Physics Learning Using Guided Inquiry Models Based on Virtual Laboratories and Real Laboratories to Improve Learning

Penulis

  • dedi holden simbolon Universitas Quality
  • Eka Kartika Silalahi Universitas Quality

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v6i1.61000

Kata Kunci:

Inkuiri Terbibing, Laboratorium Virtual, Laboratorium Real, Hasil Belajar

Abstrak

Telah dilakukan penelitian pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen virtual dan real terhadap hasil belajar fisika siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh metode eksperimen yang dipadukan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen virtual dan real erhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI di XI IPA SMA Methodist-1 Medan. Sampel penelitian ini ialah kelas XI IPA 1 (32 orang) untuk kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 2 (32 orang) untuk kelompok kontrol. Pada penelitian ini memanfaatkan teknik sampling cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian berupa instrumen tes hasil belajar pada awal (pretes) dan pada akhir pembelajaran (post-test). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji independent sample t-test. Untuk pengujian hipotesis penelitian digunakan uji kesamaan dua rata-rata menggunakan uji t, yaitu independent sample t-test atau uji analisis varians 1 arah (anova) dengan menggunakan program SPSS versi 21 pada taraf signifikansi α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis uji t maupun anova diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari nilai taraf signifikan 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan laboratorium virtual dan laboratorium real untuk berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa (0.000 < 0.05). Berdasarkan hasil-hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis eksperimen virtual dan real menggunakan dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa, yang dibuktikan dari perbedaan perolehan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas ekperimen lebih tinggi (87.47) dibandingkan dengan kelas kontrol (69.72).

Referensi

Abdjul, T. da. N., & E, N. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Virtual Laboratory Berbasis Phet terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT, 7(3), 26–31. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/14383.

Adlina, S., Manurung, S. R., & Apriani, Y. (2019). Efektivitas model discovery learning berbantuan simulasi phet terhadap hasil belajar fsika di kelas X sma swasta alwashliyah 1 medan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI, 7(4), 9–16. https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i4.17070.

Afandi, Sajidan, Akhyar, M., & Suryani, N. (2019). Development Frameworks of the Indonesian Partnership 21st-Century Skills Standards for Prospective Science Teachers: A Delphi Study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(1), 89–100. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i1.11647. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v8i1.11647

Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. JPM: Jurnal Pijar MIPA, 13(2), 94–99. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i2.468. DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v13i2.468

Anindayati, A. T., & Wahyudi, W. (2020). Kajian Pendekatan Pembelajaran Stem Dengan Model Pjbl Dalam Mengasah Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 5(2), 217. https://doi.org/10.31604/eksakta.v5i2.217-225. DOI: https://doi.org/10.31604/eksakta.v5i2.217-225

Ekawati, Y., Haris, A., & Amin, B. (2015). Penerapan Media Simulasi Menggunakan PHET Physics Education And Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah Limbung. Jurnal Pendidikan Fisika Unismuh, 3(1), 74–82. https://doi.org/10.26618/jpf.v3i1.254.

Hanik, N. R., Harsono, S., & Nugroho, A. A. (2018). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan Metode Observasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Matakuliah Ekologi Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 9(2), 127–138. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.26772. DOI: https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.26772

Huertas-Abril, C. A. (2021). Developing speaking with 21st Century digital tools in the English as a foreign language classroom: New literacies and oral skills in primary education. Aula Abierta, 50(2), 625–634. https://doi.org/10.17811/RIFIE.50.2.2021.625-634. DOI: https://doi.org/10.17811/rifie.50.2.2021.625-634

Karlina, N., Sahara, & Sukariasih, L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Fisika Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 4(1), 8–16. https://doi.org/10.36709/jipfi.v4i1.14138. DOI: https://doi.org/10.36709/jipfi.v4i1.14138

Labouta, H. I., Kenny, N. A., Li, R., Anikovskiy, M., Reid, L., & Cramb, D. T. (2018). Learning science by doing science: an authentic science process-learning model in postsecondary education. International Journal of Science Education, 40(12), 1476–1492. https://doi.org/10.1080/09500693.2018.1484966. DOI: https://doi.org/10.1080/09500693.2018.1484966

Listiani, S., Verawati, N. N. S. P., & Zuhdi, M. (2022). Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pokok Hukum Newton Tentang Gerak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. ORBITA. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(2), 348–354. https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.10871. DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.10871

Maharani, L., Rahayu, D. I., Amaliah, E., Rahayu, R., & Saregar, A. (2019). Diagnostic Test with Four-Tier in Physics Learning: Case of Misconception in Newton’s Law Material. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1), 1–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012022. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012022

Maryam, K., Merta, I. W., & Artayasa, I. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pijar MIPA, 15(3), 206–213. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1355. DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1355

Nailufar, A. da. A., & S. (2022). The Effect Of Guided Inquies Learning Model On Elasticity Based On Virtual Lab PhET On Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 10(2), 11–17. https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpft/article/view/3237.

