). Keefektifan Model Penemuan Terbimbing Dan Cooperative Learning Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 41(1), 131400. https://doi.org/10.21831/jk.v41i1.1916.
Puspitasari, D. R., Mustaji, & Rusmawati, R. D. (2019). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berpengaruh Terhadap Pemahaman dan Penemuan Konsep dalam. Jipp, 3(1), 96–107. http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17536.
Riyadi, A., Mulyono, D., & Purwasi, L. A. (2018). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika Siswa SMP. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 1(2). https://doi.org/10.31539/joeai.v1i1.240. DOI: https://doi.org/10.31539/joeai.v1i2.394
Samawati, S. (2014). Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Genius Learning dalam Meningkatkan Aktivitas Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(1). https://doi.org/10.24114/jupiis.v6i1.1476. DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v6i1.1476
Sofyan, F. S., & Sundawa, D. (2016). Hubungan Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Peningkatan Wawasan Kebangsaan Dan Semangat Nasionalisme Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(2), 185. https://doi.org/10.17509/jpis.v24i2.1455. DOI: https://doi.org/10.17509/jpis.v24i2.1455
Sumardjoko, B., & Musyiam, M. (2018). Model of civic education learning based on the local wisdom for revitalizing values of pancasila. Cakrawala Pendidikan, 37(2), 201–211. https://doi.org/10.21831/cp.v37i2.18037. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v37i2.18037
Tayibu, N. Q., & Faizah, A. N. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Penemuan Terbimbing Setting Kooperatif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 117–128. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.728. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.728
Thohir, M. A., Wasis, W., & WW, S. (2013). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Metode Penemuan Terbimbing Dalam Upaya Remediasi Miskonsepsi Materi Listrik Dinamis. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 1(2). http://dx.doi.org/10.26740/jpps.v1n2.p62-67. DOI: https://doi.org/10.26740/jpps.v1n2.p62-67
Wahyuni, E. T. (2017). Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Organisasi melalui Model Numbered Head Together di Kelas V. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(4), 494. https://doi.org/10.28926/briliant.v2i4.111. DOI: https://doi.org/10.28926/briliant.v2i4.111
Wijayanti, D. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Statistika Dan Peluang Dengan Metode Penemuan Terbimbing Berorientasi Kurikulum 2013 Untuk Siswa Kelas X. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 23. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.6449. DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.6449
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)