UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI PENGGUNAAN METODE KONTEKSTUAL

Penulis

  • I Made Erawan SMA Negeri 1 Blahbatuh

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.21154

Abstrak

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Blahbatuh  pada kelas XI IPS 1 Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019 ini adalah untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar  Permainan Bola Basket siswa kelas XI IPS 1 Semester II SMA Negeri 1 Blahbatuh. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi untuk mengevaluasi tingkat keterlibatan peserta disik secara mental dan tes prestasi belajar yang digunakan untuk mengukur tingkat pencapaian keterampilan yang dicapai peserta didik dalam proses pembelajaran. Untuk memaknai data hasil penelitian, data yang telah diperoleh dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif, dengan menyajikan rata-rata, modus, median, dan prosentase ketuntasan belajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar  Permainan Bola Basket. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada pada awalnya rata-rata 69,86 dengan prosentase ketuntasan belajar 36,11%. Setelah diberikan tindakan pada siklus I prestasi belajar anak mengalami peningkatan menjadi rata-rata 74,44, dengan ketuntasan belajar 69,44% Selanjutnya pada siklus II meningkat lagi menjadi rata-rata 81,83 dengan ketuntasan belajar mencapai 94,44%. Hasil yang diperoleh pada siklus II ini telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan sehingga penelitian tidak dilanjutkan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar  Permainan Bola Basket siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Blahbatuh.

Kata kunci: metode kontekstual, prestasi belajar Permainan Bola Basket

Referensi

Amri, Sofan. 2015. Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya. Insan Cendekia.

Charuer, Kathy, dkk. 2005. Permainan Berbasis Sentra Pembelajaran. Beltsuillee, MD 20705: Translation Copyright 2005 by Penerbit Erlangga.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Daryanto. 1999. Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta: Jakarta.

Depdiknas, 2003c.Sistem Penilaian Kelas SD, SD, SMA dan SMK. Dirjen Dikdasmen Tendik.

Depdiknas. 2008. Pengolahan dan Analisis Data Penelitian. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK.

Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.

Nurhadi, 2004. Pembelajaran Kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.

Pauweni, Mirdayani. 2012. Pengembangan Model Permainan Bola Basket Taki Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas Di Kota Gorontalo . Journal Of Physical Education And Sports 2012 Universitas Negeri Semarang.

Sukadana. 2018. Penerapan Metode Kontekstual Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Permainan Bola Basket. E-Jurnal Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol. 2 No. 1, April 2019 P-ISSN : 2621-5713, E-ISSN : 2621-5705.

Supardi, 2005. Pengembangan Profesi dan Ruang Lingkup Karya Ilmiah. Jakarta: Depdiknas.

Syarifudin, Aip. 1997. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan I. Jakarta: Grasindo.

Cara Mengutip

Erawan, I. M. (2019). UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI PENGGUNAAN METODE KONTEKSTUAL. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 414–421. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.21154

Terbitan

Bagian

Articles