Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Kelas IV SDN Sunter Agung 03 Pagi Jakarta Utara

Penulis

  • Wahyu Oktavianingsih Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Puri Pramudiani Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v5i2.49842

Kata Kunci:

Pendekatan Matematika Realistik (PMR), Pembelajaran Matematika, Berpikir Kreatif

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan guna memperoleh informasi terkait adanya pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) kepada kemampuan berpikir kreatif kelas IV SDN Sunter Agung 03 Pagi. Jenis penelitian ini ialah quasy experiment menggunakan desain Randomize Control Group Post Test Only. Populasi penelitian ini seluruh kelas IV SDN Sunter Agung 03 Pagi berjumlah 74 individu. Sampel penelitian ini yaitu 52 individu dengan teknik Randome Sampling. Hasil penelitian pada kelompok perlakuan dan kelompok konvensional dengan aplikasi SPSS tingkat kepercayaan 95% memperlihatkan bahwa menolak H_0 dimana adanya perbedaan signifikan diantara kemampuan berpikir kreatif kelas perlakuan dan kelas konvensional. Hal ini tampak melalui harga t= 2,537 dengan db=50, yang mana didapatkan p-values dengan= 0,014/2= 0,014<0,05 atau menolak H_0, dirumuskan pada simpulan bahwa kemampuan berpikir kreatif kelas yang menerapkan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) lebih unggul dibandingkan kemampuan berpikir kreatif kelas konvensional. Dapat dikatakan bahwa Pendekatan Matematika Realistik (PMR) mempunyai pengaruh dengan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV SDN Sunter Agung 03 Pagi Jakarta.

Referensi

Abidin, J., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Smp Kelas Viii Pada Materi Bangun Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 779. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p779-784. DOI: https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p779-784

Acesta, A. (2020). Analisis Kemampuan Higher Order Thingking Skills (HOTS) Siswa Materi IPA Di Sekolah Dasar. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(2), 170. https://doi.org/10.25134/quagga.v12i2.2831. DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v12i2.2831

Amelia, R., Aripin, U., & Hidayani, N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1143. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1143-1154. DOI: https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1143-1154

Bayuni, K. H. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Pemecahan Masalah Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(3), 276–281. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/30952.

Dwipayana, I. K. A. A., Parmiti, D. P., & Diputra, K. S. (2018). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD KELAS V. Journal of Education Technology Universitas Pendidikan Ganesha, 2(3), 87–94. https://doi.org/10.23887/jet.v2i3.16380. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i3.16380

Ernaeni, L., & Gunawan, I. (2019). Model Advanced Organizer: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 79–83. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3974. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3974

Febriani, P, Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 120–135. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/9761/4795.

Febriani, Peni, Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 120–135. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/9761/4795.

Fitriani, P., & Permana, R. (2019). Pengaruh Realistic Mathemathic Education (RME) dengan Teknik Pair Cheks pada Materi Pecahan terhadap Prestasi Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 73–82. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22104

Harahap, N. A. (2018). Efektivitas Penggunaan Pendekatan RME (Realistic Mathematic Education) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Di Kelas Xi SMA Negeri 7 Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 1(2), 65–72. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/441.

Hariyono, M. (2019). Efektivitas Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Keyakinan Matematika Siswa Sekolah Dasar. Tunas Nusantara, 1(1), 19–26. https://ejournal.unisnu.ac.id/jtn/article/view/1582. DOI: https://doi.org/10.14421/jppm.2019.012-01

Hernawati, L., & Pradipta, T. R. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Pada Penerapan E-Learning Berbasis Google Classroom. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1616–1625. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.683. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.683

Ismartoyo, I., Haryati, Y., & Nurmawati, N. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Pendekatan Matematika Realistik Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Matematika Dan Sains. PAUDIA : Jurnal Penellitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 123–132. https://doi.org/10.26877/paudia.v5i2.1187. DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v5i2.1187

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454

Kusumaningrum, R. S., & Nuriadin, I. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbantu Media Konkret terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Basicedu, 6(4), 6613–6619. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3322. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3322

Mendrofa, N. K. (2021). Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Google Classroom Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Kemandirian Belajar Siswa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 651–657. https://doi.org/10.33487/Edumaspul.V5i1.2121. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.2121

Misla, M., & Mawardi, M. (2020). Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 60. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279

Pradevi, A. F., Susanti, M. M. I., & Rustamti, M. I. (2021). Meningkatkan Minat Belajar dan Kreativitas Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Siswa. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 87–92. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i2.269. DOI: https://doi.org/10.51878/teaching.v1i2.269

Prananda, G., Friska, S. Y., & Susilawati, W. O. (2021). Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8421.

Prasasti, D. E., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2019). Peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar matematika melalui model discovery learning di kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 174–179. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/113. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.98

Puspitasari, R. Y., & Airlanda, G. S. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1094–1103. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.878 ISSN. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.878

Putri, L. I., & Basir, A. (2020). Papan Jam Analog: Media Edukatif Pembelajaran Matematika Madrasah Ibtidaiyah. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 33. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v3i1.501. DOI: https://doi.org/10.32939/ejrpm.v3i1.501

Setyaningsih, H., Wardono, & Prabowo, A. (2017). The effectiveness of PMRI Approach Aided by Educational Props to Improve Student’s Mathematical Literacy. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1), 44 – 51. https://doi.org/10.15294/ujme.v6i1.13631.

Setyawan, D. (2020). Meningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Media Konkrit. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 155–163. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4473. DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4473

Siregar, R. N., Mujib, A., Siregar, H., & Karnasih, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 56–62. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.338. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.338

Surya, Y. F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–53. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i1.7. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.150

Suryaningtyas, C. P. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan PMRI untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematika Developing a Mathematics Learning Kit Using PMRI Approach to Increase Problem Solving Ability and Mathematics Communication. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 200–209. https://doi.org//10.21831/pg.v12i2.14876.

Sutrisno, D., & Retnawati, H. (2018). Korelasi Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Prestasi Belajar Siswa MAN 3 Yogyakarta. EDUMATICA | Jurnal Pendidikan Matematika, 8(01), 17–22. https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i01.4655. DOI: https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i01.4655

Swara, G. Y., Ambiyar, A., Fadhilah, F., & Syahril, S. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran matematika sebagai upaya mendukung proses pembelajaran blended learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 105–117. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i2.35028. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v7i2.35028

Triwahyuningtyas, D., Ningtyas, A. S., & Rahayu, S. (2020). The problem-based learning e-module of planes using Kvisoft Flipbook Maker for elementary school students. Jurnal Prima Edukasia, 8(2), 199–208. https://doi.org/10.21831/jpe.v8i2.34446. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v8i2.34446

Wahyuni, N. D., & Jailani, J. (2017). Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SD. Jurnal Prima Edukasi, 5(2), 151 – 159. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i2.7785. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v5i2.7785

Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1 – 10. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066. DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066

Yasiro, L. ., Wulandari, F. ., & Fahmi, F. (2021). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal pada materi pemanasan global berdasarkan prestasi siswa. Journal of Banua Science Education, 1(2), 69–72. https://doi.org/10.20527/jbse.v1i2.11. DOI: https://doi.org/10.20527/jbse.v1i2.11

Diterbitkan

2022-07-19

Cara Mengutip

Wahyu Oktavianingsih, & Pramudiani, P. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Kelas IV SDN Sunter Agung 03 Pagi Jakarta Utara. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(2), 220–226. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i2.49842

Terbitan

Bagian

Articles