ANALISIS KEBUTUHAN DOSEN DI FAKULTAS EKONOMI

Authors

  • Seppy Hidayat .
  • Dr.I Wayan Bagia, M.Si .
  • Gede Putu Agus Jana Susila, S.E.,MBA .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan deskriptif mengenai (1) deskripsi dan Spesifikasi kerja dosen, (2) beban ideal, total beban mengajar, dan jumlah dosen , (3) kesesuaian bidang ilmu yang dimiliki dosen, (4) perencanaan kebutuhan dosen di Fakultas Ekonomi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah Jurusan, dosen, dan Fakultas Ekonomi. Objek penelitian ini ada dua, yaitu objek material dan objek formal. Objek materialnya adalah dosen yang ada pada setiap Jurusan di Fakultas Ekonomi. Objek formal yaitu perencanaan kebutuhan dosen di Fakultas Ekonomi 2017. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data mengenai perencanaan kebutuhan dosen yang diperoleh dengan menggunakan teknik pencatatan dokumentasi dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) deskripsi dan spesifikasi kerja dosen ada tiga, yaitu (a) pendidikan, pengajaran dan pembimbingan dengan kualifikasi kompeten di bidang pedagogik, professional, dan sosial, (b) penelitian pada bidang Pendidikan Ekonomi, Manajemen, dan Perhotelan dengan kualifikasi kompeten membuat perencanaan, dan membuat laporan penelitian, (c) P2M di bidang Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Perhotelan dengan Kualifikasi kompeten di bidang penerapan ilmu pengetahuan dalam kehidupan masyarakat (2) Standar ideal dosen mengajar adalah 12 SKS. Total beban dosen mengajar adalah 2.395 SKS dan dosen tetap berjumlah 47 orang (3) dosen mengampu mata kuliah sesuai dengan kompetensi 57,34 % dan 42,66 % tidak sesuai dengan kompetensi (4) kebutuhan dosen riil 52 orang, kebutuhan dosen mengampu mata kuliah tidak sesuai dengan kompetensi 21 orang dan 2 orang yang sedang purna tugas pada tahun 2017 dengan jumlah 22 kualifikasi yang mengampu 43 mata kuliah.
Kata Kunci : kompetensi, pedagogik, perencanaan kebutuhan, profesional, sosial

The aims of this research to obtain a descriptive finding of lecturer needs planning in the Faculty of Economics. This research uses descriptive research design. Subjects of this research are department, lectures, and faculty of economy, Ganesha University of Education. There are two objects of this research, material objects and formal objects. The material object is the lecturer in each department at the Faculty of Economics. Formal object attached to the material object under the study lecturer needs planning at Faculty of Economics, 2017. The data collected in this research is about lecturer needs planning obtained by using documentation and interview technique. Method of data analysis in this research is descriptive analysis method. The results showed that (1) Description and specification of lecturer work there are three, that is (a) Education, teaching and mentoring with pedagogic, professional, and social competence, (b) research in the field of Economics, Management, and Hospitality Education with competent qualifications to make plans, implement and create research reports, (c) P2M in the field of Education Economics, Management, Accounting and Hospitality with Qualified competent in the field of science in community life (2) The ideal standard of teaching lecturers is 12 credits. The total burden of teaching lecturers is 2,395 SKS and 47 permanent lecturers (3) Lecturers taught courses in accordance with the competence of 57.34% and 42.66% not in accordance with the competence (4) Real lecturer needs 52 people, the needs of lecturers subjects are not in accordance with the competencies are 21 people and 2 people who are full-time in 2017, With a total of 22 qualifiers with 43 subjects.
keyword : competence, needs planning, pedagogic, professional, social.

Published

2017-07-19

How to Cite

., S. H., ., D. W. B. M., & ., G. P. A. J. S. S. (2017). ANALISIS KEBUTUHAN DOSEN DI FAKULTAS EKONOMI . Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/10869

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>