Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA kelas V SD Gugus III Kecamatan Tabanan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v6i2.62625Kata Kunci:
Video pembelajaran, tutor sebaya, kompetensi pengetahuan IPAAbstrak
Rendahnya pencampaian kompetensi pembelajaran IPA di Indonesia masih tergolong rendah. Rendahnya penguasaan kompetensi IPA saat ini karena masih dianggap sulit bagi sebagian siswa. Kurang optimalnya penguasaan kompetensi khususnya IPA dikarenakan pengajaran yang dilakukan oleh guru kurang memberi pemahaman kepada siswa. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V setelah dibelajarkan model pembelajaran tutor sebaya berbantuan media video pembelajaran pada siswa kelas V di SD Gugus III Kecamatan Tabanan tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus III Kecamatan Tabanan Tahun Pelajaran 2022/2023 sebanyak 152 orang. Seluruh populasi disetarakan dengan Uji Anava. Setelah populasi dinyatakan setara, pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik clauster random sampling. Bedasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung sebesar 2,102. Sedangkan nilai ttabel sebesar 1,675. Hasil tersebut menunjukan bahwa thitung = 2,102 lebih besar dari ttabel = 1,993, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat dibedakan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan model pembelajaran tutor sebaya berbantuan video pembelajaran dan kelompok siswa yang dibelajarkan pembelajaran konvesional pada kelas V SD Gugus III Kecamatan Tabanan Tahun Pelajaran 2022/2023. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tutor sebaya berbantuan media video pembelajaran berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus III Kecamatan Tabanan tahun ajaran 2022/2023.
Referensi
Abdul Karim, Dini Savitri, & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Di Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.17.
Anggraeni, W. S., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I6.1636.
Apriansyah, Sambowo, & Maulana. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (Jpensil), 9(1), 8–18.
Arisantiani, N. K., Putra, M., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Children’s Learning in Science berbantuan Media Audio Visual terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(2), 124–132. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16150.
Ariyani, N. K. A., & Ganing, N. N. (2021). Media Power Point Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Siklus Air Muatan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 263. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.33684.
Ariyanto, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 133. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.3844
Asnur, & Ambiyar. (2018). Penerapan Pembelajaran Menggunakan Media Video Pada Mata Kuliah Tata Boga II. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(3). https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16435.
Budiartini, Arcana, & Margunayasa. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ipa Siswa Kelas V Di SD 7 Datah. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.891.
Candra Dewi, N. M. L., & Negara, I. G. A. O. (2021). Pengembangan Media Video Animasi IPA pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 122–130. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501.
Dewi, N. L., Dantes, N., & Sadia, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 3(1). https://doi.org/10.19184/jpf.v6i2.5020.
Dewi, P. A., & Apsari, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya Teknik Penunjukkan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di SMPN 1 Singaraja. Jurnal Jendela Pendidikan, 01(3), 149–155. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i03.34.
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934.
Fadhashar, R., Indriyanti, D. R., & Lisdiana. (2017). Penerapan Model Guided Note Taking Dengan Video Pada Pembelajaran Sistem Saraf Di SMP. Jurnal of Biology Education, 6(1), 19–25. https://doi.org/10.15294/jbe.v6i1.13974.
Juniari, I. G. A. O. (2021). Upaya Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 140–148. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33091.
Kumolontang, D. F. (2021). Pengunaan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Edu Primary Journal : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 147–152. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i01.1663.
Kurniawan, I. K., Parmiti, D., & Kusmariyatni, N. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 80. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28959.
Lestari, K. D., Suniasih, N. W., & Manuaba, I. B. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Berbasis Keterampilan Menjelaskan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal of Education Technology, 1(3), 169. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12501.
Lestari, N. D. (2018). Analisis Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ekonomi Di Sma Negeri Se-Kota Palembang. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 2(1), 68–79. https://doi.org/10.31851/neraca.v2i1.2190.
Limin, S., & Kundiman, R. S. (2023). Peranan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Dalam Menunjang Minat Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Sejarah Musik. Psalmoz : A Journal of Creative and Study of Church Music, 4(1), 16–26. https://doi.org/10.51667/JPSALMOZ.V4I1.1114.
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1).
Muskania, R. T., Badariah, S., & Mansur, M. (2019). Pembelajaran Tematik Menggunakan Media Video Scribe Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Elementary: Islamic Teacher Journal, 7(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v7i1.4927.
Nasihah, E. D., Supeno, & Lesmono, A. D. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) Disertai Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 3(2), 178–183.
