Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Melalui Penerapan Metode Drill
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.40038Kata Kunci:
Metode Drill, Hasil BelajarAbstrak
Rendahnya hasil belajar matematika merupakan tantangan yang dihadapi oleh guru untuk menjadikan matematika sebagai sesuatu yang menarik. Untuk itu guru dituntut menciptakan kegiatan yang menyebabkan siswa senang dan asyik dalam mempelajari matematika. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan metode drill pada siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas V yang berjumlah 5 orang siswa. Obyek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar matematika. Dalam penelitian ini data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar, metode analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran matematika melalui penerapan metode drill pada siswa kelas V dinyatakan meningkat, hal dibuktikan terjadi perbedaan hasil belajar antara siklus I (jumlah 350, rata-rata 70, daya serap 70%, ketuntasan belajar 80%) dan siklus II (jumlah 390, rata-rata 78, daya serap 78%, ketuntasan belajar 100%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 8% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 20%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill pada siswa kelas V sekolah dasar dapat meningkatkan hasil belajar matematika.
Referensi
Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Daryanto. (1999). Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta.
Dewi, C. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Dalam Bermain Drama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(2), 567–575. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i2.4575. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v3i2.4575
Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif meningkatkan hasil belajar siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2), 1–13. https://doi.org/10.17509/EH.V4I2.2 827.G1848. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827
Handayani, O. D. (2018). Pembelajaran Matematika Permulaan Melalui Kewirausahaan pada Aktivitas Bercocok Tanam pada Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 71–84. http://103.98.176.9/index.php/paudia/article/view/3270. DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v7i2.3270
Huang, X., & Mayer, R. E. (2019). Adding Self-Efficacy Features to an Online Statistics Lesson. In Journal of Educational Computing Research (Vol. 57, Issue 4). https://doi.org/10.1177/0735633118771085. DOI: https://doi.org/10.1177/0735633118771085
Juniati, E. (2017). Peningkatkan hasil belajar matematika melalui metode drill dan diskusi kelompok pada siswa kelas VI SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 283–291. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p283-291. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p283-291
Khasinah, S. (2013). Classroom action research. Pionir, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.22373/pjp.v4i1.159.
Kurniasari, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Make A Match Berbantuan Media Konkret Kelas 4 SD. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.761. DOI: https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.761
Legiman. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). LPMP DI Yogyakarta. http://lpmpjogja.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2015/02/Penelitian-Tindakan-Kelas-PTK-legiman.pdf.
Muttaqien, F. (2017). Penggunaan Media Audio-Visual dan Aktivitas Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Vocabulary Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X. Jurnal Wawasan Ilmiah, 8(1), 25–41. https://jurnal.amikgarut.ac.id/index.php/jwi/article/download/27/29.
Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421. DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421
Permanik, I. (2017). Peningkatan kemampuan menyimak dan berbicara anak usia dini melalui model doalogic reading. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(5), 75–84. http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/112.
Primayanti, G., Suwu, S. E., & Appulembang, O. D. (2018). Penerapan metode drill untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Lentera Way Pengubuan pada topik persamaan garis lurus [The implementation of the drill method to increase mathematical communication skills of grade 8 students . JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 1(2), 135–149. https://doi.org/10.19166/johme.v1i2.867. DOI: https://doi.org/10.19166/johme.v1i2.867
Purnamasari, M., Isman, J., Damayanti, A., & Ismah, I. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika terhadap Konsep Bangun Ruang Materi Luas dan Volume Balok dan Kubus Menggunakan Metode Drill Sekolah SMP Islam Al-Ghazali Kelas VIII. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 45–52. https://doi.org/10.24853/fbc.3.1.45-52. DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.3.1.45-52
Rosalina, E., & Pertiwi, H. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visual Intellectualy) Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 1(2). https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JUDIKA/article/view/313. DOI: https://doi.org/10.31539/judika.v1i2.313
Suryawati, E., & Osman, K. (2018). Contextual Learning: Innovative Approach Towards The Development of Students’ Scientific Attitude and Natural Science Performance. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(1), 61–76. https://doi.org/10.12973/ejmste/79329. DOI: https://doi.org/10.12973/ejmste/79329
Susilowati, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terintegrasi Nilai Islam untuk Meningkatkan Sikap dan Prestasi Belajar IPA Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 78–88. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.13677. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.13677
Trisdiono, H., & Zuwanti, I. (2017). Strategi Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 7(02), 95. https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1468. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1468
Umaya, B., Wardhana, M. A., & Setia, Y. (2020). Peningkatan Pembelajaran Matematika Materi FPB Melalui Media Sandal FPB dalam Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas IV Pembelajaran Secara Daring. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA) II. http://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/article/view/1052.
Widodo, S., & Kartikasari, K. (2017). Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar Dengan Model Creative Problem Solving (Cps). Prisma, 6(1). https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.28. DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.28
Yuni, A. (2017). Pengaruh Metode Drill dan Metode Bermain Terhadap Keterampilan Bermain Bola Voli Mini (Studi Eksperimen Pada Siswa SD Negeri 14 Kampung Jambak Kecamatan Koto Tangah Kota Padang). Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI. http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1276. DOI: https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1276
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)