Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Melalui Penerapan Metode Drill

Authors

  • Luh Redasi SD Negeri 5 Sukasada, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.40038

Keywords:

Metode Drill, Hasil Belajar

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika merupakan tantangan yang dihadapi oleh guru untuk menjadikan matematika sebagai sesuatu yang menarik. Untuk itu guru dituntut menciptakan kegiatan yang menyebabkan siswa senang dan asyik dalam mempelajari matematika. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan metode drill pada siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas V yang berjumlah 5 orang siswa. Obyek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar matematika. Dalam penelitian ini data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar, metode analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran matematika melalui penerapan metode drill pada siswa kelas V dinyatakan meningkat, hal dibuktikan terjadi perbedaan hasil belajar antara siklus I (jumlah 350, rata-rata 70, daya serap 70%, ketuntasan belajar 80%) dan siklus II (jumlah 390, rata-rata 78, daya serap 78%, ketuntasan belajar 100%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 8% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 20%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill pada siswa kelas V sekolah dasar dapat meningkatkan hasil belajar matematika.

References

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Daryanto. (1999). Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta.

Dewi, C. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Dalam Bermain Drama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(2), 567–575. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i2.4575. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v3i2.4575

Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif meningkatkan hasil belajar siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2), 1–13. https://doi.org/10.17509/EH.V4I2.2 827.G1848. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827

Handayani, O. D. (2018). Pembelajaran Matematika Permulaan Melalui Kewirausahaan pada Aktivitas Bercocok Tanam pada Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 71–84. http://103.98.176.9/index.php/paudia/article/view/3270. DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v7i2.3270

Huang, X., & Mayer, R. E. (2019). Adding Self-Efficacy Features to an Online Statistics Lesson. In Journal of Educational Computing Research (Vol. 57, Issue 4). https://doi.org/10.1177/0735633118771085. DOI: https://doi.org/10.1177/0735633118771085

Juniati, E. (2017). Peningkatkan hasil belajar matematika melalui metode drill dan diskusi kelompok pada siswa kelas VI SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 283–291. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p283-291. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p283-291

Khasinah, S. (2013). Classroom action research. Pionir, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.22373/pjp.v4i1.159.

Kurniasari, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Make A Match Berbantuan Media Konkret Kelas 4 SD. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.761. DOI: https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.761

Legiman. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). LPMP DI Yogyakarta. http://lpmpjogja.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2015/02/Penelitian-Tindakan-Kelas-PTK-legiman.pdf.

Muttaqien, F. (2017). Penggunaan Media Audio-Visual dan Aktivitas Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Vocabulary Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X. Jurnal Wawasan Ilmiah, 8(1), 25–41. https://jurnal.amikgarut.ac.id/index.php/jwi/article/download/27/29.

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421. DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421

Permanik, I. (2017). Peningkatan kemampuan menyimak dan berbicara anak usia dini melalui model doalogic reading. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(5), 75–84. http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/112.

Primayanti, G., Suwu, S. E., & Appulembang, O. D. (2018). Penerapan metode drill untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Lentera Way Pengubuan pada topik persamaan garis lurus [The implementation of the drill method to increase mathematical communication skills of grade 8 students . JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 1(2), 135–149. https://doi.org/10.19166/johme.v1i2.867. DOI: https://doi.org/10.19166/johme.v1i2.867

Purnamasari, M., Isman, J., Damayanti, A., & Ismah, I. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika terhadap Konsep Bangun Ruang Materi Luas dan Volume Balok dan Kubus Menggunakan Metode Drill Sekolah SMP Islam Al-Ghazali Kelas VIII. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 45–52. https://doi.org/10.24853/fbc.3.1.45-52. DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.3.1.45-52

Rosalina, E., & Pertiwi, H. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visual Intellectualy) Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 1(2). https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JUDIKA/article/view/313. DOI: https://doi.org/10.31539/judika.v1i2.313

Suryawati, E., & Osman, K. (2018). Contextual Learning: Innovative Approach Towards The Development of Students’ Scientific Attitude and Natural Science Performance. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(1), 61–76. https://doi.org/10.12973/ejmste/79329. DOI: https://doi.org/10.12973/ejmste/79329

Susilowati, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terintegrasi Nilai Islam untuk Meningkatkan Sikap dan Prestasi Belajar IPA Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 78–88. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.13677. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.13677

Trisdiono, H., & Zuwanti, I. (2017). Strategi Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 7(02), 95. https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1468. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1468

Umaya, B., Wardhana, M. A., & Setia, Y. (2020). Peningkatan Pembelajaran Matematika Materi FPB Melalui Media Sandal FPB dalam Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas IV Pembelajaran Secara Daring. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA) II. http://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/article/view/1052.

Widodo, S., & Kartikasari, K. (2017). Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar Dengan Model Creative Problem Solving (Cps). Prisma, 6(1). https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.28. DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.28

Yuni, A. (2017). Pengaruh Metode Drill dan Metode Bermain Terhadap Keterampilan Bermain Bola Voli Mini (Studi Eksperimen Pada Siswa SD Negeri 14 Kampung Jambak Kecamatan Koto Tangah Kota Padang). Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI. http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1276. DOI: https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1276

Downloads

Published

2021-10-06

How to Cite

Redasi, L. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Melalui Penerapan Metode Drill. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 296–301. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.40038

Issue

Section

Articles