Nuayi, A. W. da. V. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Guided Inquiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Pengetahuan Kognitif Siswa. Jurnal Luminous, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.31851/luminous.v1i2.4556. DOI: https://doi.org/10.31851/luminous.v1i2.4556

Nurmayani, L., Doyan, A., & Sedijani, P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(2), 2–7. https://doi.org/10.29303/jppipa.v4i2.113. DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v4i2.113

Pamungkas, T. D. (2020). Android-based augmented reality media and the curiosity about mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1663(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1663/1/012016. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1663/1/012016

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25. https://doi.org/10.24252/jpf.v7i1.7155.

Rachman, N. D., Sudarti, dan S., B., & . (2022). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry Approach) Pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 3 Rogojampi. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(3), 300–308. https://doi.org/10.19184/jpf.v1i3.23176.

Rezaei, A. R., & Katz, L. (2022). Using Computer Assisted Instruction to Compare the Inventive Model and the Radical Constructivist Approach to Teaching Physics. Journal of Science Education and Technology, 11(4), 367–380. https://doi.org/10.1023/A:1020894002232. DOI: https://doi.org/10.1023/A:1020894002232

Ristina, K. dan A., & W. (2020). Desain Pembelajaran Virtual Laboratorium Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Peserta Didik Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Indonesian Journal of Science Education, 8(1), 114–127. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.15761. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.15761

Rohmantika, N., & Pratiwi, U. (2022). Pengaruh Metode Eksperimen Dengan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Lontar Physics Today, 1(1), 9 – 17. https://doi.org/10.26877/lpt.v1i1.10340. DOI: https://doi.org/10.26877/lpt.v1i1.10340

Rosmawarni. (2023). Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa kelas X ATP 5 Pada Konsep Hukum Newton di SMK Negeri 1 Pasir Penyu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1261–1267. https://mail.jptam.org/index.php/jptam/article/view/5415.

Rusliati, E. da. R., & R. (2019). Inkuiri Terbimbing Pada Laboratorium Virtual Dan Rill Untuk Membangun Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains. Journal of Science Education And Practice, 3(2), 47–56. https://doi.org/10.33751/jsep.v3i2.1857. DOI: https://doi.org/10.33751/jsep.v3i2.1857

Simbolon, D. H., & Sahyar. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen Riil dan Laboratorium Virtual terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 21(3), 299–316. https://doi.org/10.24832/jpnk.v21i3.192. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v21i3.192

Sulistyani, K., Indana, S., & Sudibyo, E. (2022). Analysis Effectiveness of Guided Inquiry Implementation to Improve Students’ Science Process Skills. International Journal of Recent Educational Research, 3(6), 672–687. https://doi.org/10.46245/ijorer.v3i6.258. DOI: https://doi.org/10.46245/ijorer.v3i6.258

Susilo, A., Sunarno, W., & Sukarmin. (2018). Pembelajaran Fisika Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Termodifikasi Berdasarkan Kompendiumal-Qur’an Ditinjau Dari Kedisiplinan Belajar dan Sikap Ilmiah. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 160–167. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/55620/Pembelajaran-Fisika-Menggunakan-Metode-Inkuiri-Terbimbing-dan-Inkuiri-Bebas-Termodifikasi-Berdasarkan-Kompendium-Al-Quran-Ditinjau-dari-Kedisiplinan-Belajar-dan-Sikap-Ilmiah. DOI: https://doi.org/10.20961/inkuiri.v7i2.22966

Triyuni, N. N. E., Kusmariyatni, N. N., & Margunayasa, I. G. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Aktivitas Higher Order Thinking (HOT) pada Tema 8 Subtema 1 Kelas V SD. Journal of Education Technology, 3(1), 22–27. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17960. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17960

Tyas, A. S. da. L. (2018). Pengaruh Inkuiri Terbimbing Melalui Media Adobe Flash Terhadap Hasil Belajar Kimia. Jurnal Tadris Kimiya, 3(2), 182–189. https://doi.org/10.15575/jtk.v3i2.3663. DOI: https://doi.org/10.15575/jtk.v3i2.3663

Violadini, R., & Mustika, D. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Metode Inkuiri pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1210–1222. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.899. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.899

Zaki, S. M. (2021). Kajian tentang Perumusan Hipotesis Statistik Dalam Pengujian Hipotesis Penelitian. Jurnal Ilm. Ilmu Pendidik, 4, 115–118. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i2.216. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v4i2.216

Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. 2nd Science Education National Conference, 2(2), 1–18. https://www.researchgate.net/profile/siti-zubaidah-7/publication/318013627_keterampilan_abad_ke-21_keterampilan_yang_diajarkan_melalui_pembelajaran/links/5954c8450f7e9b2da1b3a42b/keterampilan-abad-ke-21-keterampilan-yang-diajarkan-melalui-pembelajaran.pdf.

Diterbitkan

2023-05-11

Cara Mengutip

simbolon, dedi holden, & Silalahi, E. K. (2023). Physics Learning Using Guided Inquiry Models Based on Virtual Laboratories and Real Laboratories to Improve Learning. Journal for Lesson and Learning Studies, 6(1), 55–62. https://doi.org/10.23887/jlls.v6i1.61000

Terbitan

Bagian

Articles