Ningrum, P. (2016). Meningkatkan Keaktifan Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Masalah Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) Siswa Kelas Xi SMA Negeri 10 Semarang. Jurnal Pendidikan Sains, 04, 17–28. https://doi.org/10.26714/jps.4.1.2016.17-28.
Noryanti, T., MZ, A., Z., & Nufus, H. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Tutor Sebaya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 102–107. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i3.1072.
Novita, Sukmanasa, & Pratama. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103.
Nurfadhillah, S., Cahyani, A. P., Haya, A. F., Ananda, P. S., Widyastuti, T., & Tangerang, U. M. (2021). Penerapan Media Audio Visual Berbasis Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV Di SDN Cengklong 3. Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 3(2), 396–418. https://doi.org/10.36088/pandawa.v3i2.1272.
Nurlizawati, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Di SMAN 1 PASAMAN. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(1), 24036 6 1 127. https://doi.org/10. 24036/scs.v6i1.127.
Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash pada Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 527–540. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29261.
Prasetya, W. A., Suwatra, I. I. W., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 60–68. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32509.
Putra, I. K. D., & Suniasih, N. W. (2021). Media Diorama Materi Siklus Air pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 238. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32878.
Putri, N. M. C. N. M., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, 7(2), 57–64.
Putri, N. M. L. K., Parmiti, D. P., & Sudarma, I. K. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran dengan Bahasa Isyarat Berbasis Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas V di SDLB-B Negeri I Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal EDUTECH Undiksha, 7(2), 81–91. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.23162.
Ramda, A. H., Delima, M., & Nendi, F. (2022). Dampak Pbl Bermuatan Tutor Sebaya Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 14(2), 190–203. https://doi.org/10.36928/jpkm.v14i2.1283.
Ridha, Bambang, & Siska. (2020). Pengembangan Video Media Pembelajaran Matematika Dengan Bantuan Powtoon. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 2(2), 85–96. https://doi.org/10.36765/jp3m.v2i2.29.
Rohita, R., Fitria, N., Bustan, R., & Haryadi, D. (2018). Teacher’s Understanding of the Scientific Approach in the 2013 Curriculum for Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 235. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.105.
Safitri, E., Kosim, & Harjono, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa SMP Negeri 1 Lembar Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(2), 197–204. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Sedana Putra, I. G. A., & Semara Putra, D. K. N. (2021). Komik Pendidikan Berorientasi Children Learning in Science Pada Muatan IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), 81. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32434.
Setiawan, A., Widjaja, S. U. M., Kusumajanto, D. D., & Wahyono, H. (2020). The effect of curriculum 2013 on economics learning achievement: Motivation as mediating variable. Cakrawala Pendidikan, 39(2), 444–459. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.30279.
Sholikah, M. M., Kuswadi, K., & Sujana, Y. (2018). Penggunaan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pengetahuan Seksualitas Pada Anak Kelompok B2 Tk Islam Permata Hati Makam Haji Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Kumara, 6(3). https://doi.org/10.20961/kc.v6i3.35134.
Subagia, I. W., & Wiratma, I. G. L. (2016). Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 39–54. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8293.
Virgiana, A., & Wasitohadi. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Ditinjau Dari Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SDN 1 Gadu Sambong - Blora Semester 2 Tahun 2014/2015. Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 100–118. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p100-118.
Widiana, W., Rendra, N. T., & Wulantari, D. (2019). Media Pembelajaran Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Kompetensi Pengetahuan IPA. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3). https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22563.
Wijaya, Tegeh, & Suartama. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Muatan Pelajaran Ipa Untuk Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 61–71. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.644.
Wulandari, I. G. A. A. (2020). Implementation of the 2013 Curriculum Based on a Scientific Approach (Case Study at SD Cluster II Kintamani). International Journal of Elementary Education, 4(3), 422–430. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i3.28172.
Wulandari, P., Abadi, I. B. G., & Suniasih, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Penilaian Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV SS Negeri Gugus Kapten Kompyang Sujana Denpasar Barat Tahun 2017/2018. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(3), 161–168. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i3.15772.
Yuanta, F. (2017). Pengembangan Media Audio Visual Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Sekolah Dasar. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(2), 59–70. https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i2.36.
Yuliani, Antara, & Magta. (2017). Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Undiksha, 5(1), 96–106. https://doi.org/10.23887/paud.v5i1.11309.
Zahranie, M., Andayani, Y., & Loka, I. N. (2020). Hubungan Keaktifan Bertanya dengan Kecenderungan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA di SMA/MA Se-Kecamatan Narmada Tahun Ajaran 2019/2020. Chemistry Education Practice, 3(1), 5. https://doi.org/10.29303/cep.v3i1.1426.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ni Made Dini Rahayu
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)