Multimedia Interaktif Bermuatan Game Tebak Kata tentang Materi Sistem Reproduksi pada Manusia untuk Peserta Didik Kelas XI SMA

Penulis

  • Nilmala Sari Universitas Negeri Padang
  • Relsas Yogica Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38206

Kata Kunci:

Interactive Multimedia, Guessing of word Games, Human Reproductive System

Abstrak

Kurangnya pemahaman materi siswa dalam proses pembelajaran memberikan dampak pada hasil belajar siswa. Guru hanya terpaku pada satu sumber buku ajar, sehingga siswa kesulitan dalam memahami materi yang bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan multimedia interaktif bermuatan game tebak kata tentang materi system reproduksi pada manusia untuk peserta didik kelas XI SMA. Pengembangan media dalam penelitian menggunakan model Instructional Development  Institute (IDI). Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode wawancara, metode kuisioner dan instrumen skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis data dengan statistik deskriptif meliputi analisis validitas dan praktikalitas. Hasil penelitian ini yaitu hasil perhitungan rata-rata skor uji validitas diperoleh hasil bahwa rata-rata validitas yaitu  86,19% dengan kriteria valid. Hasil uji praktikalitas terhadap multimedia interaktif bermuatan game tebak kata oleh guru adalah 93,85% dengan kriteria sangat praktis dan peserta didik 90,57% dengan kriteria sangat praktis, sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif bermuatan game tebak kata dapat digunakan sebagai satu diantara media pendukung pada pembelajaran untuk materi sistem reproduksi pada manusia. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran dan guru dapat menggunakan multimedia interaktif bermuatan game tebak kata pada proses pembelajaran.

Biografi Penulis

Nilmala Sari, Universitas Negeri Padang

Pendidikan Biologi

Relsas Yogica, Universitas Negeri Padang

Pendidikan Biologi

Referensi

Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2020). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 284. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301

Amelia, R., Salamah, U., Abrar, M., Desnita, D., & Usmeldi, U. (2021). Improving Student Learning Outcomes Through Physics Learning Media Using Macromedia Flash. Journal of Education Technology, 5(3). https://doi.org/10.23887/jet.v5i3.36203. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v5i3.36203

Armansyah, F., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-dasar Animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 224–229. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p224. DOI: https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p224

Eitel, A. (2016). How repeated studying and testing affects multimedia learning: Evidence for adaptation to task demands. Learning and Instruction, 41, 70–84. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2015.10.003. DOI: https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2015.10.003

Gama, I. G. B. S., Mahadewi, L. P. P., & Jampel, I. N. (2016). Pengembangan Multimedia Tutorial Interaktif Sumber Daya Alam dan Teknologi pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV di SDN 3 Banyuasri. Jurnal EDUTECH, 6(3), 1–10. https://doi.org/10.23887/jeu.v4i3.8560.

Gunawan, G., Harjono, A., & Imran, I. (2016). Pengaruh Multimedia Interaktif Dan Gaya Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Kalor Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12(2), 118–125. https://doi.org/10.15294/jpfi.v12i2.5018. DOI: https://doi.org/10.15294/jpfi.v12i2.5018

Gustiana, A. D., & Puspita, R. D. (2020). The Effect of Educative Games on the Physical Fitness of Kindergarten Children. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 5(2), 149 – 154. https://doi.org/10.17509/jpjo.v5i2.24518. DOI: https://doi.org/10.17509/jpjo.v5i2.24518

Hanim, F., Sumarmi, & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Penginderaan Jauh Terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, Vol.1(4), 752–757. https://doi.org/10.17977/jp.v1i4.6246.

Heo, M., & Toomey, N. (2020). Learning with multimedia: The effects of gender, type of multimedia learning resources, and spatial ability. Computers and Education, 146, 103747. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103747. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103747

Jayusman, I., Gurdjita, G., & Shavab, O. A. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Multi Media Power Point Pada Mata Kuliah Sejarah Asia Timur. Jurnal Candrasangkala Pendidikan Sejarah, 3(1), 37. https://doi.org/10.30870/candrasangkala.v3i1.2886. DOI: https://doi.org/10.30870/candrasangkala.v3i1.2886

Kahfi, M., Nurparida, N., & Srirahayu, E. (2021). Penerapan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA. JURNAL PETIK, 7(1), 63–70. https://doi.org/10.31980/jpetik.v7i1.986. DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v7i1.986

Kholida, A., Sutama, I. W., & Suryadi, S. (2020). Pengembangan Alat Permainan Kartu U-Kids (Uno Kids) Untuk Menstimulasi Kecerdasan Logis-Matematis Anak Usia 5-6 Tahun. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 76–87. https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.24854. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.24854

Kukuh, N. M., Dwiyogo, W. D., & Heynoek, F. P. (2017). Pengembangan Permainan Aku Dan Hewan Menggunakan Multimedia Interaktif Untuk Guru Anak Usia Dini. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 1(1), 153 – 165. https://doi.org/10.17977/um040v1i1p153-165. DOI: https://doi.org/10.17977/um040v1i1p153-165

Kurniati, & Perdana, D. C. (2018). Kajian Teori Mengenai Multimedia Interaktif Power Point Berbasis Konteks Dan Pemahaman Matematis. Jurnal Universitas Ibn Khaldun, Bogor, 1, 382–388. https://doi.org/http://pkm.uika- bogor.ac.id/index. php/SNTP/article/view/282.

Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540. DOI: https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540

Kuswanto, J., & Walusfa, Y. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(2), 58–64. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19335.

Kuswanto, J., Walusfa, Y., Artikel, S., Korespondensi, A., Ratu Penghulu No, J., Sari, K., Baru, T., Raja Tim, B., Ogan Komering Ulu, K., & Selatan, S. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(2), 58–64. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19335.

Lee, T. T., & Osman, K. (2012). Interactive Multimedia Module in the Learning of Electrochemistry: Effects on Students’ Understanding and Motivation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 1323–1327. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.295. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.295

Mentari, T. A. S., & Rosalina, L. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Rias Wajah Karakter Foto/TV/Film Program Studi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan Jurusan Tata Rias Dan Kecantikan FPP UNP. Journal of Education Scienties, 2(2), 194–199. http://lppm.ojs.unespadang.ac.id/index.php/UJES. DOI: https://doi.org/10.31933/ujes.2.2.194-199.2018

Mukmin, B. A., & Primasatya, N. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Macromedia Flash Berbasis K-13 Sebagai Inovasi Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 211–226. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i2.13854. DOI: https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i2.13854

Musi, M. A., Sadaruddin, & Mulyadi. (2017). Implementasi Permainan Edukatif Berbasis Budaya Lokal Untuk Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 117–128. https://doi.org/10.24853/yby.1.2.117-128.

Nazalin, N., & Muhtadi, A. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Kimia Pada Materi Hidrokarbon Untuk Siswa Kelas Xi SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 221. https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.7359. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.7359

Novita, L., & Sundari, F. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Game Ular Tangga Digital. Jurnal Basicedu, 4(3), 716–724. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.428. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.428

Novitasari, K. (2019). Penggunaan Teknologi Multimedia Pada Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(01), 50. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i01.1435. DOI: https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i01.1435

Rahmawati, A. S., & Dewi, R. P. (2019). Penggunaan Multimedia Interaktif (MMI) Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(1), 50. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i1.958. DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v5i1.958

Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1011. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502

Rasch, T., & Schnotz, W. (2009). Interactive and non-interactive pictures in multimedia learning environments: Effects on learning outcomes and learning efficiency. Learning and Instruction, 19(5), 411–422. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2009.02.008. DOI: https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2009.02.008

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(2), 2239–2253. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/17824.

Rosyida, S. (2017). Multimedia Interaktif sebagai Media Pembelajaran Tentang Pengenalan Vitamin yang Terkandung di Dalam Buah. Teknik Informatika Stmik Antar Bangsa, 3(1), 17–23. https://doi.org/10.51998/jti.v3i1.125.

Saputra, G. A. A., Agung, A. A. G., & Suwatra, I. W. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Suplemen Pelajaran IPS Kelas Viii SMP. 05, 121–131. https://doi.org/10.23887/jeu.v5i1.20632.

Saputri, D. Y., Rukayah, & Indriayu, M. (2018). Need Assessment of Interactive Multimedia Based on Game in Elementary School: A Challenge into Learning in 21st Century. International Journal of Educational Research Review, 3(3), 1–8. https://doi.org/10.24331/ijere.411329. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.411329

Setiawan, E. (2019). Efforts To Increase Speaking0skills In Front Of The Class With Role Playing Techniques In Group Counseling Service For Students In Class VII B SMP Negeri 21 Banjarmasin. Jurnal Pelayanan Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 155–161. http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jpbk/article/view/3410/2610.

Shilpa, S. & Sunita, M. (2016). A study an interactive elementary education (3-6) with multimedia. International Journal of Home Science, 2(1), 214–215. https://www.homesciencejournal.com/archives/2016/vol2issue1/PartD/2-1-44-761.

Surya, Y. F. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52–61. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.30. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.31

Susanto, Dewi, N. R., & Irsadi, A. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Education Game pada Pembelajaran IPA Terpadu Tema Cahaya untuk Siswa SMP/MTs. USEJ - Unnes Science Education Journal, 2(1). https://doi.org/10.15294/usej.v2i1.1829.

Syahrowardi, S., & Permana, A. H. (2016). Desain Handout Multimedia Menggunakan 3D Pageflip Professional untuk Media Pembelajaran pada Sistem Android. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 89 – 96. https://doi.org/10.21009/1.02113. DOI: https://doi.org/10.21009/1.02113

Widyatmojo, G., & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbentuk Game untuk Menstimulasi Aspek Kognitif dan Bahasa Anak TK. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 38–49. https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/10194. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10194

Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. , 4(1), . Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 280–294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331.

Yuniarni, Sari, & Atiq. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331

Diterbitkan

2021-12-04

Cara Mengutip

Sari, N., & Yogica, R. (2021). Multimedia Interaktif Bermuatan Game Tebak Kata tentang Materi Sistem Reproduksi pada Manusia untuk Peserta Didik Kelas XI SMA. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 357–363. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38206

Terbitan

Bagian

Articles